Ennio-Morricone-Meninggal.jpg

Mengenang Komposer Ternama Dunia, Ennio Morricone

oleh: inggil History Tuesday, 7 July 2020 12:00 p.m.


Mancode - Rasanya tahun 2020 ini penuh dengan berita duka yang bertebaran dari beberapa pekerja seni legendaris. Kali ini datang dari komposer ternama asal Italia, Ennio Morricone yang baru saja meninggal dunia di usianya ke-91 tahun. Mendiang sendiri merupakan pencipta musik yang paling berpengaruh dalam industri perfilman.

Dilansir New York Times, Morricone meninggal setelah dirinya dirawat di rumah sakit akibat terjatuh. Sebelumnya, ia sempat diberitakan patah tulang pinggul dan paha yang menyebabkan dirinya sulit berjalan.

Sebagai seorang komposer legendaris, Morricone juga punya nama sebutan ‘The Maestro’. Selama lima dekade berkarya, Morricone telah mencetak musik scoring lebih dari 500 film. Beberapa film klasik yang pernah dia isi seperti The Good, the Bad, and the Ugly, Once Upon a Time in the West, The Mission, dan Cinema Paradison. Pria kelahiran Italia ini juga mendapatkan Piala Oscar dari karyanya berjudul ‘Quentin Tarantino’ lewat The Hateful Eight pada 2015 silam.

Sepanjang perjalanan hidupnya, Ennio Morricone telah dinominasikan Oscar sebanyak enam kali melalui film Days of Heaven, The Mission, The Untouchables, Bugsy, Malena, dan The Hateful Eight. Meskipun hanya berhasil menang lewat The Hateful Eight, Morricone diberikan penghargaan Oscar khusus atas kontribusinya dalam musik di industri perfilman pada 2006.

Ennio-Morricone-Komposer.jpg

Hal menarik lainnya dari Ennio ialah dirinya memilih bekerja di Roma meski tawaran kerja kebanyakan dari Hollywood. Ditambah, ia menolak untuk berbicara dengan bahasa latin selain Italia. Dari sekian banyak film yang ia kerjakan, kebanyakan orang masih mengenalnya lewat film A Fistful of Dollars. Bahkan, ia sempat mengeluh kenapa orang-orang hanya mengingat film tersebut dari sekian banyak film yang ia kerjakan.

Meninggalnya salah satu komposer ternama dunia asal Italia ini juga mengundang suka duka langsung dari Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, melalui akun Twitter resminya ia mengucap berita duka dan apresiasi sedalam-dalamnya untuk Ennio Morricone.

“Kami akan selalu mengenang, dengan penuh rasa syukur yang tak terhingga, seorang jenius dalam seni sang Maestro #EnnioMorricone. Yang membuat kita bermimpi, bersemangat, merenung, menulis notasi yang meninggalkan jejak tak terhapuskan di dunia sinema,” tuturnya.

Baca Juga: Menilik Makna Tembang Hits Didi Kempot

Baca Juga: Musisi Tanah Air Berduka Atas Kepergian Glenn Fredly

Baca Juga: Duka Mendalam untuk Ashraf Sinclair


Share To


inggil

inggil

July 7, 2020, noon


tags : Obituari Ennio Morricone Meninggal Dunia Komposer Ternama Ennio Morricone The Maestro Ennio Morricone


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun

Entertainment 14 August 2020 15:00 p.m.

Curhat Asmara Bagas RAN di Single 'Lelah Menanti'