KIA EV6.jpg

KIA Niro EV dan EV6 yang Mejeng di GIIAS 2022 Sudah Bisa Dipesan

oleh: galih Life Style Thursday, 18 August 2022 12:00 p.m.


Mancode - PT Kreta Indo Artha (KIA) menampilkan jajaran produk elektrifikasi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Ada tiga mobil listrik yang dipamerkan, yakni Kia Sorento HEV, Kia Niro EV dan Kia EV6 GT-Line.

“Kia Sorento berbasis teknologi hybrid, serta Kia Niro EV dan Kia EV6 yang merupakan full BEV, kami hadirkan untuk menunjukkan teknologi elektrifikasi yang kami miliki telah siap untuk diperkenalkan di Tanah Air,” ujar Ario Soerjo Marketing & Development Division Head KIA dalam jumpa pers, Selasa (16/8/2022).

Di kesempatan ini juga dijadikan KIA untuk mengetahui seberapa antusias konsumen otomotif Tanah Air terhadap produk-produk elektrifikasi. Tak hanya dipajang, pengunjung GIIAS 2022 dapat mencoba langsung Kia Niro Ev dan EV6 GT-Line di Hall 10, ICE BSD City yang merupakan area Test Drive dari mobil-mobil listrik. “Ternyata animo masyarakat pada tiga mobil ini tinggi. Sejauh ini sudah ada sekitar 500 orang yang terdaftar untuk mencoba,” kata Ario.


Dia melanjutkan, sejurus dengan itu, banyak masyarakat juga yang ingin memesan jajaran kendaraan listrik dari KIA. Dalam 5-6 hari pameran, pihaknya sudah mencatat ada 60 SPK, khususnya untuk Niro EV dan EV6. “Kami telah membuka pemesanan awal untuk Niro EV dan EV6 lebih cepat dari seharusnya di GIIAS 2022,” kata Ario.

“Sebenarnya rencana awal kami, baru (menjual kendaraan listrik) itu di kuartal pertama tahun depan. Tapi karena animo masyarakat sangat besar, akhirnya kita buka inden,” tambah Ario.

Kia Sorento HEV

Mobil ini hadir dengan grille ‘Tiger Nose’. Lampu depannya telah menggunakan Dual Projection LED dengan High Beam Assist, plus lampu DRL yang juga berteknologi LED. Air intake besar di bagian bawah grille, sehingga menampilkan kesan kokoh.

Interior Kia Sorento HEV menampilkan kesan mewah dengan balutan kulit di sebagian besar kabinnya, termasuk tempat duduk, trim pintu dan juga lingkar setir. Sedangkan sistem infotainment dikendalikan melalui head unit layar sentuh berukuran 12,3 inci dengan konektivitas Bluetooth, Apple CarPlay dan Android Auto. Untuk memaksimalkan output suara, Kia Sorento HEV telah dilengkapi 12 speaker lansiran BOSE Premium Sound System.

Di balik kap mesinnya, Kia Sorento HEV, mengusung mesin Smartstream G1.6 T-Gdi, CVVD 4-silinder segaris berkapasitas 1,6 liter yang telah dengan turbocharger. Mesin bensin ini menghasilkan tenaga puncak 179 PS dan torsi maksimal 264 Nm. Ditambah dengan motor listrik berdaya 44 kW, maka kombinasi tenaga yang dhasilkan mampu mencapai 230 PS dengan torsi maksimal mencapai 350 Nm. Kia Sorento HEV mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 14 kWh. Semua daya tersebut didistribusikan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-speed.

Kia Niro EV

Produk elektrifikasi selanjutnya adalah Compact SUV Kia Niro EV yang berteknologi full electric. Generasi kedua Kia Niro ini melakukan debut globalnya di ajang New York International Auto Show 2022 pada April lalu.

Desain Kia Niro yang unik terinspirasi dari filosofi “Opposites United”. Lampu DRL yang unik mengapit grille ‘Tiger Nose’ yang khas pada mobil ini telah berevolusi sesuai identitas merek Kia yang baru.

Di bagian dalam, terdapat layar head unit 8 inci di bagian tengah dashboard menawarkan konektivitas dengan Bluetooth dan perintah suara, termasuk Apple CarPlay dan Android Auto. Panel instrument digital adalah layar LED 10,25 inci. Dan tentunya terdapat sunroof.

Sebagai jantung penggeraknya, Kia Niro EV mengusung motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) di roda depan yang menghasilkan tenaga puncak 203PS dan torsi maksimal 255 Nm. Baterai yang digunakannya memiliki kapasitas hingga 64,8kWh. Kia Niro EV diklaim mampu menempuh jarak total hingga 463 km (WLTP cycle). Kia Niro EV juga memiliki kemampuan V2L sebesar 3,6 kW.

Kia EV6 GT-Line

EV6 adalah mobil pertama Kia yang menggunakan platform baru khusus kendaraan listrik baterai (BEV) yang dikembangkan Kia, yaitu Electric-Global Modular Platform (E-GMP).

Sebagai penggerak, EV6 GT-Line menggunakan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang terpasang di kedua sumbu roda (depan-belakang) menjadikan mobil ini berpenggerak empat roda. Motor listrik ini mendapat sumber energi dari baterai berkapasitas 77,4 kWh, yang menghasilkan tenaga puncak hingga 325 PS dan torsi 605 Nm. Kia EV6 diklain mampu menempuh jarak total hingga 506 km berdasarkan uji WLTP. Dan diklaim dapat mencapai kecepatan 0 - 100 km per jam dalam waktu 5.2 detik.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga KIA Carens yang Meluncur di GIIAS 2022

Baca Juga: Lebih Dinamis dan Modern, New Audi Q7 Mengaspal di GIIAS 2022




Share To


galih

galih

Aug. 18, 2022, noon


tags : Mobil Listrik KIA KIA EV6 KIA Niro EV GIIAS 2022


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE