Kolaborasi RedDoorz dan Kemendikbud Kembangkan Pendidikan Vokasi Indonesia.jpg

Kolaborasi RedDoorz dan Kemendikbud Kembangkan Pendidikan Vokasi Indonesia

oleh: rachli Life Style Tuesday, 14 June 2022 11:00 a.m.


Mancode - Berdasarkan data Kemenristekdikti, pendidikan vokasi di Indonesia terdiri dari 1.365 lembaga, antaranya 1.103 akademi kejuruan dan 262 politeknik. Pendidikan vokasi ini hanya 16 persen dari seluruh institusi pendidikan yang ada di Indonesia.

Menyikapi hal itu, RedDoorz Indonesia dan Direktorat Jenderal Bidang Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjalin kerjasama untuk mengembangkan pendidikan vokasi di Indonesia. Hal ini juga bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei 2022 lalu.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D mengatakan, berharap kerjasama ini bisa terlaksanan sesuai dengan rencana kerja. Dirinya juga mengapresiasi RedDoorz karena turut serta dalam meningkatkan dan mengembangkan pendidikan vokasi di Indonesia.


“Pemerintah dan swasta berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi. Beberapa industri sudah melakukan berbagai pilot project sebelumnya, PKS ini bisa jadi booster untuk semakin meningkatkan kolaborasi tersebut,” katanya, Kamis (9/6/2022).

Di sisi lain Firry Wahid, Direktur Hubungan Pemerintah RedDoorz Indonesia, menyambut gembira penandatangan PKS ini dan berharap dapat mendorong semakin banyak Edutel yang akan bergabung dalam kerjasama dengan RedDoorz.

Saat ini, pihaknya telah bekerjasama dengan sekitar 12 Edutel yang dikelola oleh SMK di seluruh Indonesia, tersebar mulai dari Lhokseumawe hingga Manokwari. Sesuai arahan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, RedDoorz segera menindaklanjuti dengan tim teknis terkait.

“Sehingga semakin banyak SMK yang bisa berkolaborasi dengan kami dan teman-teman siswa SMK yang dapat memperoleh pengalaman kerja dengan terjun langsung ke industri,” ucap Firry Wahid.

PKS ini meneguhkan komitmen RedDoorz untuk dapat menyiapkan generasi penerus di sektor perhotelan Indonesia. Sebelumnya, RedDoorz meluncurkan program RedDoorz Goes To Campus dengan berkunjung ke berbagai kampus di Indonesia untuk berbagi pengalaman dari para profesional RedDoorz.

Selain itu, RedDoorz juga mengadakan kegiatan RedAcademy yang merupakan sebuah program akselerasi selama sembilan bulan bagi fresh graduate sehingga mereka bisa lebih siap menghadapi dunia kerja.

RedDoorz terus berkolaborasi dengan pemerintah untuk ikut berkontribusi melakukan percepatan recovery di sektor pariwisata. RedDoorz berharap kolaborasi ini dapat menjadi kontribusi positif kami bagi Indonesia, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk bersama-sama meningkatkan kapasitas SDM kita agar lebih produktif dan lebih kompetitif melalui pembukaan akses mahasiswa untuk magang dan belajar sambil bekerja di dalam industri.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan di Magelang, Yogyakarta, yang meliputi beberapa poin yaitu, pengembangan dan pemanfaatan sarana dan prasarana (bentuk kerjasama RedDoorz dan Edutel dalam hal pemasaran, dukungan manajemen operasional, dan peningkatan kualitas), memberikan PKL, magang, dan kesempatan kerja bagi siswa SMK di properti mitra RedDoorz, dan menyediakan ahli dan praktisi perhotelan untuk menjadi pendidik tamu di SMK dari tim RedDoorz.

Baca Juga: RedDoorz Tawarkan Liburan Akhir Tahun Ala ‘Sultan’

Baca Juga: Pembelajaran Daring Jangan Hilangkan Pendidikan Karakter Pancasila

Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Karakter Pancasila dalam Pembelajaran Daring




Share To


rachli

rachli

June 14, 2022, 11 a.m.


tags : RedDoorz Kemendikbud Pendidikan Vokasi Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA