Achmad-Zaky.jpg

Jatuh Bangun Achmad Zacky, Pendiri BukaLapak

oleh: inggil History Thursday, 25 March 2021 12:00 p.m.


Mancode - Siapa yang tidak kenal dengan salah satu e-commerce terbesar di Indoenesia bernama BukaLapak? Di balik nama besar BukaLapak, ada Achmad Zaky seorang CEO BukaLapak, yang sekarang sudah jadi unicorn startup. Tujuan didirikannya BukaLapak ialah untuk memberdayakan para pengusaha kecil dan menengah Indonesia agar dapat menjual produknya dengan cara yang lebih mudah dengan cara online.

Achmad Zaky lahir pada 24 Agustus 1986 di Sragen. Di masa kecilnya ia tinggal di kampung dan sempat tidak mendapatkan listrik PLN. Beranjak dewasa, Zaky masuk perguruan tinggi di Institute Teknologi Bandung (ITB). Sejak di bangku kuliah, Zaky mulai berbisnis dengan berjualan mi ayam setelah pulang kuliah.

Namun, dalam hitungan bulan berjualan mi ayam usahanya tersebut terhenti di tengah jalan karena tidak mendapatkan hasil sesuai harapannya. Walau dalam usahanya menuai kegagalan, Zaky tidak putus asa begitu saja. Bahkan, dirinya merupakan mahasiswa yang cerdas dan telaten. Pria 34 tahun ini dulunya sering menjuarai kompetisi-kompetisi teknologi informatika tingkat nasional. Ia pun pernah menjadi juara II Kejuaraan Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007.


Tak hanya itu, pada 2008 pun Zaky pernah mendapatkan Merit Award pada kompetisi Indonesia ICT Award INAICTA. Dengan prestasinya yang gemilang, Achmad Zaky mendapatkan beasiswa studi ke Oregon State University dari Pemerintah Amerika Serikat yang berlangsung selama dua bulan.

Founder-BukaLapak.jpg

Pada 2010, BukaLapak sudah berdiri hanya dengan tiga orang karyawan yang termasuk Achmad Zaky sendiri. Setiap hari di akun facebooknya, Zaky mengajak orang untuk bergabung dengannya dan menjual produknya melalui message via inbox facebook sebanyak 500 akun. Dua tahun lamanya ia mengerjakan seperti itu tanpa henti.

Tidak lupa juga, Zaky mengajak para pedagang menengah yang ada di mal untuk bergabung di BukaLapak.com. Awalnya, responnya pun sangat rendah hingga ia mengajak pedagang kecil bergabung di BukaLapak.com dan sejak saat itu, Achmad Zaky dan timnya mulai fokus mengajak para pelaku UMKM.

Berbagai upaya ia lakukan dengan terus meyakinkan para pengusaha UKM untuk mau berjualan di internet. Salah satu upaya yang dilakukan Achmad Zaky adalah dengan memberikan edukasi kepada seller melalui kisah-kisah sukses seller dan menyebarkannya lewat media sosial.

Dari situlah BukaLapak mulai mendapatkan pengunjung sampai penjual offline ingin mencoba berjualan juga di BukaLapak. Para pedagang yang awalnya ragu, kini mulai merasakan penghasilan mereka meningkat. Pada tahun 2011, BukaLapak sudah memiliki 10.000 pedagang dan semakin bertambah.

Baca Juga: Inspirasi dari Rex Marindo, Pendiri Warunk Upnormal

Baca Juga: Sosok Catherine Hindra Sutjahyo Pendiri Zalora

Baca Juga: Kisah Slamet Raharjo, Pendiri Warung Bebek Legendaris




Share To


inggil

inggil

March 25, 2021, noon


tags : Biografi Achmad Zacky Founder BukaLapak Achmad Zaky Resign di BukaLapak Achmad Zacky Pendiri BukaLapak Achmad Zacky


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE