Kenang Glenn Fredly, Menparekraf Ingin Wujudkan Festival Musik Ambon.jpg

Kenang Glenn Fredly, Menparekraf Ingin Wujudkan Festival Musik Ambon

oleh: rachli Travel Tuesday, 14 April 2020 14:00 p.m.


Mancode - Tidak sedikit kesan yang ditinggalkan oleh penyanyi kebanggaan Indonesia, Glenn Fredly, kepada setiap orang dari berbagai kalangan. Salah satunya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio yang mengenang Glenn Fredly sebagai sosok inspiratif.

Sebelum berpulang, Menparekraf Wishnutama mengaku sempat berdiskusi ragam hal dengan Glenn, di antaranya soal menggelar Festival Musik Ambon. Hal itu didiskusikannya setelah kota Ambon, Maluku ditetapkan sebagai Kota Musik oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Dunia (UNESCO).

“Saya langsung kontak Glenn. Kami berencana tahun ini membuat festival musik di Ambon,” ujarnya saat diskusi virtual bertema Jejak Musikalitas Glenn Fredly Untuk Negeri bersama sejumlah tokoh industri kreatif dan pelaku seni di Jakarta (13/4/2020).

Bagi Menparekraf Wishnutama, kehilangan sosok Glenn merupakan duka tidak hanya bagi industri musik Tanah Air, namun juga duka bagi masyarakat seluruh Indonesia. Terlebih, Menparekraf Wishnutama yang besar di industri kreatif telah mengenalnya sejak tergabung di grup musik Funk Section.

Baca Juga: Glenn Fredly Tutup Usia

Namun, keinginan untuk menggelar Festival Musik Ambon nampaknya perlu ditahan sejenak. Hal ini dikarenakan dampak pandemi virus Corona atau Covid-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Festival yang direncanakan dihelat tahun ini pun harus tertunda.

“Kalau bicara festival itu sangat berkaitan dengan pariwisata, begitu juga sebaliknya. Meskipun tertunda, saya harap Walikota Ambon bisa menjaga semangat Glenn untuk membuat festival musik ini terlaksana di kemudian hari,” harapnya.

Baca Juga: Single Baru Rich Brian Gandeng Guapdad 4000

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy yang turut hadir dalam diskusi virtual itu mengatakan, sosok Glenn menjadi inspirasi bagi masyarakat Ambon. Tidak hanya dikenal sebagai musisi, Glenn juga kerap terlibat aktivitas sosial, mulai dari kebebasan berekspresi hingga lingkungan serta memperjuangkan dan menyuarakan aspirasi masyarakat dari timur Indonesia.

Selain itu, selaku pemerintah daerah kota Ambon, Richard Louhenapessy berniat ingin mengenang dan menjadikan kisah Glenn Fredly dalam museum atau sebuah buku, yang nantinya dapat menjadi referensi bagi masyarakat kota Ambon dan musisi Indonesia.

“Dalam banyak hal, Glenn identik dengan Ambon City of Music. Harapan kami, sosok Glenn Fredly bisa dikenang terus dan setelah pandemi kita harapkan bisa mewujudkan cita-cita Glenn,” harapnya.

Baca Juga: Nuansa Lembut dan Riang Yura Yunita di Java Jazz Festival 2020


Share To


rachli

rachli

April 14, 2020, 2 p.m.


tags : Menparekraf Wishnutama Kusubandio Walikota Ambon Richard Louhenapessy Festival Musik Ambon UNESCO Covid-19 industri musik Tanah Air Glenn Fredly virus Corona


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun