Indonesia-Corona.jpg

Kabar Baik untuk Indonesia dalam Penanganan Virus Corona

oleh: inggil Life Style Saturday, 28 March 2020 9:00 a.m.


Mancode - Mari berduka untuk mereka yang meninggal dikarenakan virus corona dan memberi penghormatan bagi para pejuang yang telah menyelamatkan para pasien covid-19. Hingga tulisan ini dibuat, total kasus infeksi virus corona di Indonesia telah dikonfirmasi mencapai 790 kasus. Rinciannya pun 58 meninggal dan 31 pasien dinyatakan sembuh.

Berbagai upaya pemerintah dan pihak-pihak terkait telah dilakukan demi mencegah penyebaran virus. Kita semua tentu berharap agar pandemik ini segera berakhir dan beraktivitas seperti biasa saja. Terlebih, sekarang ini telah mendekati bulan Ramadhan yang kian dekat.

Baca Juga: Kenali Virus Corona dan Cara Penularannya

Di sisi lain, ada berita baik mengenai pencegahan virus corona yang kian menyebar. Dilansir dari beberapa sumber berikut ulasan dari Mancode:

Pemerintah Memulai Rapid Test Corona

Pada Jumat, 20 Maret 2020, Presiden Jokowi telah memberlakukan rapid test atau tes cepat virus corona (Covid-19) mulai dilakukan. Lokasi pertama yang akan melakukan tes ini ada di Jakarta Selatan, pada sejumlah warga dan lingkungan sekitar yang teridentifikasi dalam pengawasan dokter.

Juru bicara penanganan virus corona di Indonesia, Achmad Yurianto menyebut jika tes ini dilakukan di tempat-tempat yang paling rawan terlebih dahulu. Sehingga bisa memutus penyebaran semakin luas. Adapun rapid test merupakan mekanisme pemeriksaan specimen pasien terduga Covid-19.

Tes ini sendiri bukan menggunakan metode swab tenggorokan melainkan sampel darah.

Rumah Sakit Rujukan Pasien Corona Bertambah

Awal mula penyebaran virus corona di Indonesia hanya memiliki rumah sakit rujukan 100 tempat saja. Namun, pada 25 Maret semakin bertambah menjadi 230 rumah sakit dari berbagai daerah.

Penambahan rumah sakit rujukan tersebut didasarkan pada keputusan Menteri Kesehatan Nomor 169 Tahun 2020 tentang Penetapan RS rujukan Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging tertentu.

Di Jawa Tengah sendiri yang tadinya hanya memiliki 13 rumah sakit rujukan kini menjadi 45. Selain itu, tiga rumah sakit swasta juga telah bersedia menjadi RS rujukan penanganan corona, yakni RS Siloam Kelapa Dua, RS Mitra Keluarga Jatiasih, dan RS Hermina Karawang.

15 Juta Masker Telah Disiapkan

Dalam menghadapi virus corona dan kelangkaan persedian masker ataupun dijual dengan harga mahal, pemerintah telah menyediakan stok 15 juta masker untuk mencegah virus agar tidak kian menyebar. Adapun, masker-masker tersebut didapat dari BUMN dan BUMD.

Nantinya, masker tersebut akan disebarkan terlebih dahulu di beberapa RS rujukan dari berbagai tempat, guna diberikan untuk para dokter beserta perawat yang menangani pasien. Tidak hanya itu saja, nantinya juga akan ada tambahan hand sanitizer untuk RS rujukan ini.

Wisma Atlet Digunakan untuk Pasien Corona

Rumah Sakit Darurat Covid-10 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta telah diberlakukan untuk melayani pasien. Terhitung sejak Rabu, 25 Maret 2020, sudah ada 144 pasien positif corona yang dirawat di sana. Adapun, pasien yang dirawat di sana merupakan pasien yang tidak dapat melakukan isolasi mandiri di rumah dengan pertimbangan medis.

Keberadaan Wisma Atlet sebagai rumah sakit pasien corona ini tentu sangat membantu sekali agar pasien semakin cepat dalam penanganan.

Jumlah Pasien Sembuh Corona kian Bertambah

Hingga hari Jumat, 27 Maret 2020, jumlah pasien positif corona di Indonesia yang berhasil sembuh telah mencapai 46 orang. Angka tersebut didapat setelah mengalami penambahan dari data sebelumnya, yakni sebanyak 11 orang.

Hal ini juga dinyatakan oleh Achmad Yurianto, bahwa saat ini banyak kasus yang sudah sembuh karena memang penyakit ini umumnya bisa sembuh sendiri tergantung dari imunitas yang ada di tubuh manusia.

Baca Juga: Alasan Mengapa Pria Mudah Terinfeksi Virus Corona

Baca Juga: Masker Belum Tentu Melindungi dari Virus Corona


Share To


inggil

inggil

March 28, 2020, 9 a.m.


tags : Covid-19 Virus Corona Pandemi Wisma Atlet Stay at Home Pasien Corona Indonesia melawan corona Melawan Corona


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Shopping 24 September 2020 15:00 p.m.

Bantu Brand Lokal, Folkaland Gelar Virtual Live Shopping

History 24 September 2020 10:00 a.m.

Sejarah di Balik Peringatan Hari Tani Nasional