
Kemenparekraf Susun Buku Panduan Komunikasi Krisis Kepariwisataan
oleh: rachli Travel Friday, 19 May 2023 9:00 a.m.
Mancode - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sedang menyusun buku panduan komunikasi krisis kepariwisataan untuk mencegah, merespons, dan memulihkan kondisi krisis kepariwisataan melalui komunikasi.
Menurut Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, pentingnya komunikasi krisis untuk memulihkan bencana, baik bencana alam ataupun non-alam. Sehingga komunikasi tersebut bisa cepat sampai kepada stakeholder pariwisata untuk segera ditetapkan kebijakan.
“Semua stakeholder ingin bangkit lebih cepat, pulih lebih kuat. Oleh karena itu peran komunikasi krisis sangat diperlukan untuk menyampaikan pesan agar bisa segera diambil kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu,” ujarnya saat kegiatan kerjanya di Bali, Selasa (16/5/2023).
Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani menjelaskan buku panduan yang sedang disusun tersebut nantinya dapat membantu pemangku kepentingan dalam penanganan krisis komunikasi.
“Selain itu panduan akan berisi daftar cek (checklist) tindakan Biro Komunikasi pada saat sebelum krisis, merespons krisis, hingga setelah krisis,” jelasnya.
Dalam upaya memaksimalkan substansi dari panduan ini, lanjutnya, maka Kemenparekraf meminta agar komunikasi antara stakeholder harus dilakukan sehingga para pemangku kepentingan terkait segera mendapatkan informasi yang akurat dan transparan saat terjadi krisis.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun turut menjelaskan, pihaknya mengapresiasi dan berterima kasih dengan diadakannya kegiatan talkshow ini yang diharapkan bisa dihimpun berbagai masukan terkait kondisi yang terjadi di lapangan yang langsung dialami oleh para pelaku pariwisata dan masyarakat saat terjadi krisis. Sehingga pemerintah bisa menganalisis dan selanjutnya bisa ditetapkan sebuah keputusan dan kebijakan yang tepat.
“Dalam penanganan krisis memang perlu sebuah sistem penyampaian informasi yang dikelola secara profesional. Karena cara penyampaian informasi yang kurang bagus akan menimbulkan bias informasi. Maka dari itu perlu dibuat panduan, pedoman atau alur yang pasti dalam penanganan informasi terkait krisis,” katanya.
Kegiatan talkshow komunikasi krisis kepariwisataan di Bali Tourism Media Center (BTMC) Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Bali dihadiri masyarakat adat Bali, Kanwil Imigrasi Bali, BPBD Bali, Dinas Perhubungan Bali, Dinas Pemajuan Masyarakat Bali, Korlantas Polda Bali, Asosiasi Pariwisata Bali, dan Kelompok Ahli Gubernur Bali.
Share To

rachli
May 19, 2023, 9 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Tiket.com Komitmen Dukung Perkembangan Desa Wisata Indonesia
36 1 week, 5 days ago
Di acara BIMP – EAGA, tiket.com membahas strategi memaksimalkan usaha para pelaku pariwisata, terutama desa wisata, di Indonesia melalui platform daring.

Tiket.com Luncurkan Fitur Tiket Multi – Currency, Dorong Transaksi Internasional
34 1 week, 1 day ago
Melalui fitur ini, customer dari berbagai belahan dunia dapat bertransaksi di tiket.com menggunakan 16 mata uang.

Liburan Singkat di Hotel Santika Premiere Bintaro
17 17 hours ago
Paket menginap di akhir pekan dibanderol Rp 780.000 (khusus untuk menginap 2 malam atau lebih).
YOU MAY ALSO LIKE
Life Style 30 May 2023 8:00 a.m.
PSSI Umumkan Harga Tiket Laga Timnas Indonesia vs Argentina
Life Style 19 May 2023 8:00 a.m.
Plaza Indonesia Gelar Next Gen Festival, Bantu Kembangkan Ide Kreatif Generasi Muda
Entertainment 15 May 2023 6:00 a.m.
Kim Young Dae Gelar Fan Meeting di Jakarta
Technology 10 May 2023 13:00 p.m.