BTS-Butter.jpg

Klarifikasi Komposer Terkait Plagiat Lagu Butter BTS

oleh: inggil Entertainment Thursday, 22 July 2021 13:00 p.m.


Mancode - Semenjak lagu "Butter"milik Bangtan Boys dirilis, lagu ini langsung menjadi hits tidak hanya karena dibawakan oleh grup pop idola terpopuler di dunia. Kualitas musiknya pun juga sempurna sehingga lagu "Butter" dapat dinikmati dari berbagai kalangan.

Tidak heran jika karya fenomenal dari BTS ini mendapat banyak tanggapan baik yang positif maupun negatf. Seperti ulah beberapa netizen ini yang menganggap lagu BTS merupakan hasil plagiat dari sebuah musik di video game lawas "Monster in My Pocket" yang diluncurkan pada 1992.

Sedang ramai dibicarakan jika lagu Butter milik BTS dituduh plagiat dari soundtrack game Jepang, Monster in My Pocket. Menanggapi hal tersebut, sang komposer soundtrack game tersebut pun memberikan klarifikasi. Kojo Nakamura merilis pernyataan resminya terkait kontroversi plagiarisme itu melalui situs blog miliknya.


Nakamura mengaku terkejut mendengar lagu Butter BTS dan background musik dari game Jepang yang dibuatnya terdengar sama. Ia juga tak menentang klaim bahwa lagu Butter sama dengan soundtrack Monster in My Pocket. Lebih lanjut lagi, menurutnya itu bukanlah plagiarisme.

"Ketika saya mendengarkannya (lagu "Butter" BTS), saya pikir itu benar-benar mirip, tetapi saya pikir itu hanya kebetulan bahwa saya mendengar melodi yang serupa," ujar Nakamura dilansir dari Kpopstarz.

"Dalam artikel yang beredar, diklaim bahwa kedua musik itu plagiat dan kedengarannya sama persis. Tetapi saya, komposer aslinya, tidak mengatakan sepatah kata pun," tambahnya.

Komposer "Monster in My Pocket" ini menjelaskan bahwa BTS mungkin mengetahui background musik yang dibuatnya. Tetapi, dia pribadi tidak tahu tentang lagu "Butter" yang dipopulerkan boyband asal Korea Selatan itu.

Selain membantah BTS telah melakukan plagiat terhadap karyanya, sang komposer Jepang juga merasa bangga karena lagu ciptaannya akhirnya mendapatkan sorotan lebih dari publik.

Tidak lupa, komposer lagu asal Jepang itu juga menegaskan bahwa hak cipta atas lagu Towering Catastrophe ‘Monster in My Pocket’ bukanlah miliknya, melainkan milik perusahaan Konami yang mengembangkan game tersebut.

Baca Juga: EURO 2020: Lagu Butter BTS Jadi Pembuka di Laga Final

Baca Juga: Marina Kaye Gandeng Produser BTS dan Eyelar dalam 'Double Life'

Baca Juga: BTS Grup K-Pop Populer di Spotify Indonesia dan Dunia




Share To


inggil

inggil

July 22, 2021, 1 p.m.


tags : BTS Butter Plagiat Lagu Butter BTS Plagiat Plagiarisme soundtrack Monster in My Pocket BTS


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE