Kerja Sama Lokapala dan Greenwillow Percepat Kebangkitan Industri Gim Indonesia.jpg

Kerja Sama Lokapala dan Greenwillow Percepat Kebangkitan Industri Game Indonesia

oleh: rachli Technology Thursday, 8 December 2022 11:00 a.m.


Mancode - Lokapala dan Greenwillow menjalin kerja sama strategis. Penandatanganan yang disaksikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno ini diyakini akan meningkatkan upaya pengembangan industri gim Indonesia sehingga diharapkan mampu mempercepat kebangkitan ekonomi dan memperluas lapangan kerja.

CEO Lokapala, Ivan Chen mengatakan, Lokapala telah mendapatkan investasi dari Greenwillow sebesar USD 3 juta. Dirinya berharap kolaborasi ini akan menghasilkan industri gim Indonesia yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Sebagaimana kita tahu bahwa industri konten atau IP atau gim terutama selama masa pandemi mampu naik pesat, gim yang di mobile transaksinya naik 170 persen, dan diperkirakan akan terus naik tahun depan,” kata Ivan Chen, Senin (5/12/2022)


Ini membuktikan, sambungya, bahwa industri gim driver mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Kenapa, bahwa kita juga berharap industri IP-nya yang berkolaborasi dengan sektor lain, jadi bisa didorong dengan merchandising maupun animasi, filmnya sehingga membuka lapangan kerja baru.

Deputi Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Neil El Himam, berharap kerja sama Greenwillow dan Lokapala mampu mempercepat kebangkitan industri gim lokal, termasuk bisa turut serta menyemarakkan ajang SEA Games maupun Asian Games.

“Apa yang dilakukan Lokapala sudah cukup lama dan hasilnya sudah bisa kita lihat bersama, sudah masuk Piala Presiden Esport 2021 dan 2022, serta PON 2022. Dan harapannya tidak lama lagi bisa masuk SEA Games dan nanti mungkin Asian Games. Nanti dari situ bisa menarik developer lain yang bisa membuatkan gim Indonesia yang bisa dipertandingkan,” kata Neil.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga menyebutkan, perkembangan industri gim di Tanah Air saat ini menyimpan potensi besar karena industri ini merupakan industri konten/IP terbesar di dunia yang mampu menyumbang transaksi hingga Rp3.200 triliun di 2022.

Pemerintah dan para pelaku industri telah membuat strategi pemetaan isu prioritas terkait pengembangan industri gim dan sedang menyusun Rancangan Peraturan Presiden tentang Program Percepatan Pengembangan Industri Gim Indonesia yang dikawal oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf.

“Kami sedang menyusun Rancangan Peraturan Presiden tentang Program Percepatan Pengembangan Industri Gim Indonesia, dan tiba-tiba Lokapala game yang bergenre MOBA yang pertama dan terbesar di Asia Tenggara, dan telah diikutsertakan Piala Presiden Esport 2021 dan 2022, serta PON 2022 memberikan kabar akan mendapatkan sebuah komitmen pendanaan dari GreenWillow Capital,” katanya.

Menparekraf mengatakan Penandatanganan investasi Greenwillow dan Lokapala difasilitasi oleh Kemenparekraf sebagai bentuk pendukungan penuh terhadap industri IP kreatif.

“Dan kami berharap ini bisa menjadi percontohan bahwa IP Indonesia mempunyai potensi untuk masuk ke pasar internasional. Dan harapannya bisa menginspirasi para investor agar juga bisa berpartisipasi untuk berinvestasi dalam IP lokal,” kata Menparekraf.

Baca Juga: AR&Co dan Celsius Hadirkan Karya Seni Lewat Teknologi AR

Baca Juga: Kaspersky Temukan 400.000 File Berbahaya di 2022

Baca Juga: 3 Hal Ini Diprediksi Bakal Jadi Tren di Instagram pada 2023




Share To


rachli

rachli

Dec. 8, 2022, 11 a.m.


tags : Menparekraf Sandiaga Uno Lokapala Greenwillow Industri Game Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE