Templet_Mancode_ (3).jpg

Kenali Dorongan Seksual yang Tinggi

oleh: fachrul Life Style Wednesday, 18 November 2020 8:00 a.m.


Mancode - Perubahan dalam dorongan seks atau libido adalah hal yang normal. Namun, memiliki dorongan seks yang tinggi dapat menjadi masalah jika hal tersebut mulai menghalangi fungsi dan menghambat kegiatan sehari-hari.

Penting untuk diperhatikan bahwa tidak ada definisi dorongan seks "normal" dan apa yang dirasakan seseorang sebagai dorongan seks yang tinggi mungkin tampak normal bagi yang lainnya. Banyak orang yang penasaran dengan sifat dorongan seksual mereka. Artikel ini akan membahas beberapa penyebab yang mendasari dorongan seks yang tinggi!


Apakah dorongan seks itu?

Dorongan seks atau dikenal sebagai libido, mengacu pada keinginan seseorang untuk melakukan aktivitas seksual dan muncul dari kebutuhan biologis dasar untuk bereproduksi. Hal ini adalah perasaan normal yang bisa dialami siapa pun. Tingkat libido ada pada suatu spektrum dari tidak ada keinginan untuk melakukan seks sama sekali hingga memiliki keinginan untuk melakukan aktivitas seksual sebanyak mungkin. Memiliki dorongan seks yang tinggi bukanlah masalah kecuali jika kita terlalu sibuk memikirkan hal lainnya dan seseorang mungkin ingin mengurangi gairah seksnya jika:

- mengganggu pekerjaan, kehidupan sosial, tidur, atau kesehatan mereka

- mempengaruhi kesehatan mental mereka

- sulit untuk merasa puas, tidak peduli seberapa banyak aktivitas seksual yang mereka lakukan mempengaruhi kualitas hubungan mereka

- menyebabkan mereka mencari seks yang "berisiko"

Faktor penyebab

Apa yang merupakan dorongan seks yang normal berbeda untuk setiap orang, dan orang cenderung lebih menginginkan seks pada waktu yang berbeda dalam hidup mereka.

Dorongan seks tergantung pada faktor-faktor seperti:

- usia

- status kesehatan mental

- tingkat energi

- status kesehatan fisik

- status hubungan

- interaksi sosial

- pengobatan, alkohol, atau penggunaan narkoba

Usia dan hormon

Perubahan hormonal memainkan peran besar dalam hasrat seksual. Hormon akan terus mempengaruhi libido seseorang sepanjang hidupnya. Beberapa penelitian terdahulu juga menunjukkan kemungkinan hubungan antara kadar testosteron yang lebih tinggi pada pria dan mereka memiliki dorongan seks yang lebih tinggi.

Kesehatan mental

Tingkat stres juga dapat memengaruhi perasaan seseorang yang bermuatan seksual. Pada saat stres tinggi, beberapa orang mungkin merasakan gairah seksual rendah, sementara yang lain mungkin mencari kepuasan seksual sebagai pereda stres.

Tingkat kebugaran fisik dan energi

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang bugar secara fisik lebih cenderung menginginkan seks dan menikmati gairah yang lebih tinggi serta orgasme yang lebih baik.

Hubungan

Memiliki pengalaman seksual yang menyenangkan, baik dengan orang lain atau melalui masturbasi, juga dapat meningkatkan keinginan untuk berhubungan seks. Keintiman antara pasangan seksual terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap dorongan seks pria. Di sisi lain, jika seseorang tidak dapat merasa puas, baik karena kurangnya hubungan seks atau pengalaman seksual yang tidak memuaskan maka dorongan seks mereka juga dapat meningkat.

Penggunaan zat

Konsumsi alkohol menurunkan hambatan, yang dapat meningkatkan libido dalam jangka pendek. Namun, ketergantungan alkohol dapat menurunkan gairah, kinerja, dan kepuasan seksual. Penggunaan obat perangsang, seperti kokain, juga dapat meningkatkan hasrat seksual tetapi memiliki kaitan dengan peningkatan seks "berisiko" pada pria yang berhubungan seks dengan pria dewasa dan muda.

Mungkinkah memiliki dorongan seks yang terlalu tinggi?

Memiliki dorongan seks yang tinggi hanya cenderung menjadi masalah jika hal itu menghalangi aspek penting kehidupan lainnya atau jika seseorang merasa terdorong untuk melakukan aktivitas seksual dengan cara yang terasa di luar kendali. Ini dikenal sebagai perilaku seksual kompulsif. Terkadang, ketika libido pasangan seksual tidak cocok, dapat menyebabkan gesekan dalam hubungan.

Bagi kebanyakan orang, memiliki dorongan seks yang tinggi adalah bagian kehidupan yang sangat alami yang datang dan pergi tergantung pada banyak faktor. Biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan, tetapi jika hal itu menyebabkan stres atau memengaruhi bagian lain kehidupan, mungkin ada baiknya untuk mencoba menyalurkan energi seksual yang meningkat ini ke aktivitas lain. Dalam kasus yang tergolong ekstrim, seseorang dapat mencoba mencari bantuan pada tenaga profesional.

Baca Juga: Manfaat Sering Melakukan Hubungan Seks

Baca Juga: 4 Minuman yang Bisa Meningkatkan Gairah Seks

Baca Juga: Risiko dari Seks Oral




Share To


fachrul

fachrul

Nov. 18, 2020, 8 a.m.


tags : Seksual Seks Riset Tips


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE