Joe Biden.jpg

Joe Biden Resmi Jadi Presiden Amerika Serikat ke-46

oleh: galih Life Style Thursday, 21 January 2021 10:00 a.m.


Mancode – Joe Biden resmi menjadi Presiden Amerika Serikat (AS). Biden diambil sumpahnya oleh Hakim Mahkamah Agung John Roberts dalam upacara yang berlangsung di Gedung Capitol, Washington DC pada Rabu (20/01/2021) waktu setempat.

Biden menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat menggantikan Donald Trump. Biden yang kini berusia 78 tahun, menjadi presiden AS tertua dalam sejarah AS.

“Ini adalah Hari Amerika. Ini adalah hari demokrasi. Hari bersejarah dan penuh harapan. Dalam perjalananannya, Amerika telah diuji dan berhasil mengatasi hambatan. Hari ini kita merayakan kemenangan, bukan kemenangan seorang kandidat tetapi kemenangan atas tujuan, tujuan demokrasi," ujar Biden dalam pidatonya yang dilansir dari BBC Indonesia.


"Kita bisa bersatu, berhenti untuk saling marah, dan menurunkan emosi. Karena tanpa persatuan, tidak akan ada perdamaian. Hanya kegetiran dan kemarahan, tak akan ada kemajuan, hanya kemarahan yang melelahkan, tidak ada tindakan nyata, hanya kekacauan semata," tambahnya.

Sementara wakilnya, Kamala Harris, diambil sumpahnya terlebih dahulu. Ia menjadi perempuan pertama, perempuan keturunan pendatang dari India dan Jamaika, yang menjadi wakil presiden AS. Kamala Haris diambil sumpahnya oleh Hakim Mahkamah Agung, Sonia Sotomayor, yang mencatat sejarah pada 2009 sebagai keturunan Latin pertama yang duduk di Mahkamah Agung.

Sejumlah mantan presiden AS pun menghadiri acara pelantikan Joe Biden dengan Kamala Haris. Di antaranya Barack Obama, Bill Clinton, dan George W Bush.

Terpisah, Donald Trump justru memutuskan tidak menghadiri upacara pelantikan ini. Ia tercatat sebagai presiden keempat yang menolak menghadiri pelantikan penerusnya dalam sejarah AS.

Ucapan Selamat dari Presiden Jokowi

Ucapan Selamat Jokowi.jpg

Sejumlah pimpinan negara di dunia pun mengucapkan selamat atas dilantiknya Joe Biden dan Kamala Harris. Seperti halnya yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Orang nomor satu di Tanah Air ini, memberikan ucapan selamat melalui unggahan di akun resmi Instagram @jokowi.

“Congratulations @JoeBiden and @KamalaHarris on your inauguration as the 46th President and 49th Vice President of the United States,” tulis Jokowi.

“Let us continue to strengthen our strategic partnership, not only for the benefit of our two nations, but for a better world for all 🇮🇩🇺🇸,” tulisnya lagi.

Selamat bertugas Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden AS Kamala Haris!

Baca Juga: Deretan Musisi yang Mendukung Joe Biden

Baca Juga: Adama Barrow, Mantan Satpam yang Kini Menjadi Presiden

Baca Juga: Presiden Jokowi Dijadikan Nama Jalan di Abu Dhabi




Share To


galih

galih

Jan. 21, 2021, 10 a.m.


tags : Presiden AS Joe Biden Pelantikan Joe Biden Kalama Harris Joe Biden Presiden AS Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like