Sepatu-Pantofel.jpg

Kenali Model Sepatu Pantofel Sesuai Tingkat Keformalannya

oleh: rachli Fashion Style Tuesday, 10 September 2019 14:00 p.m.


Pantofel atau dalam bahasa Belanda-nya Pantoffel merupakan alas kaki leher rendah yang bisa dipakai dan dilepas dengan mudah. Sepatu pantofel identik dan menjadi salah satu item penunjang dalam berpenampilan formal bagi kaum adam.

Selain identik dengan formalitas, pantofel lekat dengan bahan kulit dan ujung toe box berbentuk kotak. Oleh karena itu, tidak heran jika kesan kaku dan jadul menempel pada sepatu ini. Padahal, model pantofel pria beragam berdasarkan tingkat keformalannya.

Berikut ini, Mancode mencoba menjabarkan beberapa model pantofel sesuai dengan tingkat keformalannya. Ada beberapa pantofel yang cocok dipadukan dengan setelan jas hingga tuksedo, dan ada pula yang cocok dengan gaya smart casual untuk kalangan profesional muda.

Baca Juga: 4 Sepatu Kulit Lokal Ini Cocok untuk Acara Formal

Baca Juga: 4 Produk Pembersih Sepatu Lokal yang Wajib Dimiliki

Wholecut/Cap-Toe Oxford

Merupakan model pantofel pria Oxoford yang hampir tidak memiliki tambahan jahitan, brogue, dan motif lainnya. Dengan desain yang simple, pantofel ini nampak terlihat berkelas. Oxford adalah model pantofel pria dengan pola tali model tertutup.

Desain ini sangat direkomendsaikan untuk acara paling formal, dan cocok dipadukan dengan tuksedo, jas, blazzer, sport coat, kemeja, celana bahan wol atau katun, dan dasi.

Semi-Brogue Oxford

Jika Mancoders mengenakan pantofel ini, tetap terlihat profesional, namun lebih santai dari wholecut/cut Oxford. Seperti namanya, model ini merupakan kombinasi dari Oxford dan Brogue. Brogue ditandai dengan motif berbentuk lubang yang berfungsi mengalirkan udara. Pada Semi-Brogue Oxford, lubang ini biasanya ada di bagian cap-toe dan jahitan di vamp-nya.

Ciri khas dari pantofel ini penggunaan beberapa potongan kulit dengan tepian bergigi. Model ini cocok dikombinasikan dengan setelan jas, blazzer, sport coat, celana wol, atau jeans gelap.

Wingtip Oxford

Model ini hampir mirip dengan Semi-Brogue Oxford, hanya saja bagian cap-toe berbentuk wingtip. Jika dilihat dari mata pemakai, mirip dengan huruf M yang menjorok ke arah kaki. Dengan wingtip akan memberikan kesan vintage, namun tetap formal dengan kombinasi karakteristik tali tertutup dari Oxord.

Model ini bisa dipadukan dengan setelan jas dan sport coat. Untuk bawahan, bisa mengenakan celana bahan wol dan katun, atau jeans berwarna gelap untuk event yang lebih kasual.

Baca Juga: 5 Pilihan Sepatu Vans yang Paling Ikonik

Plain/Cap-Toe Derby

Untuk menghindari event resmi yang tidak terlalu formal, model ini bisa jadi pilihan. Model pantofel ini sekilas hampir mirip dengan plain/cap-toe Oxford. Perbedaan utamanya adalah pola tali terbuka yang dimiliki Derby. Seperempat lapisan eyelet-nya justru dijahit di lapisan permukaan atas.

Plain/cap-toe Derby bisa dipasangkan dengan setelan jas. Selain itu, model ini juga cocok dipakai dengan jeans dan celana bahan katun atau wol.

Suede Bucks

Merupakan model sepatu pantofel laki laki Derby polos tanpa dekorasi tambahan. Seperti namanya, alas kaki ini biasanya dibuat dari bahan suede atau nubuck.

Suede bucks bisa dipadukan dengan blazzer atau setelan jas tipis berwarna cerah. Untuk event yang lebih kasual, kombinasikan dengan kaos polos di dalamnya. Pilih warna abu-abu yang netral dan mudah dipadupadankan.


Share To


rachli

rachli

Sept. 10, 2019, 2 p.m.


tags : Semi-Brogue Oxford Sepatu Pantofel Gaya Smart Casual Setelan Jas Model Sepatu Pantofel Suede Bucks


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 19 January 2020 8:00 a.m.

The Adams Berkolaborasi dengan Yayasan Pita Kuning

Entertainment 19 January 2020 10:00 a.m.

This Is All About You Jadi Single Baru Gail Satiawaki

Entertainment 18 January 2020 7:00 a.m.

Bleu House Ucapkan I Don’t Wanna Say Goodbye

Life Style 19 January 2020 11:00 a.m.

Keraton Agung Sejagat dan Mimpi Menjadi Raja