Komunitas-Ini-Jadi-Wadah-Penggemar-Parkour-di-Jakarta.jpg

Komunitas Ini Jadi Wadah Penggemar Parkour di Jakarta

oleh: emil Mancave Tuesday, 21 May 2019 10:00 a.m.


Pada umumnya saat mancoders tengah berolahraga lari di lapangan atau taman, rata-rata memilih rute jogging dan menghindari area yang memiliki banyak rintangan. Namun hal yang berbeda dilakukan oleh orang-orang yang menggeluti dunia parkour. Mereka melihat pagar, tembok, serta tempat bermain di taman sebagai “arena” mereka untuk menunjukkan kebolehannya. Pada dasarnya, inilah kegiatan para anggota Komunitas Parkour Jakarta.

Sekadar informasi, parkour merupakan sebutan dari metode latihan fisik dari Prancis yang dikembangkan untuk melewati berbagai rintangan. Gerakan yang digunakan pun telah didesain sedemikian rupa agar traceurs (sebutan untuk orang-orang yang mendalami dunia parkour) dapat bisa lari atau selamat dari situasi darurat.

Komunitas-Parkour.jpg

David Belle dipandang sebagai orang yang membuat parkour mendunia melalui film District 13 dan District 13: Ultimatum. Selain itu, video games seperti Prince of Persia, Assassins Creed, Mirror Edge dan Dying Light, juga membuat latihan fisik ini semakin populer di kalangan mainstream.

Baca Juga: Indonesian Pomade Enthusiast, Komunitas Rambut Klimis

Bukan hanya di luar negeri, “gaung” dari parkour pun terdengar hingga Indonesia dan salah satunya terlihat dari komunitas bernama Komunitas Parkour Jakarta. Komunitas ini terbentuk pada 2007 yang di mana sejumlah orang dengan latar belakang yang berbeda berkumpul dengan tujuan sama yaitu menyalurkan hobi parkour mereka.

Senang-berlari-melewati-rintangan-sembari-latihan-melenturkan-tubuh_1.jpg

“Jadi kalau di parkour gampangnya, simple-nya cuman tiga dasarnya, (yaitu-red) lompat, lari, panjat. Kalau di-break down lagi sampai ke detail-detailnya, harus kita tunjukkan teknik. Cuman di parkour itu intinya metode latihan gimana caranya kita bergerak secara efisien. Jadi kita harus meminimalisir celaka, (parkour-red) terlihat bahaya karena kita emang latihannya gak asal-asalan,” ucap pengurus Komunitas Parkour Jakarta Ahmad Yunan di video Era.Id yang diakses melalui Youtube (23/1/2019).

Komunitas Parkour Jakarta membuka tangan bagi siapa saja yang tertarik dengan parkour. Bagi yang sudah bisa atau baru ingin mengenal parkour, komunitas ini siap mewadahi. Sebab para pengurus komunitas ini dapat membantu mancoders dalam mendalami teknik-teknik parkor.

Baca Juga: Brengozer Hadir Sebagai Komunitas Pecinta Berewok

“Tugas Komunitas Parkour Jakarta juga ngasih info (bahwa-red) parkour tidak se-ekstrem yang dikira,” tambah Ahmad pada video tersebut. Bila mancoders tertarik dengan Komunitas Parkour Jakarta, kalian bisa datang ke Taman Puring di Jakarta Selatan setiap hari Minggu, sekira pukul 09.00 WIB. Karena komunitas ini rutin menggelar latihan parkour di sana.


Share To


emil

emil

May 21, 2019, 10:08 a.m.


tags : Komunitas Komunitas Indonesia Parkour


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru