
Kampanye #SatuDalamKopi, Bantu Industri Kopi Lokal
oleh: rachli Travel Thursday, 23 April 2020 9:00 a.m.
Mancode - Sebagai upaya memajukan sekaligus menggerakan roda perekonomian industri kopi Nusantara di tengah arus gelombang pandemi virus Corona atau Covid-19 yang kian masif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggulirkan sebuah kampanye dukungan.
Kampanye bertajuk #SatuDalamKopi yang diinisiasi bersama Kementerian Perindustrian (Kemenprin) dan didukung Tokopedia ini melibatkan hampir 1.000 pelaku industri kopi dari berbagai wilayah. Kampanye ini berlangsung pada 20-26 April 2020.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengatakan, dalam situasi seperti ini semua pihak diharapkan dapat menciptakan ekosistem yang kondusif guna mendukung industri lokal agar produknya bisa menjadi pemimpin di pasarnya sendiri.
“Banyak aspek yang harus kita perkuat untuk dapat memastikan produk lokal berkompetisi di era sekarang, sekaligus menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi (22/4/2020).
Sementara itu, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, di tengah pandemi Covid-19, penting sekali agar seluruh pihak dapat menyatukan upaya, baik pemerintah, pelaku industri, perusahaan teknologi Indonesia, dan masyarakat.
Saat ini, terdapat 1.204 industri kecil dan menengah (IKM) pelaku usaha kopi yang mengolah biji kopi lokal dari para petani di berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu, kampanye ini merupakan contoh nyata bagaimana mendorong pemasaran dan meningkatkan produk kopi.
“Untuk mendorong pemasaran produk kopi lokal melalui kafe, warung kopi, dan masyarakat luas yang pada gilirannya akan berdampak pada geliat industri kopi di daerah dan seluruh rantai penawarannya sehingga kegiatan ekonomi tetap berjalan di tengah pandemi,” katanya.
Adapun SEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya menyampaikan, inisiatif ini sejalan dengan salah satu prioritas utama Tokopedia pada kampanye #JagaEkonomiIndonesia, yakni mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia.
“Dan memastikan lapangan pekerjaan tetap terjaga dengan memungkinakan para pebisnis lokal dapat terus berbisnis lewat Tokopedia. Kami juga berkomitmen untuk memastikan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah,” tutur William.
Nantinya, Tokopedia turut memberikan pendampingan, akses, dan edukasi, termasuk peningkatan kualitas produksi hingga pemasaran, serta penyediaan fitur-fitur yang memudahkan pelaku industri kopi lokal dalam menjangkau lebih banyak pembeli melalui Tokopedia.
Mengandalkan penjualan secara daring dengan memanfaatkan platform seperti ini, telah menjadi strategi andalan para petani dan pengusaha kopi untuk menjaga stabilitas penjualan maupun harga. Selain itu, berbagai inovasi produk dan pendekatan baru perlu ditelurkan agar para petani dan pengusaha kopi dapat memaksimalkan potensi daring.
Share To

rachli
April 23, 2020, 9 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Akhir Tahun, Hotel Santika BSD City Hadirkan Promo Menginap hingga Makan Malam Spesial
78 1 month ago
Ada promo menginap mulai dari Rp675.000 hingga makan malam spesial di tahun baru seharga Rp200 ribu per pax, yang ditawarkan Hotel Santika BSD City - Serpong selama akhir tahun 2022.

Hotel Santika BSD - Serpong Hadirkan Paket Makan Malam Spesial Imlek "Fortune Dinner"
53 1 week, 1 day ago
Fortune Dinner di Hotel Santika BSD - Serpong menyajikan hidangan khas Chinese Cuisine. Sedangkan harganya Rp175 per pax.

Sambut Imlek 2023, Aviary Bintaro Tawarkan Paket Menginap hingga Makan Malam Spesial
37 1 week, 1 day ago
Tak hanya menginap, Aviary Bintaro juga hadirkan menu spesial khas Imlek yang menggoda.
YOU MAY ALSO LIKE
Life Style 25 January 2023 10:00 a.m.
BINTANG Crystal Chill Museuum, Tempat Chill Bareng Asyik di M Bloc Space
Technology 24 January 2023 17:00 p.m.
Hadir di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A14 5G
Technology 19 January 2023 6:00 a.m.
Fintech Komunal Kembali Raih Dana Segar dari East Ventures
Life Style 16 January 2023 9:00 a.m.