Hardin.jpg

John Wesley Hardin, Koboi ‘Haus Darah’ Era Wild West

oleh: galih History Wednesday, 17 July 2019 10:00 a.m.


Pada 26 Mei 1853 di Texas, Amerika Serikat, lahir sosok koboi tersohor bernama John Wesley Hardin. Bukan sekadar koboi, Hardin juga dikenal sebagai pembunuh ‘haus darah’ di era Wild West, kala para jawara koboi bertopi lebar memacu kudanya melintasi padang rumput.

Dilansir dari liputan6.com, Rabu (13/3/2019), menginjak usia 15 tahun, Hardin telah melakukan pembunuhan pertamanya pada masa kekerasan perang saudara. Setelah itu, dia seakan ‘haus akan darah’ sehingga kembali melakukan pembunuhan. Tercatat ada 42 orang yang tewas akibat ulah brutal Hardin.

Salah satu kasus pembunuhan yang cukup menyita perhatian di kalangan jawara koboi adalah tewasnya seorang sheriff di Texas pada 1878. Sheriff tersebut meregang nyawa ditangan Hardin. Akibat perbuatannya tersebut, Hardin dinyatakan bersalah dan dijebloskan ke penjara Huntsville selama 14 tahun.

Baca Juga: David Oyelowo, Aktor Kulit Hitam Bertalenta

Selama di hotel prodeo, Hardin mengisi waktu luangnya dengan belajar ilmu hukum. Setelah dibebaskan, Hardin memutuskan tinggal di area Gonzales dan menjalani profesi barunya sebagai pengacara.

Tak lama kemudian, dia pindah ke Kota El Paso yang tengah bergejolak. Pekerjaannya di sana sebagai pengacara ataupun penasihat hukum mulai dibatasi. Akibatnya, dia kembali terjerumus dalam kehidupan kelam.

Hampir setiap harinya, Hardin menghabiskan waktu dengan membuat onar, menenggak minuman keras, berjudi, dan duel. Harian The El Paso Times menulis, Hardin suka bertengkar dan mengancam. Ia tak pernah terima kehilangan uang, dan suatu ketika ia menarik pistolnya, mengancam bandar judi agar mau mengembalikan uangnya.

Akibat perbuatannya tersebut, sheriff El Paso pun tak tinggal diam. Pada 1895, sheriff di sana menerbitkan aturan untuk mengurangi kekerasan di kotanya dengan cara melakukan pembatasan penggunaan senjata.

Peraturan tersebut ternyata menjerat kekasih Hardin. Dia ditangkap dan ditahan oleh aparat bernama John Selman lantaran kedapatan membawa senjata. Ketika mendapatkan kabar tersebut, Hardin sontak naik pitam dan mengancam Selman.

Selman pun merespons dengan mencari Hardin. Pada suatu hari, Selman menemukan Hardin di sebuah bar. Di situ, terjadilah duel yang berakhir dengan kekalahan Hardin. Namun, kejadian tersebut menimbulkan banyak versi. Ada yang menyebutkan Selman menghampiri Hardin dan menembaknya tepat di kepala.

Baca Juga: 10 Film Action yang Wajib Ditonton (I)

Sementara Dalam buku Texans, Guns, & History, Charles Askins menulis, “John Selman masuk dan mendekat ke arah punggung Hardin. Saat jaraknya hanya satu lengan, ia mencabut pistol dan menembak Hardin di belakang kepala.”

Apapun versinya, dipastikan John Wesley Hardin tewas secara brutal. Hardin dimakamkan di Concordia Cemetery di El Paso, Texas. Itulah kisah jawara koboi ‘haus darah’ yang ajalnya sangat mengenaskan.


Share To


galih

galih

July 17, 2019, 10:20 a.m.


tags : John Wesley Hardin Koboi Wild West Koboi John Wesley Hardin History


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like