Gundala.jpeg

Joko Anwar Bangkitkan Kembali Gundala

oleh: fachrul Entertainment Monday, 19 August 2019 9:00 a.m.


Film Gundala yang dibintangi Cecep Arif Rahman, Marissa Anita, Abimana Aryasatya, Muzakki Ramdhan, Tara Basro tersebut rencananya akan tayang pada 29 Agustus 2019.

Film Gundala juga ditayangkan di bagian Midnight Madness di Festival Film Internasional Toronto 2019. Lembaga Sensor Film mengklasifikasikan film ini sebagai 13+. Film Gundala adalah film pertama Indonesia yang menggunakan tata suara Dolby Atmos.

Film Gundala sendiri bercerita tentang Sancaka (Abimana Aryasatya) yang bertahan hidup di jalanan sejak ditinggal ayah dan ibunya. Sancaka pun dibuat bimbang ketika situasi kota menjadi tidak aman. Ia harus segera memutuskan akan menjadi orang biasa atau keluar sebagai Gundala untuk membela mereka yang tertindas.

Sang sutradara Joko Anwar merasa bahwa Abimana Aryasatya adalah aktor yang sempurna untuk memerankan Sancaka alias Gundala karena auranya yang lemah lembut namun kuat. Setelah beberapa upaya, Joko berhasil meyakinkan Abimana dan akhirnya ia pun menerima tawaran itu.

Gundala adalah sebuah film pahlawan super Indonesia tahun 2019 yang disutradarai dan ditulis oleh Joko Anwar. Film tersebut diproduksi oleh Screenplay Films dan Legacy Pictures, bersama dengan pemilik hak cipta Gundala, yaitu Bumilangit Studios.

Film tersebut berdasarkan pada cerita karakter pahlawan super Indonesia tahun 1969 Gundala yang dibuat oleh Harya Suraminata. Karakter utamanya sendiri diperankan oleh Abimana Aryasatya.

Pada tahun 1981, popularitas komik Gundala yang terbit perdana tahun 1969 mulai merambah ke layar lebar. Dengan membeli lisensi dari penulis, PT. Cancer Mas Film memvisualisasikan komik tersebut ke dalam film berjudul Gundala Putra Petir, yang disutradarai oleh Lilik Sudjio. Aktor yang ditunjuk sebagai Ir. Sancaka atau Gundala adalah Teddy Purba yang terkenal sebagai salah satu bintang aksi Indonesia saat itu. Musuhnya yang fana, Ghazul, diperankan oleh aktor kawakan W.D. Mochtar, sedangkan kekasih Sancaka, Minarti, diperankan oleh Anna Tairas.

Pemain lain yang terlibat dalam film ini termasuk Ami Prijono, August Melasz, Pitrajaya Burnama, HIM Damsyik, A. Hamid Arief, dan Ratno Timoer. Meskipun terdapat perubahan setting, film tetap konsisten untuk mendasarkan cerita pada komik yang ditulis oleh Harya Suraminata (Hasmi).

Pada tahun 2010, terjadi kebohongan (hoax) yang dilakukan oleh Iskandar Salim, seorang fotografer dan desainer grafis yang menciptakan materi promosi untuk film yang tidak dibuat tentang Gundala. Salim memperhatikan bahwa belum pernah ada film yang menampilkan pahlawan super Indonesia dan ingin memulai debat publik tentang masalah ini. Dia membuat situs web resmi, halaman Facebook, poster, dan foto-foto ditampilkan yang diduga memperlihatkan film yang sedang dibuat. Sebagai hasil dari perhatian yang dihasilkan oleh tipuan, pencipta Gundala, Hasmi, terlibat dalam negosiasi untuk menghasilkan film nyata berdasarkan karakter ciptaannya itu.

Baca Juga: 4 Film Horor yang Paling Dinantikan di 2019


Share To


fachrul

fachrul

Aug. 19, 2019, 9:27 a.m.


tags : Film Gundala Film Gundala Joko Anwar Abimana Aryasatya


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi