Mitsubishi New Xpander.jpg

Keunggulan Penggerak Roda Depan New Xpander dan New Xpander Cross

oleh: galih Life Style Monday, 21 February 2022 12:00 p.m.


Mancode – Setiap jenis mobil memiliki penggerak roda masing-masing. Ada penggerak roda depan, roda belakang, dan keempat roda. Setiap penggerak roda tersebut memiliki kelebihan tersendiri. Di Indonesia, sebagian besar mobil yang dipasarkan menggunakan penggerak roda depan.

Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross, merupakan model yang menggunakan penggerak roda depan. Penggerak roda depan ini, diklaim memiliki sejumlah keunggulan. Apa saja?

Mengutip dari situs resmi Mitsubishi Motor Indonesia, Senin (21/2/2022), tenaga dari mesin mobil FWD akan langsung disalurkan ke dua roda di bagian depan. Tidak ada proses tenaga melalui gardan untuk menyalurkannya ke roda belakang.


Selain itu, karena hanya membutuhkan sedikit komponen dan tidak ada gigi transmisi dan poros untuk menyalurkannya ke roda belakang, mobil FWD punya bobot yang lebih ringan.

"Beberapa keunggulan ada pada mobil penggerak roda depan dan untuk kendaraan penumpang sebenarnya nyaris tidak ada perbedaan jika berbicara masalah daya jelajah seperti kekuatan menanjak antara penggerak roda depan dan belakang. Perbedaan hanya ada pada mobil-mobil beban berat seperti truk," kata Brand Ambassador Mitsubishi Rifat Sungkar.

Keuntungan lainnya, lanjut Rifat, dari sisi handling. Menurutnya, mobil FWD lebih mudah dikendalikan. Kata lain, pengemudi lebih mudah mengarahkan kendaraan sesuai dengan keinginan. Sementara dari sisi desian interior, para desainer lebih mudah mengatur ruang kabin belakang karena tidak adanya axle (gardan) belakang. Lantai bisa dibuat rata dan penumpang mendapatkan kenyamanan lebih saat menempuh perjalanan jauh.

“Hilangnya axle membuat kabin lebih senyap dan tenaga mesin yang disalurkan ke roda pun lebih maksimal. Misal mobil mesin bertenaga 100 hp, jika mobil penggerak roda belakang, total tenaga yang dikeluarkan ke roda akan terpangkas 35 persen. Jika mobil FWD pasti ada tapi tidak besar," jelas Rifat.

Mobil berpenggerak roda depan juga unggul saat traksi atau gaya gesek ban mobil dan permukaan jalan terutama ketika hujan. Gaya gesek lebih aman karena roda depan yang menarik roda belakang. Berat mesin mobil yang berada di depan dapat membantu traksi lebih aman.

“Jadi, tidak benar bila mobil dengan sistem penggerak roda depan seperti Mitsubishi Xpander dan juga Xpander Cross dianggap kurang bisa diandalkan khususnya di jalan yang licin. Justru dengan penggerak roda depan, keunggulan Mitsubishi Xpander ada pada traksi mobil di jalanan licin terutama pada saat hujan. Traksi mobil FWD diketahui akan lebih bagus pada jalan kondisi yang licin,” kata Rifat.

Kontrol traksi pada New Xpander dan New Xpander Cross makin sempurna karena kini telah didukung dengan sistem transmisi matik, Continous Variable Transmission (CVT) terbaru. Menurut Rifat, teknologi CVT sudah menjadi teknologi wajib untuk mobil zaman sekarang. Dengan adanya CVT, friksi yang terjadi sangat sedikit. Dengan friksi yang sedikit, mengemudi menjadi lebih menyenangkan karena tidak adanya hentakan.

“Kemarin saya sempat mencoba beberapa hari dengan beberapa tipe jalanan yang sangat berasa adalah saat mencapai RPM 3.000 ke 3.500 RPM di situ seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada gambatan sama sekali. Lancar sekali dan ketika dipanggil tenaganya akan selalu ada. Ini berbeda dengan Xpander yang lama. Kick down memang ada tapi dipertahankan di RPM tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta,” tutup Rifat.

Baca Juga: Mitsubishi New Xpander Dibekali Transmisi CVT, Apa Keunggulannya?

Baca Juga: Belanja Suku Cadang Resmi Mitsubishi Kini Bisa Lewat E-Commerce

Baca Juga: Mobil Listrik BMW 330e M Sport Jadi Safety Car MotoGP Indonesia




Share To


galih

galih

Feb. 21, 2022, noon


tags : Mitsubishi Penggerah Roda Depan Keunggulan FWD New Xpander Cross Life Style New Xpander


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA