konten menarik.jpg

Kiat Jitu Menjadi Kreatif dan Produktif di Era Digital

oleh: galih Technology Saturday, 16 April 2022 12:00 p.m.


Mancode - Banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh dari ruang digital. Seperti yang dilakukan para content creator. Lewat berbagai karya yang dihadirkan di dunia maya, mereka bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah. Pun demikian dengan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Banyak di antara mereka yang mampu meraih kesukesan dengan memasarkan produknya di lapak online.

Namun, semua itu tak dapat diraih dengan mudah. Para pengguna dituntut untuk selalu kreatif dan produktif. Selain itu juga harus memiliki pengetahuan literasi digital yang baik.

"Untuk itu kami sudah memberikan fasilitas literasi ini kepada rekan-rekan, di mana anggaran untuk literasi digital ini diharapkan bisa diaplikasikannantinya oleh rekan-rekan kepada diri sendiri maupun lingkungan," terang Anggota Komisi 1 DPR RI, Ir. Alimin Abdullah dalam kegiatan webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk "Literasi Digital : Kreatif dan Produktif di Era Digital", Jumat (15/4/2022).


Sementara, Sabena, S.Ikom. M.Ikom mengutarakan bahwa pemahaman mengenai literasi dapat diartikan sebagai pemahaman dan keterampilan dalam menulis, membaca, berhitung dan disiplin ilmu lainnya. Menurutnya, setiap individu tentunya perlu memahami betapa pentingnya literasi digital ini. Karena, dengan adanya pemahaman dan penerapan literasi digital akan membuat individu dapat berpartisipasi di era modern saat ini.

"Kemudian perlu diketahui bahwa, literasi digital dapat menciptakan sebuah tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis serta kreatif, sehingga mereka tidak akan tertipu dengan mudah yang berbasis digital seperti menjadi korban informasi hoaks," ujar Sabena.

Ia berpendapat, kreatif dan produktif merupakan hal yang sangat diperlukan di tengah pandemi ini. Mengingat, seluruh elemen masyarakat kini dipaksa bertahan dan beradaptasi di tengah keterbatasan yang ada.

"Di mana ada tujuh cara dari saya agar tetap produktif, di antaranya aktif di media sosial, miliki bisnis yang bisa dijalankan di rumah saja, membuat suatu produk, kemudian membuat tawaran spesial, peka terhadap situasi, gunakan waktu sebaik mungkin dan atur strategi," jelasnya.

Menurut Sabena, untuk menjalani hal tersebut, kekuatan niat dan pola pikir yang positif menjadi suatu hal yang harus diperbaiki. "Kedua, putuskan apa yang mau kamu buat. Misalnya, di dunia jasa seperti saya sebagai konten creator, di mana saya buat contoh-contoh konten-konten kreator. Jadi, banyak dari beberapa perusahaan yang menghubungi untuk dibuatkan konten-konten sesuai permintaan dari pelanggan. Dan kita ada perjanjiannya di kertas hitam putih, bahwa konten kreator yang sayabuat tidak boleh salah publikasi sembarangan, dan itu ada secara hukum kita harus membuat komitmen," paparnya.

Selain itu, kata dia, langkah terpenting lainnya adalah menemukan mentor yang dapat mendukung dan membimbing dalam melakukan hal yang hendak dijalani di ruang digital denhan benar dan positif.

"Seperti teman-teman yang membangun, yang men-support, dan yang memberikan inspirasi, yakni semangat. Perlu diingat bahwa, jika kalian ingin sukses cobalah bergaul dengan orang-orang yang sukses. Kita boleh pilih-pilih dalam berteman karna teman bisa mengarahkan kita pada kesuksesan atau hanya menjadi toxic bagi kita," tandasnya.

Baca Juga: Tips Bikin Konten Promosi Kreatif Selama Ramadan ala TikTok

Baca Juga: Tips Bikin Konten Media Sosial yang Lebih Stand Out




Share To


galih

galih

April 16, 2022, noon


tags : Era Digital Technology Tips Bikin Konten Menarik Content Creator


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE