Kemenparekraf Uji Coba Travel Bubble.jpg

Kemenparekraf Uji Coba Travel Bubble Singapura-Indonesia

oleh: rachli Travel Tuesday, 25 January 2022 13:00 p.m.


Mancode - Sebagai salah satu langkah strategis guna membangkitkan ekonomi dan pariwisata nasional, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melakukan penerapan uji coba travel bubble antara Singapura dengan Indonesia, khususnya di kawasan Batam dan Bintan.

Skema uji coba yang dilakukan pada 24 Januari 2022 ini akan dilaksanakan secara bertahap yang diikuti dengan pemantauan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan travel bubble dalam rangka mencegah terjadinya peningkatan penularan COVID-19.

“Rencana pembukaan Kepulauan Riau untuk wisatawan mancanegara Singapura lewat skema travel bubble telah disetujui Presiden Joko Widodo sebagai prototipe untuk memulai pembukaan ekonomi khususnya pariwisata secara terkontrol dan terbatas,” ujarnya saat Weekly Press Briefing (WPB), di Jakarta, Senin (24/1/2022).


Skema travel bubble di kawasan Batan, Bintan dengan Singapura tercantum dalam Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 3 Tahun 2022. Surat edaran ini mengatur pelaku perjalanan luar negeri dalam hal wisatawan untuk berkegiatan.

Wisatawan harus melakukan reservasi lebih dahulu di salah satu penyedia akomodasi di kawasan Lagoi dan Nongsa, dan hanya boleh beraktivitas di dalam dua Kawasan tersebut. Mengenai tes PCR, harus dilakukan maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Dalam mendukung skema travel bubble, Meparekraf Sandiaga mengatakn, Pelabuhan Bandar Bandan Telani siap menerima 500 wisatawan dari Singapura dalam delapan kali trip perjalanan setiap hari. Namun awalnya, mulai dengan satu trip sekitar 50-100 wisatawan dan akan ditingkatkan secara bertahap.

Kemenparekraf Uji Coba Travel Bubble Singapura-Indonesia.jpg

Kebijakan travel bubble ini hanya diterapkan bagi wisatawan asal Singapura ke Batam-Bintan, Indonesia. Sedangkan untuk wisatawan dari Batam yang ingin ke Singapura tentunya harus mengikuti kebijakan yang ditetapkan pemerintah Singapura.

“Kita berharap ini menjadi langkah strategis kebangkitan dan kepulihan ekonomi kita dan terbukanya lapanagan kerja,” katanya.

Travel Bubble Juga Diterapkan dalam Ajang MotoGP

Berkaitan dengan perhelatan MotoGP yang akan dilangsungkan pada Maret 2022, Menparekraf Sandiaga menyatakan bahwa ajang tersebut tetap berjalan di tengah tantangan pandemi COVID-19, namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Meskipun di tengan gelombang Omicron, Kemenparekraf menyiapakan dan menerapkan travel bubble dengan penuh kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap pembalap, kru, official, termasuk petugas-petugas yang terlibat dalam ajang MotoGP.

Konsep travel bubble yang diterapkan untuk kru, official, pembalab, serta para panitia ajang ini lebih kurangnya sama dengan travel bubble yang sedang diujicobakan untuk wisatawan asing Singapura ke Indonesia, di mana meraka akan melakukan tes PCR sebelum keberangkatan dan saat ketibaan.

Mereka hanya boleh berkegiatan di gelembung Mandalika. Sementara untuk para penonton tidak dikenakan travel bubble karena Menparekraf memprediksi sebanyak 90 persen penonton yang datang adalah wisatawan nusantara.

“Nanti teknisnya mereka tetap menggunakan surat edaran yang diterbitkan berkegiatan dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” katanya.

Baca Juga: Kemenparekraf Serah Terima Creative Hub Labuan Bajo

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Siapkan Pendampingan Pelaku UMKM Subang

Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika, Mobil Vaksinasi Geber Parekraf Hadir di NTB




Share To


rachli

rachli

Jan. 25, 2022, 1 p.m.


tags : Kemenparekraf Menparekraf Sandiaga Uno Travel Bubble


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE