Masjid Al Aqsa.jpg

Keistimewaan Masjid Al Aqsa dalam Sejarah Islam

oleh: galih History Tuesday, 11 May 2021 10:00 a.m.


Mancode – Sudah dua malam Masjid Al Aqsa, Palestina diserang polisi Israel. Lebih dari 200 orang Palestina terluka akibat tindakan polisi Israel tersebut. Aparat menindak massa dengan peluru karet, granat kejut, dan pemukulan, ketika para jamaah Palestina tengah melakukan ibadah salat tarawih.

Banyak pihak mengecam tindakan polisi Israel ini. Pasalnya, pengusiran paksa dan tindakan kekerasan tersebut dianggap bertentangan dengan berbagai resolusi Dewan Keamanan PBB, hukum humaniter internasional.

Terlebih, serangan tersebut dilakukan di salah satu situs suci dari tiga agama. Terutama bagi umat Islam, Masjid Al Aqsa punya keistimewaan karena menjadi sejarah penting perkembangan agama Islam. Lalu, apa saja keistimewaan masjid Al Aqsa? Berikut sejumlah keistimewaan Masjid Al Aqsa yang berhasil Mancode rangkum dari berbagai sumber.


Kiblat Pertama Umat Muslim

Salah satu keistimewaan Masjid Al Aqsa adalah merupakan kiblat pertama bagi umat muslim dalam melaksanakan salat. Sebelum hijrah ke Madinah, konon Nabi Muhammad SAW melaksanakan salat dengan menghadap ke Masjid Al Aqsa.

Kemudian, setelah melakukan perjalanan Isra Miraj, Rasulullah mendapatkan wahyu berupa perintah salat lima waktu yang menghadap ke Ka’bah Mekah. Ini sesuai dengan dalam QS Al Baqarah ayat 44. Sejak peristiwa tersebut, Rasulullah mulai berdakwah untuk menyerukan perintah salat lima waktu menghadap ke Ka’bah kepada para sahabat dan pengikutnya.

Masjid Kedua yang Diletakkan Allah di Muka Bumi

Keistimewaan selanjutnya Masjid Al Aqsa adalah sebagai masjid kedua yang diletakkan Allah SWT di muka bumi. Seperti diketahui, Masjid Al Aqsa menjadi masjid kedua yang ada di kehidupan manusia setelah Masjidil Haram yang berada di Mekah.

Selain itu, diketahui Masjid Al Aqsa telah ada sejak Nabi Adam. Kemudian, masjid ini dibangun turun menurun oleh nabi-nabi setelahnya, khususnya nabi yang diutus oleh kaum Bani Israil. Nabi Yaqub bin Ishaq, kemudian dilanjutkan dengan keturunan berikutnya, yakni Nabi Daud. Dan kembali diperbarui oleh putra Nabi Daud, yaitu Nabi Sulaiman.

Keutamaan Tersendiri saat Salat di Masjid Al Aqsa

Kemudian, keistimewaan berikutnya adalah salat di Masjid Al Aqsa mempunyai keutamaan tersendiri. Di mana mengerjakan salat di masjid ini mempunyai keutamaan 1.000 kali lipat dibanding salat di masjid lainnya. Hal ini sebagaimana dalam Hadist Riwayat Ahmad.

Namun, angka tersebut masih perdebatan. Di mana terdapat hadist lain yang mengatakan bahwa mengerjakan salat di Masjid Al Aqsa mempunyai keutamaan 500 kali lipat dibanding dengan masjid lainnya.

Tempat Singgah Rasulullah dalam Perjalanan Isra Mi'raj

Masjid Al Aqsa juga punya keistimewaan lainnya sebagai tempat Rasulullah bersinggah setelah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram, Mekah. Di masjid ini, Rasulullah diberikan wahyu yang luar biasa oleh Allah SWT, yaitu perintah melaksanakan salat lima waktu. Di sini pula, Allah mengangkat Nabi Muhammad SAW ke langit ke tujuh atau Sidratul Muntaha untuk menunjukan wahyu tersebut kepadanya.

Tempat Ziarah yang Dianjurkan Rasulullah

Masjid Al Aqsa juga punya keistimewaan lainnya sebagai tempat ziarah yang dianjurkan Rasulullah. Dalam Hadist Riwayat Muslim, Rasulullah bersabda bahwa Masjid Al Aqsha menjadi tempat yang perlu dikunjungi setelah Masjidil Haram di Mekah, Masjid An Nabawi di Madinah.

"Tidak dikerahkan melakukan suatu perjalanan kecuali menuju tiga Masjid, yaitu Masjid Al-Haram (di Mekkah), dan Masjidku (Masjid An-Nabawi di Madinah), dan Masjid Al-Aqsha (di Palestina)".

Berdasarkan hadist ini, tidak heran jika banyak umat muslim menginginkan untuk datang dan melaksanakan ibadah langsung di Masjid Al Aqsa. Ini pula yang membuat negara Palestina, tempat berdirinya Masjid Al Aqha menjadi negara yang sering dikunjungi sebagai wisata religi, khususnya bagi umat muslim.

Tempat Permohonan Nabi Sulaiman

Keistimewaan Masjid Al Aqsa terakhir adalah menjadi salah satu permohonan Nabi Sulaiman, yang turu memperbaiki dan memperbarui bangunan masjid bersejarah ini. Dikatakan Nabi Sulaimen pernah berdoa kepada Allah dan mengajukan tiga permohonan, yaitu meminta kepada Allah agar (diberi taufiq) dalam memutuskan hukum yang menepati hukum-Nya, lalu dikabulkan; dan meminta kepada Allah dianugerahi kerajaan yang tidak patut diberikan kepada seseorang setelahnya, lalu dikabulkan; serta memohon kepada Allah bila selesai membangun masjid, agar tidak ada seorang pun yang berkeinginan shalat di situ, kecuali agar dikeluarkan kesalahannya seperti hari ia dilahirkan oleh ibunya.

Baca Juga: Melihat Wajah Baru Masjid Istiqlal

Baca Juga: Momen Bersejarah Adzan Pertama Kali di Hagia Sophia

Baca Juga: Masjid Katedral di Rusia Izinkan Pengunjung Masuk Pakai Sepatu




Share To


galih

galih

May 11, 2021, 10 a.m.


tags : Polisi Israel Keistimewaan Masjid Al Aqsa Sejarah Islam History Masjid Al Aqsa Warga Palestina


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 7 September 2021 14:00 p.m.

Penyanyi Senior Koes Hendratmo Tutup Usia

Entertainment 31 August 2021 13:00 p.m.

Mantap! Debut Solo Lisa BLACKPINK Raih Rekor