Kemenparekraf Fasilitasi Tenaga Medis dan Gugus Tugas Covid-19.jpg

Kemenparekraf Fasilitasi Tenaga Medis Covid-19

oleh: rachli Travel Monday, 30 March 2020 7:00 a.m.


Mancode - Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia yang semakin meluas, membuat sejumlah pihak tidak berdiam diri. Tidak sedikit di antara mereka yang memberikan beragam bantuan guna mengurangi dampak Covid-19, terutama kepada tenaga medis dan gugus tugas.

Salah satunya, seperti Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif yang sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan Accor Group untuk menyediakan tempat istirahat bagi tenaga medis dan Gugus Tugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca Juga: Menparekraf Respon Perkembangan Covid-19

Secara resmi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio menyerahkan pemanfaatan sarana akomodasi (hotel) dan transportasi (Bluebird, Antavaya, dan Whitehorse) kepada tenaga medis dan gugus tugas yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

“Kerja sama ini untuk menjadi tempat tinggal sementara tenaga medis dan gugus tugas di berbagai daerah,” katanya di Gedung BNPB (28/3/2020), seraya mengatakan teknis pemanfaatan akomodasi dan transportasi di bawah koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 BNPB.

Menparekraf Wishnutama juga menjelaskan, jaringan hotel yang digunakan untuk menginap tenaga medis dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 BNPB dimaksudkan agar mereka lebih dekat dengan rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

Menparekraf Wishnutama Beri Arahan Di Gedung BNPB.jpg

Di tahap awal, Kemenparekraf/Baparekraf bersama Accor Group menyediakan 615 kamar yang disesuaikan dengan kebutuhan empat rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta, yaitu RSCM, RSPAD, RS Sulianti Saroso, dan RS Persahabatan.

Baca Juga: Kemenparekraf Siapkan Kebijakan Tangani Covid-19

“Dengan jumlah kamar itu bisa menanggung akomodasi 1.100 tenaga medis dengan skema mix twin dan single room,” jelas Menparekraf Wishnutama.

Dalam kerja sama ini, pihak hotel akan mengikuti Standard Operasional Prosedure (SOP) berkaitan dengan pelayanan tamu sebagaimana yang telah ditetapkan oleh kementerian terkait penanganan Covid-19.

SOP itu di antaranya penyemprotan desinfektan secara rutin, terutama di pintu masuk hotel, kegiatan sanitasi, pengaturan physicial distancing di seluruh area hotel, termasuk penggunaan lift, meminimalkan interaksi pelayanan secara langsung dan lainnya yang telah direkomendasikan Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Taman Wisata Candi Berlakukan Pembatasan Jam Kunjungan

Seluruh tenaga medis yang menginap dan para karyawan hotel akan melewati beberapa tahap antisipasi, seperti cek suhu badan, pintu masuk disinfektan (disinfectant gate), dan pemakaian alat pelindung diri sebagai bentuk protokol wajib dalam mengatasi penularan Covid-19.

Ke depannya, Kemenparekraf/Baparekraf juga membuka kerja sama dengan hotel lainnya, yang tentunya dengan prosedur dan persyaratan harus dipenuhi. Di antaranya hotel berada di sekitar rumah sakit rujukan dan pihak hotel tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja terhadap karyawan terkait situasi pandemi Covid-19 masih berlangsung.


Share To


rachli

rachli

March 30, 2020, 7 a.m.


tags : Covid-19 Kemenparekraf Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif virus Corona gugus tugas tenaga medis Menparekraf Wishnutama Baparekraf BNPB


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 4 August 2020 7:00 a.m.

Cara Kargo Tech Bantu Tingkatkan Bisnis Mitranya

Technology 3 August 2020 16:00 p.m.

Asus ROG Phone 3 Hadirkan Pengalaman Gaming Maksimal

Technology 3 August 2020 15:00 p.m.

Qualcomm Rilis Teknologi Quick Charge 5

Entertainment 3 August 2020 14:00 p.m.

Selamat Ulang Tahun Vokalis Metallica, James Hetfield