Lintah-Penghisap-Darah.jpg

Ilmuwan: Lintah Bisa Cegah Virus Corona

oleh: inggil Life Style Monday, 23 March 2020 16:00 p.m.


Mancode.id - Virus corona telah memakan banyak korban jiwa dari berbagai negara. Segala pencegahan pun telah dilakukan mulai dari lockdown hingga tes massal agar tidak semakin menyebar. Memang, hingga saat ini belum ada vaksin untuk mengatasi virus satu ini. Oleh karena itu, banyak para ilmuwan yang melakukan penelitian virus corona.

Salah satu penelitian yang dilakukan ialah dengan ujicoba lintah. Binatang penghisap darah ini diklaim bisa menyelamatkan dunia dari wabah penyakit corona. Hal itu diungkapkan oleh ilmuwan dari Universitas East Anglia dengan menggunakan metode bioteknologi terbaru dalam melakukan penelitian tersebut.

Dipimpin oleh Profesor Doughlas Yu yang telah meneliti 30 ribu lintah dalam lima tahun untuk mencari tahu keberadaan hewan liar yang merupakan tempat virus berkembang biak. Kemudian, virus itu bisa berpindah ke hewan atau manusia.

Menurut Yu, saat lintah menghisap darah hewan liar dapat mengetahui kondisi hewan tersebut. Dari darah itulah Yu dapat mengetahui kondisi dari hewan-hewan liar tersebut. Prosesnya sendiri ialah dengan mengekstraksi DNA lintah termasuk darah yang dihisapnya. Kemudian, dapat diketahui virus apa yang terdapat di dalam tubuh hewan itu.

“Tim kami siap untuk hal itu. Kami sudah menyediakan metodelogi untuk mengantisipasinya. Metode yang sama juga bisa diterapkan untuk mendeteksi satwa liar (pembawa virus),” ujar Yu dilansir South China Morning Post.

Dari penelitian tersebut Yu pun yakin jika lintah dapat mencegah adanya virus lainnya seperti corona di masa depan. Dengan penelitian ini, manusia bisa membuat serangkaian antisipasi mulai dari proses pencegahan hingga mencari antivirus agar wabah virus dari hewan liar tak menular ke manusia.

Baca Juga: Pria di Jepang Dinyatakan Positif Lagi setelah Sembuh dari Corona

Baca Juga: Hadapi Virus Corona Bupati Banyumas Bikin Hand Sanitizer dari CIU

Baca Juga: Generali Berikan Pelayanan Klaim Virus Corona


Share To


inggil

inggil

March 23, 2020, 4 p.m.


tags : Pencegahan Corona Lintah Virus Corona Corona Pandemi virus


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Shopping 24 September 2020 15:00 p.m.

Bantu Brand Lokal, Folkaland Gelar Virtual Live Shopping

History 24 September 2020 10:00 a.m.

Sejarah di Balik Peringatan Hari Tani Nasional