Kiat McAfee Lindungi Privasi Saat Gunakan VPN.jpg

Kiat McAfee Lindungi Privasi Saat Gunakan VPN

oleh: rachli Technology Wednesday, 29 April 2020 12:00 p.m.


Mancode - Guna menekan jumlah penyebaran pandemi virus Corona atau Covid-19, pemerintah pusat menghimbau masyarakat agar melakukan berbagai kegiatan dari rumah. Di antaranya bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Untuk wilayah Jakarta sendiri, berdasarkan data Disnakertrans DKI per tanggal 28 April 2020, sebanyak 3.893 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja mencapai 1.053.073 orang tercatat telah melakukan kegiatan dari rumah.

Hal ini juga dibarengi dengan lonjakan penggunaan virtual private network (VPN). Semakin banyak karyawan yang biasanya terhubung di kantor mengakses dokumen dan situs tertentu yang mungkin bersifat rahasia menggunakan jaringan yang dilindungi, kini VPN perusahaan dan VPN pribadi melakukan fungsi yang sama.

Baca Juga: Laporan McAfee Soal Serangan Malware Seluler Tersembunyi

Meskipun demikian, menurut data McAfee Study, sekitar 61 persen profesional di bidang teknologi dan informasi setidaknya pernah melaporkan satu kasus dalam kariernya soal pencurian data perusahaan yang dilakukan oleh peretas atau aktivis digital.

Menyikapi hal tersebut, perusahaan keamanan siber asal Amerikat Serikat ini menyarankan pengguna internet harus mengetahui cara menavigasi lanskap digital yang berubah dengan kiat-kiat aman penggunaan VPN.

Jenis VPN

Hal pertama yang perlu diketahui oleh pengguna internet adalah layanan VPN. Pasalnya, tidak semua layanan VPN dibuat sama. Untuk itu, pastikan layanan VPN yang digunakan sesuai dan memenuhi kebutuhan.

Browser atau Desktop/Mobile

VPN untuk browser bertindak sebagai ekstensi dan hanya akan membantu melindungi lalu lintas web di browser tertentu. Meskipun tingkat privasi ini dapat bekerja untuk beberapa pengguna, VPN perangkat seperti McAfee Safe Connect secara umum dapat membantu melindungi lalu lintas web terlepas dari browser apa atau aplikasi yang digunakan.

Tingkat Keamanan

Penting untuk meninjau setiap persyaratan privasi layanan sebelum memutuskan mana yang akan digunakan sebagai gateaway terpercaya. Beberapa layanan VPN, terutama yang gratis, menerapkan pelacak yang merekam informasi demografis, lokasi, dan sistem pengguna. Terkadang dapat merujuk ke audit keamanan pihak ketiga untuk membantu memvalidasi klaim privasi ini.

Bandwidth

Tergantung pada seberapa sering berencana menggunakan VPN. Hal itu dapat dipertimbangkan dengan mencari layanan yang memiliki paket data terbatas atau tidak terbatas. Jika berencana untuk menggunakan multimedia, seperti streaming video atau mengunduh file besar, paket tidak terbatas dapat bekerja lebih baik.

Variasi Lokasi

Untuk penggunaan umum, disarankan untuk mebiarkan VPN terhubung ke lokasi server terdekat dan tercepat. Tetapi, memiliki daftar negara yang beragam untuk dipilih akan memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar jika server terasa lebih lambat di salah satu lokasi tersebut.

Kemudahan Pengguna

Pada akhirnya, akan disarankan memiliki VPN yang paling mudah digunakan dan dipahami. Semua memulai perjalanan digital dari berbagai tempat kenyamanan teknis, tetapi mempertimbangkan mulai dengan produk yang menawarkan pengalaman yang mudah digunakan dan disederhanakan untuk kenyamanan pengguna.

Baca Juga: Transformasi Digital McAfee Lewat Inovasi Produk

Baca Juga: McAfee: Pelanggaran Cloud-Native Berbeda dengan Serangan Malwere


Share To


rachli

rachli

April 29, 2020, noon


tags : Covid-19 McAfee Study McAfee Safe Connect VPN virtual private network virus Corona McAfee work from home


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun