Kemenparekraf Siapkan Kebijakan Tangani Covid-19.jpg

Kemenparekraf Siapkan Kebijakan Tangani Covid-19

oleh: rachli Travel Tuesday, 24 March 2020 13:00 p.m.


Mancode - Dalam rangka menangani dan mengurangi dampak virus Corona atau Covid-19 bagi pelaku dan industri pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mempersiapkan sejumlah kebijakan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio menjelaskan, pemerintah akan segera mengumumkan langkah-langkah dan berbagai strategi untuk mengurangi dampak Covid-19.

Baca Juga: Taman Wisata Candi Berlakukan Pembatasan Jam Kunjungan

“Pemerintah akan segera umumkan langkah dan berbagai strategi untuk mengurangi dampak Covid-19 pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” jelasnya dalam keterangan resmi (23/3/2020).

Hal itu dilakukan sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) No. 4 Tahun 2020 yang terbit pada 22 Maret 2020 tentang refocussing kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Menparekraf Wishnutama juga mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala BNPB mempersiapkan kerja sama dengan jaringan hotel untuk menjadi tempat istirahat para tenaga medis dan gugus tugas di berbagai daerah.

Baca Juga: Menparekraf Respon Perkembangan Covid-19

“Agar mereka lebih dekat dengan rumah sakit yang menangani wabah dan jika diperlukan bisa dijadikan lokasi isolasi mandiri,” katanya seraya menjelaskan Kemenparekraf yang sedang melakukan koordinasi dengan penyedia transportasi untuk menyediakan sarana angkutan bagi petugas medis dan gugus tugas.

Pemerintah juga berupaya mengusulkan berbagai stimulus ekonomi agar dapat meringankan beban dan biaya untuk para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga dapat mengurangi potensi pemutusan hak kerja (PHK) karyawan di sektor tersebut.

Pasalnya, presiden sudah menekankan pemerintah menaruh perhatian yang besar pada sektor pariwisata sebagai salah satu leading sector perekonomian nasional. Namun, untuk menangani dampak Covid-19, diperlukan kerja sama dari berbagai pihak.

Baca Juga: Penundaan Rencana Insentif dan Promosi Kemenparekraf

Menparekraf Wishnutama turut mengajak pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk saling membantu, khususnya untuk pelaku sektor ekonomi kreatif, seperti televisi, film, konten kreator, hingga berbagai komunitas dan jejaring kreatif di berbagai daerah dalam mensosialisasikan langkah menghadapi Covid-19.

“Kami telah melihat banyak inisiatif yang luar biasa dari pelaku kreatif di Indonesia. Untuk itu saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih. Peran dan pertisipasi akan sangat membantu usaha pemerintah dalam mengedukasi masyarakat,” jelasnya.

Menurut Menparekraf Wishnutama, semakin cepat semua pihak bersama-sama menjalankan imbauan pemerintah. Semakin cepat penanngannanya secara bersama-sama, akan semakin cepat pula mengakhiri wabah Covid-19.


Share To


rachli

rachli

March 24, 2020, 1:01 p.m.


tags : Menparekraf Wishnutama Kusubandio Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ekonomi kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Covid-19 Kemenparekraf virus Corona Pelaku Pariwisata BNPB Intruksi Presiden


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like