Virus Corona.jpg

Kenali Virus Corona dan Cara Penularannya

oleh: rachli Life Style Monday, 27 January 2020 11:00 a.m.


Mancode - Mengawali awal 2020, dunia kesehatan digegerkan dengan mewabahnya virus baru yang berasal dari hewan, yakni virus corona atau 2019-nCoV. Selain dari penyebarannya yang cepat, virus corona disebut-sebut cukup mematikan bagi penderita.

Virus corona pertama kali diidentifikasi berasal dari kota Wuhan, China. Virus yang memiliki kemiripan Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) ini telah menjangkiti 1.300 orang dan membunuh 41 orang di China. Virus ini dikabarkan juga telah tersebar ke-12 negara di berbagai dunia.

Baca Juga: J.CO RUN 2020 Siap Digelar

Merangkum dari berbagai sumber, virus corona adalah penyakit zoonosis atau yang ditularkan dari hewan ke manusia. Penyebaran virus ini bisa terjadi di pasar-pasar yang menempatkan manusia dengan hewan mati atau hidup di tempat yang sama.

Bagi yang terinfeksi, virus corona mengakibatkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang yang sama dengan flu biasa. Gejala virus corona ini adalah pilek, batuk, sakit tenggorokan, pusing, dan demam yang sudah terjadi selama beberapa hari.

Virus corona bisa menyerang siapa saja. Namun, risiko lebih besar pada orang dengan daya tahan tubuh lemah, semisal anak kecil dan orang tua. Serangan pada orang dengan imun lemah mengakibatkan infeksi saluran pernapasan bawah yang lebih serius. Penyakit akibat infeksi saluran pernapasan bawah adalah pneumonia atau bronkitis.

Baca Juga: 4 Cara Hilangkan Kutu Rambut yang Mengganggu

Penyebab virus corona pada manusia berasal dari kontak dengan hewan. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), penyebab virus corona adalah unta dalam kasus MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dan kucing pada SARS.

Dalam kasus penularan antar manusia, biasanya terjadi saat kontak langsung, seperti terkena cipratan liur saat bersin atau batuk. Penularan ini juga bisa dari menyentuh langsung penderita. Bagian tubuh yang terpapar langsung digunakan untuk menyentuh mulut, hidung, dan mata.

Namun, hingga saat ini belum ada obat spesifik untuk virus corona. Gejala virus corona bisa menghilang sendiri bila ditangani sejak dini. Jika gejala dirasakan makin memburuk maka harus segera ke dokter untuk mendapat penanganan cepat.

Baca Juga: Mengenal Gejala dan Jenis Kanker Ria Irawan

Selain itu, sangat disarankan untuk melakukan upaya pencegahan menghadapi virus corona. Misalnya tidak kontak langsung dengan penderita, kecuali kondisi tertentu. Usai kontak, pastikan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menyentuh diri sendiri.

Jika harus berpergian ke daerah yang terinfeksi, disarankan menghindari pasar hewan, menutup hidung dan mulut, dan segera ke dokter bila mendapati atau merasakan penurunan kondisi paska melakukan aktivitas di kawasan tersebut.


Share To


rachli

rachli

Jan. 27, 2020, 11:46 a.m.


tags : China bronkitis penyakit zoonosis kota Wuhan pneumonia virus corona gejala virus corona dunia kesehatan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 20 February 2020 15:00 p.m.

Single Spesial Donnie Sibarani ‘Aku Untukmu’

Entertainment 20 February 2020 11:00 a.m.

Konser Hip Hop 29 Mars Suguhkan Rapper 1990-an

Entertainment 20 February 2020 8:00 a.m.

Populer Tapi Akhirnya Tewas Bunuh Diri

Entertainment 20 February 2020 7:00 a.m.

Selamat Ulang Tahun Kurt Cobain