Keindahan Danau Toba Pukau Raja dan Ratu Belanda.jpg

Keindahan Danau Toba Pukau Raja dan Ratu Belanda

oleh: rachli Travel Tuesday, 17 March 2020 7:00 a.m.


Mancode - Usai melakukan rangkaian kegiatan kenegaraannya beberapa waktu lalu bersama Pemerintah Indonesia, Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti melanjutkan lawatannya di hari terakhir dengan mengunjungi Danau Toba, Sumatera Utara.

Baca Juga: Ajang Geopark Run Series 2020 Kejar Pengakuan UNESCO

Pada kesempatan saat itu, Raja dan Ratu Belanda beserta rombongannya sempat singgah ke sejumlah destinasi. Setelah sehari sebelumnya, Raja dan Ratu Belanda sempat mengunjungi Keraton Yogyakarta dan Candi Prambanan.

Saat mendampingi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio mengatakan bahwa keduanya sangat kagum dan menikmati kebudayaan serta keindahan alam Indonesia.

Raja dan Ratu Belanda disambut Tarian Tor Tor Sawan.jpg

“Mereka kagum dan sangat menikmati kebudayaan yang ada, serta keindahan alam Indonesia. Di Danau Toba bahkan sempat menyebrang ke Samosir,” katanya dalam keterangan resminya (12/3/2020).

Melalui kunjungan ini, diharapkan bisa semakin meningkatkan hubungan kerja sama antar kedua negara, termasuk dalam bidang ekonomi kreatif. Seperti diketahui, pemerintah dalam hal ini juga tengah mendorong sektor ekonomi kreatif yang memiliki potensi besar dalam menunjang perekonomian Indonesia ke depan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Desa Wisata di Indonesia

Terlebih Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) telah menyetujui tahun 2021 sebagai International Year of Creative Economy for Sustainable Development, di mana Indonesia menjadi inisiator dalam resolusi tersebut. Dalam kunjungan ke Danau Toba, Raja dan Ratu Belanda juga didampingi oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Direktur Utama (Dirut) BPODT Arie Prasetyo.

Raja dan Ratu Belanda kenakan kaun Ulos.jpg

Di lokasi ini rombongan menikmati lansekap berlatar belakang Danau Toba dengan Pulau Samosir terlihat di kejauhan. Di kesempatan ini pula mereka mendapat penjelasan tentang asal-usul dan sejarah Danau Toba, danau vulkanik terbesar di dunia dan danau terbesar di Indonesia. Danau Toba juga telah didaftarkan sebagai warisan dunia dari UNESCO.

Baca Juga: 5 Mitos Tempat Wisata Populer di Indonesia

Setelah itu keduanya melanjutkan kunjungan ke Dusun Siambat Dalan, Kecamatan Tampahan. Di sana, mereka melihat rumah adat Batak yang sudah berdiri sejak 310 tahun lalu. Keduanya disambut dengan suguhan Tari Tor-Tor serta disematkan kain ulos yang kemudian dikenakan keduanya secara bersama. Mereka juga berinteraksi dengan tokoh masyarakat Desa Siambat Dalan.

Sebelum melanjutkan perjalanan menuju Pulau Samosir melalui Pelabuhan Balige, Raja dan Ratu Belanda menyempatkan diri mendatangi Institut Teknologi DEL. Di Pulau Samosir, Raja dan Ratu Belanda mengunjungi Eco Village Samosir dan singgah di Hotel Inna Parapat, sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke Belanda melalui Bandara Internasional Kualanamu.


Share To


rachli

rachli

March 17, 2020, 7 a.m.


tags : Menparekraf Wishnutama Kusubandio Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ratu Belanda Maxima Zorreguieta Cerruti Raja dan Ratu Belanda Danau Toba Raja Belanda Willem-Alexander


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun