Jenny Jusuf.jpg

Kisah Inspirasi Jenny Jusuf, Penulis Skenario Film Filosofi Kopi

oleh: inggil History Wednesday, 29 May 2019 12:00 p.m.


Setiap orang pasti mempunyai mimpi sejak kecil. Untuk menggapai mimpi tersebut tidaklah mudah. Banyak rintangan serta jatuh bangun dalam mewujudkannya. Jika tidak mempunyai tekad yang kuat, maka mimpi tersebut hanya akan menjadi angan saja. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi sosok Jenny Jusuf. Wanita kealahiran 30 Januari 1984, ini merupakan sosok hebat dibalik suksesnya film Filosofi Kopi.

Mempunyai hobi membaca sejak kecil, nama Jenny Jusuf melejit menjadi salah satu penulis skenario film kondang di Indonesia. Jenny kecil kala itu sangat gemar menulis. Ia pun bercita-cita menjadi seorang penulis ketika dewasa nanti. Siapa sangka, impian tersebut menjadi kenyataan.

Baca Juga: Tom Cruise, Pendeta yang Menjadi Aktor Hollywood

Sebelum menjadi seorang penulis profesional, Jenny terlebih dahulu merintis karir sebagai freelance Ghost Traslator, asisten pribadi seorang penulis, jurnalis, hingga penulis skrip program TV. Kemampuan menulisnya ia latih secara otodidak. Mulai bergabung dengan para penulis muda, hingga rutin menonton film menjadi sumber inspirasinya.

Tidak mudah bagi Jenny Jusuf untuk mendapat kesuksesannya seperti sekarang ini. Bahkan, dirinya sempat tidak percaya diri dengan karya tulisannya. Jatuh bangun dalam menjalani kehidupan telah ia rasakan. Kondisi terburuknya ialah pada 2013, Jenny kala itu sedang dalam kondisi terpuruk. Ia kala itu numpang tinggal di apartemen kosong milik sahabatnya. Tidak ada pekerjaan tetap, tak ada tempat yang dijadikannya rumah. Bahkan pertunangannya pun batal. Jenny kala itu merasa bahwa tak ada masa depan. Ia pun mulai pasrah dengan kehidupannya.

Jenny Jusuf.jpg

Sempat meninggalkan hiruk-pikuk perkotaan, dirinya lantas menetap di Bali untuk menenangkan diri. Dengan tiga koper dan sisa uang tabungan, Jenny masih menyimpan sedikit harapan untuk memulai membuat karya lagi.

Hingga setahun kemudian, bertempat di sebuah kafe kecil di Bali. Jenny mendapat tawaran kerjasama untuk sebuah film Filosofi Kopi yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Tawaran tersebut tidak ia sia-siakan. Dua tahun berselang pun Jenny Jusuf mendapat penghargaan sebagai penulis skenario adaptasi terbaik dalam Film Festival Indonesia 2015. Setelah itu kehidupan Jenny Jusuf pun mulai berubah.

Baca Juga: Adama Barrow, Mantan Satpam yang Kini Menjadi Presiden

Bagi Jenny merangkai cerita dan kata-kata sudah menjadi bagian dari hidupnya. Hobinya menulis ini sudah ada sejak kecil. Jenny remaja kala itu juga memberanikan dirinya untuk mengirim naskah ke berbagai lomba menulis, majalah, dan penerbit. Naskah pertamanya sendiri berhasil di publikasikan pada 2006 di majalah remaja Cerita Kita.

Walau tak sempat mengenyam pendidikan di perguran tinggi. Dengan semangat serta usaha yang kuat, Jenny pun berhasil mangasah kemampuannya hingga tahap profesional. Di tengah kesibukannya menulis naskah, ia juga sedang mempersiapkan workshop mengenai penulisan skenario. Bekerja sama dengan sebuah start up bernama Writing Table.


Share To


inggil

inggil

May 29, 2019, noon


tags : Kisah menarik Jenny Jusuf Filosofi Kopi Penulis Filosofi Kopi Biografi Jenny Jusuf Penulis Skenario Filosofi Kopi Jenny Jusuf


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?

Travel 10 December 2019 14:00 p.m.

5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia