Kartika Siti Aminah-1.jpg

Kartika Siti Aminah, Pelatih Wanita Pertama dalam Sejarah IBL

oleh: galih History Thursday, 10 February 2022 11:00 a.m.


Mancode – Kompetisi liga basket tertinggi di Indonesia, Indonesia Basketball League (IBL) mencatatkan sejarah baru. Untuk pertama kalinya, ada pelatih wanita yang menangani klub basket IBL.

Dia adalah Kartika Siti Aminah. Wanita yang akrab disapa Ika ini dipromosikan sebagai pelatih kepala Bima Perkasa. Tepat pada 30 Januari 2022, Ika melakukan debut ketika timnya melawan klub IBL lainnya, Prawira Bandung.

Yang menarik, Ika bertemu dengan pelatih Prawira yang ditukangi David Singleton. Keduanya pernah ‘berpasangan’ dalam klub Bima Perkasa pada IBL 2021. Kala itu, David Singleton sebagai pelatih kepala, sedangkan Ika sebagai asistennya.


Kartika Siti Aminah-2.jpg

Debut Ika sebagai pelatih kepala di Bima Perkasa memang tidak berjalan mulus. Tim asuhannya kalah saat melawan Prawira Bandung dengan skor 53-75. Namun, pada laga selanjutnya melawan klub basket milik Raffi Ahmad RANS PIK Basketball, Bima Perkasa berhasil menang dengan skor 57-53.

Melansir mainbasket.com, Ika sebenarnya sudah lama menggeluti dunia basket. Dia pernah bermain di level profesional Kompetisi Bola Basket Wanita (Kobanita) bersama Rajawali Sakti. “Setelah saya pensiun pada sekitar 2008, saya baru memulai karier sebagai kepelatihan,” kata Ika.

Dia memulai kariernya sebagai pelatih basket saat menukangi SMA Frateran Surabaya. Setelah itu, dia mulai melanglang buana. Dia sempat melatih tim putri bola basket Universitas Airlangga, PON Jawa Timur, Universitas Gadjah Mada, Fever dan saat ini merapat ke Bima Perkasa.

Ketertarikan Bima Perkasa mempercayai Ika sebagai juru taktik bukan tanpa alasan. Manajemen Bima Perkasa melihat pengalaman Ika menahkodai sejumlah tim dan telah banyak belajar tentang basket yang lebih modern.

“Manajemen juga melihat saya kan sudah punya pengalaman dengan Fever, berada satu atap dengan CLS Knights. Jadi, saya diharapkan mampu membantu Bima Perkasa untuk menjalankan tim ini lebih profesional lagi,” terangnya.

Sukses coach Ika!

Baca Juga: Jadi Sponsor IBL, Greenfields Pasok Kebutuhan Susu Segar untuk Pebasket

Baca Juga: KFC dan DBL Bikin Wadah Talenta Pebasket Muda Indonesia




Share To


galih

galih

Feb. 10, 2022, 11 a.m.


tags : IBL 2022 History Pelatih Wanita IBL Bola Basket Indonesia Sejarah IBL Kartika Siti Aminah


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE