Ahok.jpg

Kisah Masa Kecil, Asmara, Hingga Perjalanan Karier Ahok

oleh: galih History Monday, 29 June 2020 11:00 a.m.


Mancode – Hari ini, Senin 29 Juni 2020, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa dengan panggilan Ahok ini merayakan hari ulang tahun. Pria yang kini menjabat sebagai Komisaris Pertamina ini genap berusia 54 tahun.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini lahir di Manggar, Belitung pada 29 Juni 1966. Masa kecil Ahok banyak dihabiskan di Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, hingga selesai menamatkan pendidikan sekolah menengah tingkat pertama.

Ahok kemudian melanjutkan sekolahnya di Jakarta. Di Ibukota negara ini, Ahok menimba ilmu di Universitas Trisakti dengan jurusan Teknik Geologi. Setelah lulus dengan gelar Insinyur Geologi, Ahok kembali ke Belitung dan mendirikan CV Panda yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan pada 1989.

Kemudia, Ahok menikah dengan Verinica Tan dan dikarunia 3 orang anak bernama Nicholas Sean Purnama, Nathania Berniece Zhong, dan Daud Albeener Purnama. Sayangnya, pernikahan mereka harus berakhir pada 2018.

Pada 2004, Ahok pertama kali terjun ke dunia politik dan bergabung di bawa bendera Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PIB) sebagai Ketua DPC di Kabupaten Belitung Timur. Dia kemudian mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dan terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur periode 2004.

Setahun kemudian, pada Pilkada Kabupaten Belitung Timur, Ahok memberanikan diri untuk maju dalam kontestasi politik tersebut berpasangan dengan Khairul Efendi dari Partai Nasional Banteng Kemerdekaan (PNBK) sebagai calon Bupati – Wakil Bupati Belitung periode 2005-2010.

Pasangan ini pun terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belitung Timur. Sayangnya, ketika Ahok maju dalam Pilkada Bangka Belitung 2007, dia harus mengakui kekalahan dari rivalnya, Eko Maulana Ali.

Pada 2009, dia coba mengadu nasib menjadi calon anggota DPR RI dan hasilnya dia terpilih menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Banka Belitung lewat bendera Partai Golongan Karya (Golkar).

Karier politiknya makin menanjak ketika dirinya mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilgub DKI Jakarta. Mereka berhasil menang, mengalahkan pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi.

Basuki sempat menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta ketika Jokowi maju dalam Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2014. Ahok mengisi posisi tersebut hingga akhirnya Jokowi dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia. Ahok pun resmi diangkat sebagai Gubernur pada 14 November 2014.

Dalam kariernya sebagai Gubernur DK Jakarta, Ahok tersandung kasus penodaan agama yang bermula dari sebuah potongan video pidatonya di Kepulauan Seribu. Dari situ, Ahok dinyatakan bersalah dan menjalani hukuman penjara selama dua tahun.

Pada 24 Januari 2019, Ahok dinyatakan bebas dari penjara. Masih di tahun yang sama, pada 22 November, Ahok resmi ditunjuk sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Dari sisi kehidupan pribadinya, Ahok kini telah menikah kembali dengan Puput Nastiti Devi yang berprofesi sebagai anggota polisi. Mereka melangsungkan pernikahan pada 25 Januari 2019 dan telah dikarunia satu anak putra yang diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama.

Baca Juga: Sejarah Pensiunnya Sang Legenda Tinju, Muhammad Ali

Baca Juga: Perjuangan Sosok ‘Kartini’ di Dunia Kesehatan

Baca Juga: Hari Anti Narkoba Internasional, Begini Sejarahnya


Share To


galih

galih

June 29, 2020, 11 a.m.


tags : Basuki Tjahaja Purnama Ulang Tahun Ahok Ahok History Profil


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 28 September 2020 14:00 p.m.

Mike Tyson Akan Berbagi Kisah Hidupnya di Mola Living Live

Technology 28 September 2020 11:00 a.m.

McAFee Perkenalkan Teknologi Baru Keamanan Digital

Life Style 28 September 2020 9:00 a.m.

Brio Virtual Drift Challenge Seri Perdana Dimulai