Templet_Mancode_ (3).jpg

Kisah Batik Indonesia Curi Hati Nelson Mandela

oleh: rachli Fashion Style Wednesday, 2 October 2019 9:00 a.m.


Setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Tahun ini, Hari Batik Nasional memasuki tahun ke-10 sejak diresmikan pada 2009 oleh organisasi internasional di bawah naungan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), UNESCO.

Bicara soal batik, tentu tak lepas dari para tokoh-tokoh dunia yang kagum terhadap warisan budaya Indonesia ini. Sebut saja Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela yang kagum terhadap keunikan batik Indonesia.

Bagi masyarakat Indonesia, Mandela dikenang sebagai tokoh bangsa Afrika yang turut mempromosikan batik Indonesia ke kancah dunia. Saking kagum terhadap batik, hampir disetiap kesempatan Mandela selalu mengenakan batik.

Hal itu dapat dilihat dari semasa hidupnya, baik dalam suasana santai maupun resmi Mandela kerap kali tampil mengenakan batik. Bahkan, kunjungan kenegaraan dan bertemu dengan pemimpin dunia, Mandela bangga mengenakan kemeja batik khas Indonesia.

Batik dan Mandela seakan menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Perkenalan Mandela terhadap batik berawal ketika berkunjung ke Indonesia sekitar tahun 1990 setelah dirinya dibebaskan dari penjara di Pulau Roben.

Saat berkunjung ke Indonesia sebagai wakil ketua organisasi Kongres Nasional Afrika, Mandela mendapat hadiah batik. Namun tak disangka, ketika kembali berkunjung ke Indonesia pada 1997 sebagai Presiden Afrika Selatan, Mandela mengenakan batik.

Kabarnya, kala itu Presiden Soeharto cukup terkejut melihat mandela mengenakan batik saat bertemu dengannya. Saat itu, Mandela mengenakan batik Indonesia, sedangkan Presiden Soeharto mengenakan setelan jas lengkap.

Sejak mendapat hadiah batik dari Indonesia, Mandela langsung terkesan dengan warna dan corak batik. Mandela mengenakan batik sebagai simbol kedekatan antar kedua negara, Indonesia dan Afrika Selatan.

Hampir sebagian kemeja batik yang dikenakan Madiba, sebutan akrab Nelson Mandela merupakan hasil rancangan dari salah satu perancang batik terkemuka Indonesia, Iwan Tirta. Mandela menjadi konsumen setia untuk memesan batik kepada Iwan Tirta.

Mandela meninggal di usia 95 tahun pada 2013. Saat disemayamkan di Pretoria, Afrika Selatan, Mandela mengenakan salah satu kemeja batiknya. Sebelum dikebumikan, orang dapat melihat wajah dan sebagian kemeja batiknya yang berwarna coklat dan kuning.

Baca Juga: Jakarta Fashion Week 2020 Siap Digelar


Share To


rachli

rachli

Oct. 2, 2019, 9:29 a.m.


tags : Madiba Hari Batik Nasional Nelson Mandela Batik Fashion Fashion Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 13 December 2019 15:00 p.m.

Mengenal Noko, Seniman Tato Termuda di Dunia

Entertainment 13 December 2019 13:00 p.m.

Mahen Siap Warnai Industri Musik Indonesia

Entertainment 13 December 2019 8:00 a.m.

Lamb of God Lelang Album dan Lirik Tulisan Tangan