Kemenparekraf Susun Buku Panduan Komunikasi Krisis Kepariwisataan.jpg

Kemenparekraf Susun Buku Panduan Komunikasi Krisis Kepariwisataan

oleh: rachli Travel Friday, 19 May 2023 9:00 a.m.


Mancode - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sedang menyusun buku panduan komunikasi krisis kepariwisataan untuk mencegah, merespons, dan memulihkan kondisi krisis kepariwisataan melalui komunikasi.

Menurut Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, pentingnya komunikasi krisis untuk memulihkan bencana, baik bencana alam ataupun non-alam. Sehingga komunikasi tersebut bisa cepat sampai kepada stakeholder pariwisata untuk segera ditetapkan kebijakan.

“Semua stakeholder ingin bangkit lebih cepat, pulih lebih kuat. Oleh karena itu peran komunikasi krisis sangat diperlukan untuk menyampaikan pesan agar bisa segera diambil kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu,” ujarnya saat kegiatan kerjanya di Bali, Selasa (16/5/2023).


Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani menjelaskan buku panduan yang sedang disusun tersebut nantinya dapat membantu pemangku kepentingan dalam penanganan krisis komunikasi.

“Selain itu panduan akan berisi daftar cek (checklist) tindakan Biro Komunikasi pada saat sebelum krisis, merespons krisis, hingga setelah krisis,” jelasnya.

Dalam upaya memaksimalkan substansi dari panduan ini, lanjutnya, maka Kemenparekraf meminta agar komunikasi antara stakeholder harus dilakukan sehingga para pemangku kepentingan terkait segera mendapatkan informasi yang akurat dan transparan saat terjadi krisis.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun turut menjelaskan, pihaknya mengapresiasi dan berterima kasih dengan diadakannya kegiatan talkshow ini yang diharapkan bisa dihimpun berbagai masukan terkait kondisi yang terjadi di lapangan yang langsung dialami oleh para pelaku pariwisata dan masyarakat saat terjadi krisis. Sehingga pemerintah bisa menganalisis dan selanjutnya bisa ditetapkan sebuah keputusan dan kebijakan yang tepat.

“Dalam penanganan krisis memang perlu sebuah sistem penyampaian informasi yang dikelola secara profesional. Karena cara penyampaian informasi yang kurang bagus akan menimbulkan bias informasi. Maka dari itu perlu dibuat panduan, pedoman atau alur yang pasti dalam penanganan informasi terkait krisis,” katanya.

Kegiatan talkshow komunikasi krisis kepariwisataan di Bali Tourism Media Center (BTMC) Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Bali dihadiri masyarakat adat Bali, Kanwil Imigrasi Bali, BPBD Bali, Dinas Perhubungan Bali, Dinas Pemajuan Masyarakat Bali, Korlantas Polda Bali, Asosiasi Pariwisata Bali, dan Kelompok Ahli Gubernur Bali.




Share To


rachli

rachli

May 19, 2023, 9 a.m.


tags : Kemenparekraf Menparekraf Sandiaga Uno Krisis Kepariwisataan Kepariwisataan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA