Kemudahan di Era Teknologi 5G, Ini 5 Nilai dan Manfaatnya.jpg

Kemudahan Era Teknologi 5G, Ini 5 Nilai dan Manfaatnya

oleh: rachli Technology Tuesday, 11 January 2022 11:00 a.m.


Mancode - Transformasi digital dan peluncuran 5G telah menjadi pembahasan utama dalam dunia teknologi selama beberapa tahun terakhir. Bagaimana tidak, teknologi generasi kelima ini diklaim dapat memberikan kecepatan yang lebih tinggi dan latensi rendah dari teknologi sebelumnya.

Namun tidak hanya itu, ada banyak nilai dan manfaat yang dibawa era 5G kedepannya. Melansir Ericsson sebagai vendor information, communication and technology (ICT) global, berikut sejumlah nilai dan manfaat 5G.

5G tidak hanya tentang kecepatan, tetapi juga kapasitas


5G dirancang untuk memberikan lebih banyak kapasitas dalam jaringan, lebih banyak 'ruang' untuk digunakan, yang berarti ada lebih banyak ruang bagi semua orang dan perangkat akan mendapat kecepatan data yang lebih tinggi. Sederhananya, teknologi 5G memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung sekaligus dibandingkan generasi sebelumnya.

5G menawarkan hiburan next level

Ericsson dan Ooredo akan memberikan pengalam baru di era 5G yang tentunya tidak terlupakan dalam acara olahraga 2022 di Qatar. Penggemar sepak bola akan dapat menikmati pengalaman baru menonton pertandingan yang didukung dengan enhanced mobile broadband, dengan kecepatan jaringan yang sangat tinggi, latensi rendah, dan kapasitas data yang besar. Penggemar akan dapat menikmati interaktivitas real-time dan pengalaman streaming definisi tinggi.

5G memungkinkan untuk mengontrol dalam satu klik

Berkat teknologi IoT (Internet of Things), jaringan 5G menawarkan tingkat konektivitas yang berbeda. Tidak perlu khawatir Ketika lupa mematikan alat elektronik saat meninggalkan rumah maupun sibuk. Dengan jaringan 5G, hal itu dapat dikontrol dan terhubung dengan setiap perangkat yang mendukung konsep smart living atau dengan kata lain teknologi 5G akan membuat hidup jauh lebih efisien dan produktif.

5G selangkah lebih dekat dengan public figure sepanjang waktu

Di Korea Selatan, konser virtual berhasil disiarkan dalam format 4K menggunakan teknologi 5G. 5G memungkinkan untuk bisa menikmati konser di mana dan kapan saja, hal ini turut memungkinkan merasakan euforia konser yang sesungguhnya dengan visual resolusi tinggi, serta memungkinkan melihat idola dengan cara baru.

Di masa depan, teknologi musik yang terhubung dapat menyatukan musisi, produser musik, dan recording enginer dari seluruh dunia. Teknologi generasi kelima akan memungkinkan tonggak baru dalam penciptaan musik global, berpotensi mengubah cara lagu ditulis dan cara menikmati musik di masa depan.

Say no more pada buffering dan video lagging

Ketika hanya memiliki waktu terbatas dan membutuhkan sesuatu untuk hiburan seperti menonton, tidak jarang koneksi buruk selalu menjadi penghalang. Dengan 5G, kondisi tersebut tidak akan terjadi lagi karena teknologi ini menawarkan kecepatan internet tinggi hinggi 10 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Selain itu, pengguna dapat melakukan streaming video dan film berkualitas tinggi seperti 4K atau bahkan 8K dengan lancar tanpa leg dan visual buram. Semua kemajuan itu akan dapat memenuhi kebutuhan jaringan yang lebih cepat dan canggih di tahun mendatang.

Baca Juga: Teknologi 5G di Indonesia Klaim Berikan Pengalaman Lebih Baik

Baca Juga: Mengenal Teknologi Telekomunikasi 5G

Baca Juga: Samsung Galaxy Z Fold3 dan Flip3 5G Kini Hadir di Indonesia




Share To


rachli

rachli

Jan. 11, 2022, 11 a.m.


tags : Transformasi Digital 5G Teknologi 5G Ericsson


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE