
Kemenparekraf Usung Thoughtful Indonesia di Masa Pandemi
oleh: rachli Travel Monday, 27 April 2020 7:00 a.m.
Mancode - Ada yang menarik dari tampilan logo kalimat branding Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Ya, untuk sementara waktu Kemenparekraf menggunakan kalimat Thoughtful Indonesia di masa pandemi virus Corona atau Covid-19.
Namun, dalam keterangan resmi yang diterima (23/4/2020), logo tersebut bukan untuk menggantikan branding Wonderful Indonesia yang selama ini digunakan sebagai instrumen kampanye pariwisata Indonesia kepada wisatawan.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kususbandio menerangkan, Thoughtful Indonesia merupakan kontekstual yang menyerupai Wonderful Indonesia agar berhubungan dengan pesan yang ingin disampaikan dalam situasi saat ini ke publik, baik dalam maupun luar negeri.
“Itu bukan mengganti logo Wonderful Indonesia yang merepresentasikan brand promise institusi dan branding utama kita. Namun, Thoughtful Indonesia yang menyerupai logo agar related dengan pesan yang kami mau bawa dalam situasi krisis ini,” terangnya.
Selain itu, penggunaan logo tersebut juga menjadi landasan utama Kemenparekraf untuk menghadirkan program-program yang thoughtful membantu para pelaku dan pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menghadapi dampak Covid-19.
Menparekraf Wishnutama juga menjelaskan, pihaknya menggunakan logo Thoughtful Indonesia untuk menunjukkan empati tertinggi dari sektor pariwisata terhadap kondisi saat ini. Logo tersebut juga mendapat apresiasi dari publik di Eropa sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
“Ini salah satu bagian dari soft promotion, dan kami mendapat laporan bahwa publik di Eropa mengapresiasi hal tersebut. Ini bagian dari kami untuk mengkomunikasikan bahwa kita berempati dengan situasi ini dan we are wonderful in many ways,” kata Menparekraf Wishnutama.
Selain itu, tidak hanya pariwisata Indonesia, menurutnya, banyak merek besar lainnya yang melakukan perubahan logo kontekstual di masa pandemi. Dengan begitu, kontekstual logo ini sementara digunakan dan strategi ini juga sudah banyak dikenal di dunia internasional.
Share To

rachli
April 27, 2020, 7 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Sambut Imlek 2023, Aviary Bintaro Tawarkan Paket Menginap hingga Makan Malam Spesial
39 1 week, 4 days ago
Tak hanya menginap, Aviary Bintaro juga hadirkan menu spesial khas Imlek yang menggoda.

4 Rekomendasi Liburan Imlek Terjangkau ala tiket.com
39 1 week, 5 days ago
tiket.com merekomendasikan destinasi wisata Pecinan di Indonesia yang ramah di kantong untuk rayakan liburan Tahun Baru Imlek 2023. Berikut lokasinya.

Hotel Santika Premiere Bintaro Hadirkan Lunar New Year Dinner 2023
38 1 week, 5 days ago
Hotel Santika Premiere Bintaro paket buffet Lunar New Year dinner 2023 pada 21 Januari 2023 seharga Rp250 ribu per pax.
YOU MAY ALSO LIKE
Life Style 27 January 2023 7:00 a.m.
Ini Faktor yang Bikin Harga Jual Mitsubishi Pajero Sport Stabil
Technology 25 January 2023 6:00 a.m.
Qoala Plus Komitmen Tingkatkan Sistem Teknologi Dorong Kinerja Tenaga Pemasar
Technology 19 January 2023 15:00 p.m.
Lima Konten Audio Spotify yang Bikin Terus Berkembang di Tahun 2023
Life Style 14 January 2023 22:00 p.m.