Kemenparekraf Himbau Langkah Antisipatif Terkait Covid-19.jpg

Kemenparekraf Himbau Langkah Antisipatif Terkait Covid-19

oleh: rachli Travel Tuesday, 17 March 2020 14:00 p.m.


Mancode - Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia membuat sejumlah pihak mengambil langkah konkrit. Seperti yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus melakukan pemantauan dan koordinasi akan hal ini.

Dalam pernyataan resmi yang diterima Mancode (17/3/2020), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio mengatakan, pihaknya memprioritaskan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat dari penyebaran wabah Covid-19.

Baca Juga: Virgin Atlantic Memotong 85% Penerbangannya karena Corona

Pemerintah terus berupaya untuk membuat kebijakan yang dapat menopang industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Menparekraf Wishnutama Kusubandio berharap langkah antisipatif juga bisa diambil pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya.

“Untuk sementara agar bisa membatasi kegiatan seperti promosi pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Menparekraf Wishnutama Kusubandio.

Menparekraf Wishnutama turut menghimbau para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif tidak menyelenggarakan pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran (MICE) hingga wabah pandemi Covid-19 berlalu sesuai instruksi dari pemerintah.

Baca Juga: Menparekraf Respon Perkembangan Covid-19

Meskipun demikian, kalaupun operasional (di lokasi wisata) masih tetap berjalan, Menparekraf Wishnutama berpesan agar pihak terkait memperhatikan secara baik waktu operasional, jumlah yang berkunjung, dan pengetatan pintu masuk berupa pengecekan kesehatan.

Hal tersebut juga termasuk di antaranya menjaga sanitasi dengan menyediakan akses ke sarana cuci tangan berupa air mengalir dan sabun antiseptik, menyediakan tisu atau masker, dan melakukan disinfeksi terhadap fasilitas yang ada, serta diadakan alat pengukur suhu tubuh.

“Industri harus bisa memantau kesehatan lingkungan dan karyawan dengan baik. Serta selalu memantau perkembangan terkini dan berkoordinasi dengan pihak atau lembaga terkait,” katanya.

Baca Juga: Pria di Jepang Dinyatakan Positif Lagi setelah Sembuh dari Corona

Mengingat situasi yang berkembang saat ini, penting bagi masyarakat untuk benar-benar membatasi kegiatan. Seperti arahan Presiden Joko Widodo yang telah menjadi kebijakan nasional agar masyarakat bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, dan beribadah di rumah.

Menparekraf Wishnutama juga mengatakan, di situasi saat ini pihaknya akan memanfaatkan waktu untuk membuat perencanaan agar pada saatnya nanti dapat diimplementasikan untuk mendukung kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif secara optimal.

Sebelumnya, pemerintah telah menyiapkan berbagai kebijakan dalam stimulus ekonomi kedua untuk menangani dampak Covid-19, baik stimulus fiskal dan non-fiskal, serta stimulus sektor keuangan dalam rangka penanganan yang nantinya bisa dimanfaatkan pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif dalam mendongkrak kegiatan paska Covid-19.

“Dengan kesadaran dan upaya bersama kita akan bisa menghadapi virus Corona. Semua bisa, dan harus mengambil peran masing-masing,” tutur Menparekraf Wishnutama.


Share To


rachli

rachli

March 17, 2020, 2:43 p.m.


tags : industri pariwisata ekonomi kreatif Wishnutama Kusubandio Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Covid-19 Virus Corona Kemenparekraf


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 19 September 2020 9:00 a.m.

Tandai 17 Tahun Berkarya, D’Masiv Rilis Album Terbaru

Life Style 18 September 2020 9:00 a.m.

NGK Jadi Pemasok Busi Resmi Motor Trial Sherco

History 18 September 2020 7:00 a.m.

Sejarah Panjang Peringatan Hari Palang Merah Indonesia

Entertainment 17 September 2020 13:00 p.m.

Marina Kaye Gandeng Produser BTS dan Eyelar dalam 'Double Life'