Komunitas-BisMania,-Wadah-Perkumpulan-Pecinta-Bus.jpg

Komunitas BisMania, Wadah Perkumpulan Pencinta Bus

oleh: emil Mancave Tuesday, 21 May 2019 9:00 a.m.


Komunitas mobil bukanlah hal yang aneh di Indonesia. Dari mulai yang menyukai mobil klasik, sedan, sampai yang khusus 4WD bisa mancoders temukan. Namun di antara komunitas-komunitas tersebut, ada satu yang masuk dalam kategori niche. Tentu saja yang dimaksud adalah Komunitas BisMania. Komunitas ini berisi orang-orang yang solid dan memiliki pandangan serupa, yakni ‘bus bukanlah kendaraan umum semata’.

Komunitas BisMania mulai terbentuk pada 28 Oktober 2007, dengan tujuan untuk menjadi wadah tempat berkumpulnya para penggemar bus di Tanah Air. Pada awalnya, para anggota komunitas ini bertemu satu dengan yang lainnya melalui media sosial untuk membahas mengenai bus klasik yang pernah mengaspal di Idonesia. Lambat laun, dengan semakin bertambah jumlah orang yang berkecimpung dalam dialog segala sesuatu mengenai bus, hasrat untuk membentuk komunitas pun terpanggil.

Baca Juga: Berle Pro, Sneaker Vans Teranyar Pencinta Skateboard

Dari mulai bus antarkota, bus kota, bus pariwisata, bus karyawan, bus sekolah, bus feeder, shuttle bus, minibus, karoseri, miniatur bus, sampai teknologi yang ada di dalam kendaraan besar itu pun menjadi bahan perbincangan dari para anggota komunitas ini.

Dengan mayoritas anggota yang tersebar di kawasan Jawa dan Sumatera, komunitas ini mendalami dunia yang berhubungan dengan bus dan menjadikannya sebagai bagian dari gaya hidupnya.

Sebagaimana dilansir dari beritasatu.com (17/1/2019), di dalam komunitas BusMania terdapat koodinator daerah yang tersebar di Sumatera, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Di dalam koordinator daerah, dibagi lagi menjadi 31 koordinator wilayah.

Bagi-publik-pada-umumnya.jpg

“Yang awam jadi tahu, yang paham jadi lebih tahu, dan yang pinter harus cari tahu yang baru tentang bus”, inilah kutipan visi dari Komunitas Busmania. Ini mencerminkan keingintahuan para anggotanya mengenai segala update yang menyangkut bus.

Kegiatan dari Komunitas BusMania pun beragam, dari mulai yang bersifat diskusi melalui kopi darat sampai sosial pun acapkali digelar. Tapi salah satu kegiatan yang paling ditunggu oleh para anggota BusMania adalah gathering-nya, karena pihak panitia biasanya menghadirkan kendaraan yang istimewa.

Baca Juga: Komunitas Ini Jadi Wadah para Pecinta Video Games

“Pakai bus yang lama, karena nuansanya lebih klasik. Naik bus lama kan ada nostalgia, lebih seru,” ucap salah satu pengurus di Komunitas BusMania, Abe, sebagaimana dikutip dari poskotanews.com (17/1/2019). Bila tertarik untuk mencari tahu mengenai Komunitas BusMania, mancoders bisa menghubungi komunitas ini melalui e-mail: info@bismania.org atau Facebook di akun bismania community.


Share To


emil

emil

May 21, 2019, 9:13 a.m.


tags : Komunitas Komunitas Indonesia komunitas bismania


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 11 December 2019 17:00 p.m.

Blibli.com Siapkan Ragam Penawaran Akhir Tahun

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?