Paolo-Maldini.jpg

Karir Sang Maestro Sepak Bola, Paolo Maldini

oleh: inggil History Friday, 26 June 2020 15:00 p.m.


Mancode - Tepat hari ini pada 58 tahun lalu atau 26 Juni 1968 lahirlah seorang bayi putra yang menjadi salah satu legenda sepakbola dunia dan Italia. Namanya adalah Paolo Cesare Maldini, atau dikenal dengan nama Paolo Maldini. Berposisi sebagai pemain bertahan, dirinya menghabiskan karir sepakbola hanya dengan satu klub, AC Milan selama 25 tahun sebelum pensiun pada umur 41 tahun di tahun 2009.

Bersama AC Milan, Paolo Maldini sukses menjelma menjadi bek paling ditakuti oleh lawan-lawannya. Banyak raihan trofi yang ia dapat bersama klub dan timnas. Total sudah ada 25 piala yang ia raih bersama AC Milan, yakni 5 kali Liga Champions UEFA, 7 kali Serie A, 1 Piala Italia, 5 kali Piala Super Italia, 4 kali Piala Super UEFA, 2 kali Piala Interkonintal, dan 1 kali Piala Dunia Antarklub FIFA.

Legenda-Paolo-Maldini.jpg

Pertandingan pertama Paolo Maldini bersama AC Milan dimulai pada 20 Januari 1985 dengan menggantikan Sergio Battistini di pertandingan melawan Udinesse, saat itu dirinya masih berusia 16 tahun. Di bawah arahan Nils Liedholm, tidak butuh waktu lama bagi Paolo Maldini untuk mendapat tempat utama di klub. Pada musim keduanya di AC Milan, bek berbadan besar ini berhasil meraih skuad utama.

Tiga tahun menjalani karir profesionalnya sebagai pemain sepakbola, II Capitano ini memenangi scudetto pertamanya pada 1988. Di tahun yang sama, ia juga memainkan debutnya untuk timnas Italia.

Karir-Paolo-Maldini.jpg

Sebagai pemain yang berposisi sebagai bek, Paolo Maldini dirasa menjadi pemain yang lengkap di eranya. Bahkan, saya rasa hingga saat ini tidak ada bek manapun yang menyamai gaya bermain sang legenda hidup Italia tersebut. Pria yang kini berusia 58 tahun ini, saat bermain di lapangan memiliki teknik mumpuni, stamina bagus, ketenangan, dan bertahan. Tak jarang pula dirinya membantu serangan dengan cepat dari sisi kiri.

Kehebatan Paolo Maldini sebagai seorang pemain bertahan membuatnya menjadi bek pertama yang bertengger di posisi kedua penghargaaan Pemain Terbaik FIFA pada 1995.

Paolo-Maldini-AC-Milan.jpg

Pensiunnya Maldini pada akhir musim Serie A 2008-2009 saat pertandingan terakhirnya melawan Fiorentina yang dimenangkan oleh AC Milan 2-0. Demi menghormati sumbangsih Maldini di level klub, AC Milan pun memutuskan untuk memensiunkan nomor punggung 3. Nantinya, nomor tersebut hanya bisa kembali digunakan oleh keturunan Maldini.

Baca Juga: Daniel Maldini, Sang Penerus Dinasti Keluarga AC Milan

Baca Juga: Bambang Pamungkas Pesepak Bola yang Punya Banyak Prestasi

Baca Juga: Selamat Ulang Tahun ke-35, Cristiano Ronaldo!


Share To


inggil

inggil

June 26, 2020, 3 p.m.


tags : Karir Paolo Maldini AC Milan Paolo Maldini Legenda AC Milan Paolo Maldini


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like