Komunitas-Marvel-Indonesia.jpg

Komunitas Marvel Indonesia Wadahnya Pecinta Marvel

oleh: inggil Mancave Monday, 9 September 2019 11:00 a.m.


Marvel sebagai salah satu studio film besar asal Amerika, sudah tidak diragukan lagi karya-karyanya. Banyak karakter terkenal yang sudah Marvel terbitkan, seperti Hulk, Spiderman, Iron Man, X-Men dan masih banyak lagi. Pada awalnya, orang-orang banyak mengenal dunia Marvel dari komik. Kemudian, makin kesini sudah banyak film keluaran Marvel yang mengundang decak kagum penonton. Bahkan, film teranyar keluaran Marvel, Avengers:End Game berhasil mengalahkan Titanic sebagai film dengan jumlah pemasukan terbesar.

Baca Juga: Komunitas Ini Jadi Wadah para Pecinta Video Games

Tentu dalam sebuah karya yang bagus terdapat pula penggemar yang selalu mendukungnya. Sama halnya dengan Marvel yang memilik banyak penggemar dari seluruh dunia. Begitu pula dengan pecinta Marvel di Indonesia. Terdapat sebuah komunitas yang berhubungan dengan segala hal yang terkait dunia Marvel. Komunitas ini bernama Komunitas Marvel Indonesia (KMI).

Komunitas-Marvel-Indonesia.jpg

Dibentuk sejak Agustus 2009, KMI awalnya hanya mengandalkan facebook untuk berdiskusi. Kala itu, ada lima orang founder dan salah satunya ialah Dedi Fandim. Saat pertama kali dibentuk, KMI belumlah seramai sekarang ini. Topik bahasan maupun postingannya pun masih sederhana sekali. Dedi menyebut bahwa komunitas ini dibentuk sebagai wadah berkumpulnya para pecinta Marvel. Beberapa hal yang dibahas ialah seperti toys, movie, komik, acara rutin dan informasi terbaru dari dunia Marvel sendiri.

Baca Juga: Brengozer Hadir Sebagai Komunitas Pecinta Berewok

Banyak rintangan yang dirasakan oleh Dedi dalam pembentukan komunitas ini. Pasalnya, banyak orang yang menganggap bahwa komunitas yang dibentuk olehnya, hanya main-main saja dan membuang banyak waktu. Namun, hal itu tetap tidak membuat Dedi bersama kelima temannya patah semangat. Tentu membutuhkan waktu yang lama untuk meyakinkan para anggota yang baru untuk aktif secara nyata maupun maya. Hingga tak sedikit pula anggota yang keluar serta bertahan dalam komunitas ini.

Komunitas-Marvel-Indonesia.jpg

Pada akhirnya KMI pun menjadi komunitas yang besar di Indonesia. Tidak hanya ada di Jakarta saja, terdapat pula perwakilan dari Bandung, Surabaya, Bali, Palembang, dan Yogyakarta yang sudah bergabung dalam Komunitas Marvel Indonesia.

Sebagai wadah komunitas, sudah banyak kegiatan yang dijalankan oleh KMI, baik secara online maupun offline.

Pada kegiatan online sendiri KMI mempunyai kegiatan rutin berupa diskusi semua info terbaru seputar Marvel. Kemudian, mempromosikan para anggotanya yang memiliki bakat, baik itu dari cosplay, komik, dan sculpting. Selain itu, KMI juga sering diundang untuk on air radio ataupun video wawancara membahas seputar Marvel.

Baca Juga: Pagi Seru Bersama Komunitas Hunting Pasar

Kegiatan offline yang dilakukan oleh KMI sendiri, biasanya rutin melakukan nonton bareng film-film Marvel baik dalam event movies ataupun dengan para anggota. KMI juga sering diundang dalam event pop culture untuk sekadar membuka booth.

Komunitas-Marvel-Indonesia.jpg

Adapula event tahunan yang diadakan oleh KMI, yakni Talking Marvelites. Acara ini diadakan di Jakarta, dengan mengundang narasumber berkompeten terhadap dunia Marvel. Kegiatan acara ini bisa berupa talkshow, sharing, dan workshop. Lanjutnya, terdapat pula acara seperti Marvel Cosplay Competition.

Tidak ada batasan umur maupun jenis kelamin untuk bergabung dengan KMI. Mulai dari anak-anak hingga dewasa dan orang tua, kaum lelaki maupun wanita semua boleh bergabung. Yang tadinya masih awam soal Marvel pun juga dapat bergabung dengan komunitas ini. Cara bergabungnya sendiri cukup mudah, hanya request to join di halaman Facebook milik KMI.

Baca Juga: Komunitas BMX Medan, Semakin Besar dan Dilirik


Share To


inggil

inggil

Sept. 9, 2019, 11 a.m.


tags : Marvel Marvel Indonesia Komunitas Marvel Indonesia Pecinta Marvel Komunitas unik Indonesia Komunitas Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi