Kampanye #SatuDalamKopi, Bantu Tingkatkan Industri Kopi Lokal.jpg

Kampanye #SatuDalamKopi, Bantu Industri Kopi Lokal

oleh: rachli Travel Thursday, 23 April 2020 9:00 a.m.


Mancode - Sebagai upaya memajukan sekaligus menggerakan roda perekonomian industri kopi Nusantara di tengah arus gelombang pandemi virus Corona atau Covid-19 yang kian masif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggulirkan sebuah kampanye dukungan.

Kampanye bertajuk #SatuDalamKopi yang diinisiasi bersama Kementerian Perindustrian (Kemenprin) dan didukung Tokopedia ini melibatkan hampir 1.000 pelaku industri kopi dari berbagai wilayah. Kampanye ini berlangsung pada 20-26 April 2020.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengatakan, dalam situasi seperti ini semua pihak diharapkan dapat menciptakan ekosistem yang kondusif guna mendukung industri lokal agar produknya bisa menjadi pemimpin di pasarnya sendiri.

“Banyak aspek yang harus kita perkuat untuk dapat memastikan produk lokal berkompetisi di era sekarang, sekaligus menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi (22/4/2020).

Sementara itu, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, di tengah pandemi Covid-19, penting sekali agar seluruh pihak dapat menyatukan upaya, baik pemerintah, pelaku industri, perusahaan teknologi Indonesia, dan masyarakat.

Saat ini, terdapat 1.204 industri kecil dan menengah (IKM) pelaku usaha kopi yang mengolah biji kopi lokal dari para petani di berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu, kampanye ini merupakan contoh nyata bagaimana mendorong pemasaran dan meningkatkan produk kopi.

“Untuk mendorong pemasaran produk kopi lokal melalui kafe, warung kopi, dan masyarakat luas yang pada gilirannya akan berdampak pada geliat industri kopi di daerah dan seluruh rantai penawarannya sehingga kegiatan ekonomi tetap berjalan di tengah pandemi,” katanya.

Adapun SEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya menyampaikan, inisiatif ini sejalan dengan salah satu prioritas utama Tokopedia pada kampanye #JagaEkonomiIndonesia, yakni mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia.

“Dan memastikan lapangan pekerjaan tetap terjaga dengan memungkinakan para pebisnis lokal dapat terus berbisnis lewat Tokopedia. Kami juga berkomitmen untuk memastikan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah,” tutur William.

Nantinya, Tokopedia turut memberikan pendampingan, akses, dan edukasi, termasuk peningkatan kualitas produksi hingga pemasaran, serta penyediaan fitur-fitur yang memudahkan pelaku industri kopi lokal dalam menjangkau lebih banyak pembeli melalui Tokopedia.

Mengandalkan penjualan secara daring dengan memanfaatkan platform seperti ini, telah menjadi strategi andalan para petani dan pengusaha kopi untuk menjaga stabilitas penjualan maupun harga. Selain itu, berbagai inovasi produk dan pendekatan baru perlu ditelurkan agar para petani dan pengusaha kopi dapat memaksimalkan potensi daring.

Baca Juga: Indonesian Coffee Event, Upaya Kenalkan Kopi Terbaik Indonesia

Baca Juga: Kemenparekraf Dorong Peningkatan Kemampuan Pekerja Kreatif

Baca Juga: Sektor Pariwisata Indonesia Turun 50 Persen Akibat Covid-19


Share To


rachli

rachli

April 23, 2020, 9 a.m.


tags : Tokopedia Covid-19 Agus Gumiwang Kartasasmita #SatuDalamKopi Industri Kopi virus Corona Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishutama Kusubandio


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun