Luis-Enrique.jpg

Kenali Jenis Kanker Tulang yang Diderita Putri Luis Enrique

oleh: rachli Life Style Friday, 30 August 2019 18:00 p.m.


Mantan pelatih tim nasional (timnas) Spanyol dan Barcelona, Luis Enrique dilanda duka. Luis mengumumkan kepergian sang putri, Xana Martinez yang baru berusia sembilan tahun akibat menderita penyakit kanker tulang.

Luis mengabarkan kabar duka tersebut melalui akun Twitter-nya pada Jumat, 30 Agustus 2019 waktu setempat. Dalam cuitannya, dia juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah berusaha membantu kesembuhan anaknya.

"Putri kami Xana telah meninggal siang ini pada usia sembilan tahun, setelah berjuang selama lima bulan penuh melawan osteosarcoma," tulis Enrique di akun Twitter-nya.

Bicara soal kanker tulang, kondisi ini tidak hanya dialami oleh anak-anak, namun juga orang dewasa. Lalu, apa itu kanker tulang dan jenis kanker tulang apa yang diidap Xana Martinez? Berikut ini Mancode mencoba mengulas apa itu kanker tulang.

Kanker tulang tergolong kondisi yang jarang terjadi. Tumor yang terbentuk pada tulang lebih banyak yang jinak dibandingkan yang ganas. Untuk gejalanya sendiri, penderita biasanya merasakan nyeri, pembengkakan, dan tulang rapuh.

Baca Juga: Bambang Pamungkas Pesepak Bola yang Punya Banyak Prestasi

Namun perlu diketahui, nyeri tulang pada orang dewasa terkadang disalahsartikan sebagai radang sendi. Sedangkan pada anak-anak dan remaja, terkadang dianggap sebagai efek samping dari pertumbuhan tulang.

Ada beberapa jenis kanker tulang, salah satunya osteosarcoma. Jenis kanker primer ini sering terjadi pada anak-anak dan remaja, yaitu sekitar usia 10 hingga 30 tahun. Kanker tulang jenis ini juga lebih sering ditemukan pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan. Sel kanker pada osteosarcoma biasanya tumbuh pada tulang-tulang panjang, seperti pada tulang kering, paha, dan lengan.

Gejala yang ditimbulkan osteosarcoma biasanya lebih sering terjadi pada lapisan luar tulang lengan. Namun juga bisa muncul di tulang kaki. Gejala yang timbul seperti rasa nyeri yang cenderung terasa intens dan bisa bertambah buruk di malam hari.

Rasa nyeri ini juga umumnya meningkat seiring dengan aktivitas dan bisa mengakibatkan lemas jika tumor berada di tulang tungkai. Selain itu, muncul bejolan dan memar yang biasanya muncul setelah beberapa minggu mengalami rasa nyeri pada tulang. Osteosarcoma juga cenderung membuat tulang di lokasi tumor menjadi lemah dan bisa membuat patah.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Cristiano Ronaldo

Bila terdapat sejumlah gejala kanker tulang, untuk mendiagnosa biasanya penderita melakukan sejumlah pemeriksaan, seperti foto rotgen, computerized tomography (CT) scan, magnetic resonance imaginf (MRI), hingga biopsi.

Pemeriksaan tersebut untuk menentukan stadium atau tingkat keparahan kanker tulang. Ada empat stadium, Stadium 1 kanker masih di satu area tulang, Stadium 2 sel kaker sudah mulai membesar, Stadium 3 kanker sudah menyebar ke lebih dari satu area pada tulang yang sama, dan Stadium 4 kanker telah menyebar ke orgam lain dalam tubuh seperi hati, paru-paru, dan otak.

Sedangkan untuk pengobatan kanker tulang bisa dilakukan dengan operasi, seperti operasi pengangkatan tulang dan amputasi. Selain itu, pasien juga bisa melakukan pengobatan dengan kemoterapi dan radioterapi.


Share To


rachli

rachli

Aug. 30, 2019, 6 p.m.


tags : Osteosarcoma Apa Itu Kanker Tulang Mantan pelatih timnas Spanyol Luis Enrique Xana Martinez


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 19 September 2020 9:00 a.m.

Tandai 17 Tahun Berkarya, D’Masiv Rilis Album Terbaru

History 18 September 2020 7:00 a.m.

Sejarah Panjang Peringatan Hari Palang Merah Indonesia

Entertainment 17 September 2020 13:00 p.m.

Marina Kaye Gandeng Produser BTS dan Eyelar dalam 'Double Life'

Entertainment 17 September 2020 12:00 p.m.

Adiezty Fersa Rilis Single “Yang Nyata Nyata Saja”