Podkesmas.jpg

Keseruan Ultah Pertama Podkesmas Bersama 1.000 Podcaster

oleh: galih Entertainment Tuesday, 27 October 2020 13:00 p.m.


Mancode – Podkesmas atau Podcast Kesehatan Masyarakat yang digawangi Ananda Omesh, Imam Darto, Surya Insomnia dan Angga Nggok baru saja merayakan ulang tahun (ultah) pertama mereka di dunia podcast Indonesia.

Sebagai bentuk perayaannya, mereka mengajak 1.000 podcaster dari seluruh Indonesia untuk bersama-sama merayakannya dalam konsep Podkesclass. Mereka akan sharing berbagi ilmu, pengalaman, hingga obrolan seru yang mengundang gelak tawa.

“Kita sharing dengan 1000 podcaster dari berbagai daerah. Saking banyaknya yang ingin terlibat, kami sampai membuka tiga kelas untuk sharing session dan tanya jawab,” ucap Surya dalam jumpa pers virtual.

Bentuk Agency Podcaster

Ultah Podkesmas.jpg

Tak hanya itu, Podkesmas kini kian mengembangkan sayap bisnis. Salah satu diversifikasi bisnis dengan menghadirkan Podkesmas Asia Network (PAN). Ini merupakan sebuah agency yang isinya para podcaster.

Salah satu yang baru bergabung adalah Podcast GJLS yang berisi obrolan para standup comedian Rigen, Rispo dan Hifdzi. Mereka telah mendududki Trending Podcast No. 1 di Spotify.

PAN juga bekerja sama dengan beberapa podcast yang sudah menduduki Top Chart Spotify yaitu Podcast Pemain Cadangan dengan Udjo Project Pop dan Augie Fantinus yang dikenal sebagai pecinta olahraga basket membagikan cerita dan pengalaman mereka.

Ada juga PPK (Podcast Pisces Kumpul) diawali bekerja di sebuah radio yang sama Gita Bhebhita, Cia Wardhana dan Molan menceritakan keunikan pandangan masing-masing tentang sebuah cerita. Kemudian, PAM (Podcast Awal Minggu) digawangi Adriano Qalbi dan Podcast Malam Kliwon ala Ramadhanu Rizkinuriza dan Bimo Kusumo.

Kesuksesan Podkesmas

Podkesmas.jpg

Sejak 2019, Podkesmas berdiri dengan menghadirkan konten-konten obrolan menarik dalam perbincangan mereka. Kontennya makin digandrungi, khususnya kaum muda. Ini membuat mereka dikontrak menjadi satu dari podcast yang mendapat kontrak eksklusif dari Spotify.

Selama 30 minggu, mereka sukses menduduki puncak top chart Spotify. Setiap episode Podkesmas didengarkan atau di stream sebanyak 10.000 kali setiap harinya.

“Pertama kali kita hanya iseng, karena awalnya mau bikin podcast maing-masing. Terus kepikiran seru nih kalo kita buat bareng. Tadinya buat iseng aja tapi jadi banyak yang denger dan brand-brand mulai banyak yang masuk ke kita,” kata Angga.

Tema yang dihadirkan bukan sekadar unik dan sulit dicerna, tapi mereka selalu mengangkat tema-tema kasual yang dekat dengan lingkungan mereka sebagai laki-laki. Mulai dari mantan yang ngangenin hingga kisah pacaran pertama kali sampai sekolah anak. Semua dibahas dengan gaya yang riang.

“Kunci suksesnya adalah konsisten pertama, harus kreatif. Bener-bener dipikirin mau bikin apa lagi, mau bikin yang baru lagi. Untuk Podcast kami ini, diharapkan di saat kita bercerita, para pendengar kita bisa mempunyai kedekatan yang sama dengan tema-tema yang kami angkat tersebut,” tutur Darto.

Baca Juga: Spotify Luncurkan Empat Original Podcast Indonesia

Baca Juga: Spotify Hadirkan Pengalaman Baru Bagi Penggemar League of Legends

Baca Juga: Indonesia Miliki Pendengar Podcast Terbanyak di Asia Tenggara


Share To


galih

galih

Oct. 27, 2020, 1 p.m.


tags : Entertainment 1.000 Podcaster Ultah Podkesmas Podkesmas Podcast Podcast Eksklusif Spotify


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 4 December 2020 13:00 p.m.

The BOBATIME Indonesia Tawarkan Bisnis Kemitraan

Technology 4 December 2020 11:00 a.m.

Tips Fotografi dan Videografi Seru ala TikTok

Life Style 4 December 2020 10:00 a.m.

PBB Legalkan Ganja untuk Keperluan Medis

Technology 4 December 2020 9:00 a.m.

Resso Jadi Aplikasi Terbaik 2020 Pilihan Google Play