Sejarah-Hari-Ayah-Nasional.jpg

Kisah di Balik Hari Ayah Nasional

oleh: inggil History Tuesday, 12 November 2019 11:00 a.m.


Setiap tanggal 12 November 2019, Indonesia memperingati Hari Ayah Nasional. Peringatan ini pun juga turut dirayakan Google dengan doodle-nya. Terlihat pada doodle tersebut menayangkan sebuah animasi yang mengisahkan seekor bebek sedang merawat anak-anaknya.

Google-Doodle-Hari-Ayah-Nasional.jpg

Peringatan Hari Ayah ini juga menjadi pertanda akan perjuangan sosok kepala keluarga yang selalu berjuang tanpa menyerah. Memiliki peran tulang punggung, sandaran, serta pelindung dalam sebuah keluarga sosok ayah sangatlah memiliki makna penting. Sosoknya yang menjadi cinta pertama bagi putri serta panutan bagi sang putra, sudah semestinya jika berterima kasih pada sosok ayah.

Namun, tahukah Mancoders di balik Hari Ayah Nasional ini ada sejarah yang menarik untuk disimak. Awalnya, peringatan ini bermula dari prakarsa paguyuban Satu Hati, Lintas Agama, dan Budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Baca Juga: Menilik Sejarah Diperingatinya Hari Pramuka Indonesia

Pada 2014, PPIP mengadakan sebuah acara untuk memperingati Hari Ibu di Solo. Acara tersebut pun disambut antusias oleh para peserta, sehingga banyak dari mereka yang bertanya kenapa tidak sekalian saja adanya peringatan Hari Ayah Nasional.

Hingga akhirnya pada 12 November, PPIP pun menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia sekaligus menetapkan tanggal tersebut sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional. Deklarasi ini juga memiliki semboyan ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya’.

Baca Juga: Peringati Hari Batik Nasional, Google Buat Logo Motif Batik

Istimewanya deklarasi ini juga dilakukan di berbagai wilayah Tanah Air. Khususnya Maumere, Flores, dan NTT. Dalam deklarasi tersebut pula diluncurkan buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara menulis surat untuk ayah.

Selepas deklarasi selesai, mereka pun mengirimkan hasil karya bukunya dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Indonesia kala itu, Susilo Bambang Yudhoyono serta bupati di empat penjuru Indonesia, yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.

Baca Juga: Peringatan Hari Stroke Dunia

Peringatan Hari Ayah ini juga diselenggarakan di berbagai negara lainnya. Lebih dari 75 negara merayakan peringatan ini, yakni AS, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hong Kong.

Sedangkan, di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, ada Hari Laki-Laki Internasional yang diperingati setiap tanggal 19 November.

Makna Hari Ayah bagi mereka:


Share To


inggil

inggil

Nov. 12, 2019, 11 a.m.


tags : Hari Ayah Nasional Sejarah Hari Ayah Nasional Keluarga Makna Hari Ayah Nasional


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?

Travel 10 December 2019 14:00 p.m.

5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia