Kemenparekraf Usung Thoughtful Indonesia di Masa Pandemi Covid-19.jpg

Kemenparekraf Usung Thoughtful Indonesia di Masa Pandemi

oleh: rachli Travel Monday, 27 April 2020 7:00 a.m.


Mancode - Ada yang menarik dari tampilan logo kalimat branding Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Ya, untuk sementara waktu Kemenparekraf menggunakan kalimat Thoughtful Indonesia di masa pandemi virus Corona atau Covid-19.

Namun, dalam keterangan resmi yang diterima (23/4/2020), logo tersebut bukan untuk menggantikan branding Wonderful Indonesia yang selama ini digunakan sebagai instrumen kampanye pariwisata Indonesia kepada wisatawan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kususbandio menerangkan, Thoughtful Indonesia merupakan kontekstual yang menyerupai Wonderful Indonesia agar berhubungan dengan pesan yang ingin disampaikan dalam situasi saat ini ke publik, baik dalam maupun luar negeri.

“Itu bukan mengganti logo Wonderful Indonesia yang merepresentasikan brand promise institusi dan branding utama kita. Namun, Thoughtful Indonesia yang menyerupai logo agar related dengan pesan yang kami mau bawa dalam situasi krisis ini,” terangnya.

Baca Juga: Sektor Pariwisata Indonesia Turun 50 Persen Akibat Covid-19

Selain itu, penggunaan logo tersebut juga menjadi landasan utama Kemenparekraf untuk menghadirkan program-program yang thoughtful membantu para pelaku dan pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menghadapi dampak Covid-19.

Menparekraf Wishnutama juga menjelaskan, pihaknya menggunakan logo Thoughtful Indonesia untuk menunjukkan empati tertinggi dari sektor pariwisata terhadap kondisi saat ini. Logo tersebut juga mendapat apresiasi dari publik di Eropa sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Persiapan Kemenparekraf Hadapi Lonjakan Industri Pariwisata 2021

“Ini salah satu bagian dari soft promotion, dan kami mendapat laporan bahwa publik di Eropa mengapresiasi hal tersebut. Ini bagian dari kami untuk mengkomunikasikan bahwa kita berempati dengan situasi ini dan we are wonderful in many ways,” kata Menparekraf Wishnutama.

Selain itu, tidak hanya pariwisata Indonesia, menurutnya, banyak merek besar lainnya yang melakukan perubahan logo kontekstual di masa pandemi. Dengan begitu, kontekstual logo ini sementara digunakan dan strategi ini juga sudah banyak dikenal di dunia internasional.

Baca Juga: Pusat Krisis Terintegrasi Minimalisir Dampak Virus Corona


Share To


rachli

rachli

April 27, 2020, 7 a.m.


tags : Menparekraf Wishnutama Kusubandio Covid-19 Kemenparekraf Pandemi virus Corona Wonderful Indonesia Thoughtful Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 28 November 2020 7:00 a.m.

Bayar BBM di Shell Kini Bisa Pakai GoPay

Life Style 27 November 2020 10:00 a.m.

Bertentangan Agama, Halima Aden Berhenti jadi Model

Entertainment 27 November 2020 9:00 a.m.

Lewat “So What?”, Mima Ajak Pendengar Cintai Diri Sendiri

Life Style 27 November 2020 8:00 a.m.

Goodyear Eagle F1 Sport Bidik Sedan Menengah