Komunitas-Motor-Skills-Jakarta.jpg

Motor Skills Jakarta Kampanyekan Berkendara Tanpa Ponsel

oleh: inggil Mancave Tuesday, 17 December 2019 12:00 p.m.


Mancode - Banyaknya angka kecelakaan yang disebabkan oleh penggunaan Handphone memang menjadi kasus tertinggi. Oleh sebab itu, komunitas Motor Skills Jakarta (MSJ) menyerukan sebuah kampanye positif, yakni mengajak para pengendara untuk fokus tanpa Hp. Pasalnya, kebiasaan bermain Hp di jalan dapat mengurangi konsentrasi dalam berkendara.

Berdasarkan hal tersebut, MSJ turut serta dalam kegiatan Safety Campaign Award 2019 melakukan survey terhadap 15 pedagang kantin Berita Satu Plaza pada 24 September-8 Oktober 2019, di Jakarta Selatan. Selama 15 hari MSJ melakukan survey

Survey yang dilakukan oleh MSJ sendiri dengan cara kuisioner, wawancara, dan mengambil bukti foto dari salah satu responden yang menggunakan telepon seluler saat berkendara. Hasil survey terhadap 15 responden tersebut adalah sebanyak 53,3% memakai telepon seluler saat mengendarai sepeda motor.

Berkendara-Pakai-HP.jpg

Kebanyakan dari pengendera motor menggunakan Hp saat berkendara berdalih karena untuk membaca petunjuk peta, membalas pesan, dan mendengarkan lagu.

Mirisnya, masih ada 6,6% pengendara yang mengenakan Hp tidak peduli dengan keselamatan. Bahkan, sebanyak 92% tidak mengetahui undang-undang yang mengatur soal larangan menggunakan telepon seluler saat berkendara. Padahal, undang-undang tersebut tercantum jelas pada UU Nomor 22 Tahun 2009, Pasal 106 Ayat 1.

Berdasarkan data itulah MSJ menemukan permasalahan yang terjadi di lingkungan kantin Beritasatu Plaza. Dengan demikian, MSJ melakukan langkah selanjutnya dengan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pentingnya fokus berkendara tanpa Hp untuk para pedagang kantin Beritasatu Plaza.

Pada kegiatan tersebut, Bang Aan Ghandi, Lead Instructure GDDC, tampil sebagai pembicara. Dalam pidatonya, ia mengatakan bahwa keselamatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan bagi para pengendara. Denny Triyoko, Ketua Panita SCA pun menambahkan, jika MSJ terus bergerak untuk menyebarkan pesan-pesan keselamatan jalan.

“Saat ini, kami fokus terhadap komunitas pedagang kantin di Beritasatu Plaza. Kami ingin menjelaskan betapa bahayanya menggunakan Hp saat berkendara,” tambah Denny.

Baca Juga: Menilik Istilah 1% di Klub Motor


Share To


inggil

inggil

Dec. 17, 2019, noon


tags : MSJ Komunitas Motor Skills Jakarta Motor Skills Jakarta Berkendara tanpa HP


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 21 January 2020 8:00 a.m.

Kolaborasi LINE: Gundam Wars dengan Hello Kitty

Life Style 21 January 2020 7:00 a.m.

Menilik Inspirasi Konsep Pernikahan di IDWF 2020

Travel 20 January 2020 13:00 p.m.

Mengenalkan Budaya Balapan Perahu Ketinting