Kehadiran Electric Vehicle Bantu Wujudkan Net Zero Emission di 2060.jpg

Kehadiran Electric Vehicle Bantu Wujudkan Net Zero Emission di 2060

oleh: rachli Life Style Wednesday, 27 July 2022 15:00 p.m.


Mancode - Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia telah mendapat tempat di hati masyarakat. Hal itu dapat dilihat dari selain banyaknya produsen kendaraan listrik yang memamerkan dan memasok produknya, juga banyak inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia terhadap kendaraan listrik.

Menurut Staf Khusus Menteri ESDM Republik Indonesia Ir. Agus Tjahjana Wirakusumah, pentingnya transisi energi menuju energi yang berkelanjutan, di mana salah satu yang sedang menjadi perhatian adalah electric vehicle (EV). Berharap dari Peta Jalan Transisi Energi yang tersusun dapat terlaksana.

“Di mana kendaraan listrik pada 2025 sudah ada 400.000 dan 1,7 juta sepeda motor, dan sudah tercipta komitmen serta kerjasama antara pemerintah, masyarakat dan swasta untuk mewujudkan Net Zero Emission pada 2060,” paparnya melalui keterangan resmi yang diterima, Selasa (26/7/2022).


Terkait pentingnya kehadiran kendaraan listrik di Indonesia, Direktur Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Dr.Ir. Taufiek Bawazier, M.SI. menanggapi, Indonesia sudah siap untuk masuk ke kendaraan listrik, semua regulasi sudah siap.

Target 400.000 kendaraan listrik sudah menjadi road map dari sisi pemerintah, baik kendaraan roda empat dan dua. Hal itu menjadikan industri otomotif menjadi sektor strategis dan memiliki peran penting bagi kesejahteraan masyarakat dan mendukung ekonomi nasional.

Dari sisi akademisi, Sekertaris PUIPT Teknologi Penyimpanan Energi Listrik, Prof. Muhammad Nizam menyampaikan, bahwa baterai sebagai salah satu komponen utama kendaraan listrik tetap diperlukan standarisasi sesuai dengan kebijakan yang ada seperti ISO 18243-2017.

“Sehingga ini menjadi pekerjaan rumah bersama agar dikemudian hari Indonesia dapat menjadi produsen baterai nasional,” tutupnya.

Perkembangan kendaraan listrik juga tidak lepas dari isu yang beredar di masyarakat, terkait keselamatan, kemudahan pengisian daya, dan nilai jual paksa pengguna. Menurut Ketua Umum PERIKLINDO, Jenderal TNI Dr. H. Moeldoko, S.I.P, masyarakat tidak perlu resah.

“Mobil listrik adalah sebuah jawaban agar kita bisa lompat lebih jauh. Terkait isu yangberedar di masyarakat, tidak perlu diresahkan. Karena mobil listrik terbukti secara teknologi bahwa kendaraan listrik sangat aman,” katanya.

Moeldoko juga menyarakan agar masyarakat bermigrasi dari mobil konvensional ke kendaraan listrik dengan dua cara, yaitu transisi kebiasaan dari membeli mobil konvensional menuju mobil listrik, dan selanjutnya yang sudah ada diganti atau dikonversi menjadi mobil atau kendaraan listrik.

Baca Juga: Kementerian Perindustrian Dukung Gelaran PEVS 2022

Baca Juga: PEVS 2022 Hadirkan Ragam Produk dan Program Pendukung Menarik

Baca Juga: Ajang PEVS 2022 Bisa Menjadi Wadah Edukasi dan Literasi Kendaraan Listrik




Share To


rachli

rachli

July 27, 2022, 3 p.m.


tags : PERIKLINDO Electric Vehicle Show 2022 PERIKLINDO Electric Vehicle, PEVS 2022 Net Zero Emission Electric Vehicle


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 28 September 2022 14:00 p.m.

Thito Tangguh Bangkit dengan 'Tak Berdaya'