Path.jpg

Mengenang 4 Aplikasi yang Tutup pada 2018

oleh: inggil Technology Thursday, 23 May 2019 14:00 p.m.


Dewasa ini teknologi, sudah semakin canggih. Banyak inovasi teknologi yang semakin berkembang dari masa ke masa. Namun, tidak semua teknologi dapat bertahan ada yang semakin maju, ada pula yang tutup karena kalah saing dengan teknologi lainnya.

Baca Juga: Mengenal Lebih dalam Smartphone Merek Docomo

Dilansir dari laman PC Mag, ada beberapa teknologi khususnya aplikasi canggih yang telah tutup di tahun 2018. Beberapa dari pengguna lebih beralih ke aplikasi lain yang lebih canggih dan menarik. Lantas, apa saja aplikasi yang tutup usia di tahun 2018? Berikut ini ulasan Mancode yang dikutip dari beberapa sumber:

  1. Path

Tentu Mancoders tahu aplikasi yang satu ini. Diluncurkan pada November 2010, terlihat dari bertambahnya 300 ribu pengguna hanya dalam kurun waktu satu bulan membuat aplikasi ini menjadi idola di kalangan milenial. Terkenal dengan corak warna merahnya, Path pada kala itu mempunyai keunikan tersendiri. Membagikan momen kepada orang terdekat dan mempunyai batas pertemanan, membuat aplikasi ini digandrungi para milenial.

Path.jpg

Keunikan dari aplikasi Path menjadi boomerang bagi dirinya, sebab sudah banyak aplikasi lainnya yang menawarkan lebih. Hal ini membuat Path tidak mampu bersaing. Akhirnya pada Oktober 2018, Path secara resmi di tutup. Dalam salam perpisahannya, Path membuat tagar #GoodbyePath yang sempat meramaikan linimasa di sejumlah platform sosial media.

2. Google Allo

Sempat viral setelah pertama kali diluncurkan pada tahun 2016, Aplikasi ini pada dibuat untuk bersaing dengan WhatsApp. Memiliki fitur cerdas perkembangan dari Google Hangout, namun tetap saja membuah Google Allo kalah bersaing dengan turunya jumlah pengguna.

Google Allo.jpg

Pada bulan April, Google secara resmi telah menghentikan investasi untuk aplikasi ini, sehingga membuat Google Allo resmi tutup pada November 2018. Allo sendiri masih bisa diakses hingga Maret 2019. Para pengguna masih diberi waktu untuk mengekspor riwayat percakapan sampai batas waktu pemberhentian layanan.

3. Google Hangouts

Masih dari Google, walaupun belum secara resmi akan ditutup, namun banyak isu bahwa Google Hangouts akan segera digantikan. Kabar tersebut diamini oleh Manager Google, Scott Johnston. Dia berkata bahwa Google Hangouts memang akan segera ditutup karena kritis identitas, dan untuk menggantikan aplikasi ini akan adanya perkembangan dari Google.

Google Hangout.jpg

“Belum ada keputusan kapan Hangout akan ditutup. Penggunanya akan di-upgrade ke Hangout Chat dan Hangout Meet,” tulis Johnston dalam cuitan Twitternya mengenai rumor tersebut, Minggu (2/12/2018).

Johnston tidak menampik bahwa pada akhirnya Hangout akan tutup meski tidak tiba-tiba karena penggunanya bermigrasi. Perusahaan teknologi raksasa itu mengatakan mereka belum akan mengakhiri dukungan mereka terhadap aplikasi ini.

4. Google+

Googleplus.jpg

Tampaknya untuk urusan menutup aplikasi, Google emang paling jago. Pasalnya sudah ada tiga aplikasi buatan Google yang sudah atau akan ditutup secara resmi. Salah satunya adalah Google+. Alasan Google ingin menutup aplikasi ini adalah karena adanya hacker yang mampu menyebabkan ancaman data pada Google+ sendiri. Sebanyak 52,5 juta pengguna pun diresahkan akan bug tersebut dan membuatnya tutup akun.

Baca Juga: Aplikasi Smartphone untuk Youtuber Pemula


Share To


inggil

inggil

May 23, 2019, 2 p.m.


tags : Aplikasi Google tutup Path Aplikasi Google Google


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Memaknai Hidup Layaknya Tokoh Nobita