Kaspersky Temukan 400.000 File Berbahaya di 2022.jpg

Kaspersky Temukan 400.000 File Berbahaya di 2022

oleh: rachli Technology Wednesday, 7 December 2022 10:00 a.m.


Mancode - Sistem deteksi Kaspersky menemukan rata-rata 400.000 file berbahaya baru setiap hari selama 10 bulan terakhir di 2022. Sebagai perbandingan, sekitar 380.000 file itu terdeteksi setiap hari pada 2021, dan ini menunjukkan peningkatan sebesar lima persen.

Secara total, sistem Kaspersky mendeteksi sekitar 122 juta file berbahaya pada 2022, enam juta lebih banyak dari tahun lalu. Peneliti Kaspersky menemukan bahwa pangsa ransomware yang ditemui setiap hari meningkat sebesar 181 persen dibandingkan 2021, mencapai 9.500 file enkripsi per hari.

Di antara ancaman lainnya, solusi keamanan Kaspersky juga mendeteksi pertumbuhan 142 persen pangsa Downloaders, program berbahaya yang menginstal versi baru malware atau aplikasi yang tidak diinginkan pada perangkat yang terinfeksi.


Windows terus menjadi target utama di antara semua platform tempat keluarga ancaman tersebar. Pada 2022, pakar Kaspersky menemukan rata-rata hampir 320.000 file berbahaya menyerang perangkat Windows. Dari semua penyebaran file berbahaya, 85 persen di antaranya menargetkan Windows.

Namun, Windows bukan satu-satunya platform yang populer bagi penyerang. Tahun ini, sistem deteksi Kaspersky juga menemukan bahwa pangsa file berbahaya dalam format Microsoft Office yang didistribusikan setiap hari tumbuh menjadi dua kali lipat (pertumbuhan 236 persen).

Pada 2022, pakar Kaspersky juga mengidentifikasi peningkatan 10 persen dalam pangsa file berbahaya yang menargetkan platform Android setiap hari. Jadi, selain file Windows dan Office, pengguna Android juga menjadi salah satu target favorit para penyerang online.

Kampanye 2022 Harly dan Triada Trojan yang terkenal dan telah menyergap ribuan pengguna Android di seluruh dunia adalah contoh utama dari tren ini.

“Mengingat begitu cepatnya lanskap ancaman memperluas jangkauannya dan jumlah perangkat baru yang muncul dalam kehidupan sehari-hari pengguna, sangat mungkin tahun depan kami tidak lagi mendeteksi 400.000 file berbahaya per hari, melainkan setengah juta,” ucap Vladimir Kuskov, kepala penelitian anti-malware di Kaspersky belum lama ini.

Lebih berbahayanya lagui, lanjutnya, adalah dengan pengembangan Malware-as-a-Service, setiap penjahat dunia maya pemula sekarang dapat menyerang perangkat tanpa pengetahuan teknis dalam pemrograman.

Menjadi penjahat dunia maya tidak pernah semudah ini sebelumnya. Sangat penting tidak hanya untuk organisasi besar tetapi juga para pengguna biasa untuk menggunakan solusi keamanan yang andal, sehingga menghindari menjadi korban para pelaku kejahatan siber tersebut.

“Pakar Kaspersky, pada gilirannya, akan melakukan yang terbaik untuk melindungi dari ancaman ini dan menyelamatkan pengguna dari kerugian sehingga pengalaman online sehari-hari mereka dapat benar-benar aman,” tutup Vladimir Kuskov.

Baca Juga: 3 Hal Ini Diprediksi Bakal Jadi Tren di Instagram pada 2023

Baca Juga: Meta Rilis Daftar Tren yang Diminati Gen Z di Instagram Selama 2022

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Xiaomi 12T di Indonesia




Share To


rachli

rachli

Dec. 7, 2022, 10 a.m.


tags : File Berbahaya Kaspersky 2022


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA