Jenis-sepeda.jpg

Kenali Jenis Sepeda Sesuai Kebutuhan Olahraga

oleh: rachli Life Style Thursday, 26 December 2019 16:00 p.m.


Mancode - Tidak hanya sekadar beraktivitas biasa, bersepeda juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di antaranya menjaga tubuh dari penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga penyakit jiwa.

Meskipun bersepeda mudah untuk dilakukan, murah, dan ramah lingkungan, namun perlu diketahui juga jenis-jenis sepeda yang sesuai dengan kebutuhan. Menukil dari laman Male.co.id, berikut ini beberapa jenis sepeda berdasarkan fungsinya.

Baca Juga: Tetap Fashionable Saat Berangkat Kerja dengan Sepeda

Time Trial Bicycle

Jenis sepeda ini adalah sepeda balap yang dirancang untuk digunakan dalam tim atau individu untuk menaklukan jalan berkontur datar. Sepeda ini juga diperuntukan di velodrome atau area untuk lomba balap sepeda.

Triathlon Bicycle

Triathlon ini adalah kompetisi multiple yang melibatkan penyelesaian tiga disiplin, yakni ketahanan, berkelanjutan, dan sekuensial. Banyak variasi olahraga dari triathlon, dalam bentuknya yang paling populer melibatkan berenang, bersepeda, dan lari marathon.

Cyclo Cross

Cyclo cross adalah bentuk balap sepeda yang biasanya berlangsung di musim gugur dan musim dingin dan terdiri dari banyak putaran yang pendek (2,5-3,5 kilometer). Medannya bisa berupa jalan trotoar, hutan, rumput yang mengharuskan pengendaranya untuk turun dari sepeda.

Baca Juga: Ini Makanan yang Dianjurkan Sebelum Berolahraga

Freestyle BMX

Freestyle BMX adalah motor cross yang digantikan dengan sepeda BMX. Ini adalah jenis olahraga yang ekstrim diturunkan dari balap BMX yang terdiri dari lima disiplin ilmu yaitu jalanan, taman belukar, jalan setapak, dan tanah datar.

Racing BMX

Racing BMX Bicycle adalah sepeda yang digunakan untuk balapan sprint dengan lintas balap jalur offroad yang terdiri dari gerbang pembuka, rack lompatan dan garis finish.

Downhill Bicycle

Downhill bicycle juga dikenal sebagai downhill montain bike. Jenis sepeda ini adalah sepeda suspense penuh yang dirancang untuk bersepeda menuruni lereng yang sangat curam dan berbatu.

Baca Juga: 6 Manfaat Olahraga Ekstrim Parkour Bagi Tubuh

Freeride Bicycle

Freeride adalah disiplin bersepeda gunung yang terkait erat dengan bersepeda menuruni bukit dan melompati tanah yang terfokus pada tricks, gaya dan teknik rail. Sekarang dikenal sebagai salah satu disiplin ilmu yang paling populer dalam bersepeda gunung.


Share To


rachli

rachli

Dec. 26, 2019, 4:10 p.m.


tags : Penyakit Jantung manfaat kesehatan bagi tubuh bersepeda kebutuhan olahraga obesitas jenis sepeda


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 27 February 2020 15:00 p.m.

SIC MYNDED Rilis Single ‘Peace Within’

Technology 27 February 2020 12:00 p.m.

Streaming Musik Sambil Baper dengan Resso

Fashion Style 27 February 2020 9:00 a.m.

Adidas X James Bond Hadirkan Ultra Boost 20

Entertainment 26 February 2020 15:00 p.m.

Kreasi Album Baru Stars and Rabbit 'Rainbow Aisle'