Blockbuster.jpg

Jangan Keliru, Ini Bedanya Box Office dan Blockbuster

oleh: galih Entertainment Friday, 1 March 2019 17:00 p.m.


Di dunia perfilman, kita sering mendengar istilah film box office dan blockbuster. Istilah tersebut kerap kali disematkan pada film-film yang sukses di pasaran. Meski sama-sama mengacu pada kepopuleran sebuah film, kedua istilah dalam film tersebut ternyata memiliki banyak perbedaan.

Sebagai pencinta film, seharusnya Mancoders sudah tentu mengetahui perbedaan istilah tersebut. Meski begitu, diyakini masih banyak yang awam atau belum paham betul tentang perbedaan dari keduanya. Daripada bingung apa saja perbedaannya, kali ini Mancode coba mengulas tentang film box office dan blockbuster. Yuk, simak ulasannya di bawah ini guys.

Box Office

Dilansir dari idntimes.com pada Jumat (1/3/2019), dulunya istilah box office digunakan untuk pemutaran film dengan sistem menontonnya mengedarkan box-box kepada penonton. Box tersebut dijadikan tempat donasi atas pemutaran film yang sedang berlangsung. Sebab, pada saat itu belum ada pembelian tiket lewat loket.

Baca Juga: Will Smith Tampil di Trailer Film Aladdin Terbaru

Lambat laun, istilah ini mulai bergeser. Box office kini menjadi predikat bagi film yang mampu menyabet banyak keuntungan yang lebih besar dari biaya produksinya. Penghasilan tersebut diakumulasi dari sejak hari pertama hingga beberapa minggu film naik layar di bioskop seluruh dunia.

Sudah banyak contoh film yang menyandang predikat box office. Dilansir dari keepo.me, ada tiga contoh film yang berhasil meraup keuntungan lebih besar dibanding dengan biaya produksinya.

Pertama, ada film Black Panther. Diketahui biaya produksi film yang dibintangi Chadwick Boseman ini menghabiskan dana sebesar 200 juta dollar AS. Setelah ditayangkan di beberapa bioskop di dunia, penghasilannya ternyata mampu mencapai 1,344 miliar dollar AS.

Film selanjutnya yang menyandang predikat box office adalah Aquaman. Sama dengan Black Panther, film ini menghabiskan biaya produksi sebesar 200 juta dollar AS. Sedangkan pendapatan keuntungan film ini mencapai 1,132 miliar AS.

Lalu, ada film Bohemian Rhapsody yang terinspirasi dari perjalanan kiprah band kenamaan Queen. Diketahui, biaya produksi film yang digarap oleh 20th Century Fox ini mencapai 212 juta dollar AS. Dari biaya produksi tersebut, film ini cukup melejit dan mendapatkan keuntungan sebesar 854 juta dollar.

Blockbuster

Serupa dengan box office, blockbuster juga merupakan istilah yang mengacu pada kesuksesan sebuah film. Namun, ada yang menjadi pembeda antara box office dan blockbuster. Pertama, bisa dilihat dari biaya produki film yang dihabiskan. Film blockbuster digarap dengan biaya produksi yang lebih tinggi dibanding box office.

Selain biaya, film blockbuster selalu menggandeng aktor dan aktris yang tengah naik daun ataupun ternama. Dari segi tema dan cerita yang diangkat pun dibuat lebih universal sehingga memiliki banyak penggemar. Misalnya film tentang superhero.

Baca Juga: 10 Film Action yang Wajib Ditonton (I)

Dengan biaya produksi yang besar dengan dukungan aktor dan aktris ternama, film yang diproduksi pun diyakini akan menuai kesukesan yang berujung pada pendapatan yang tinggi. Ada beberapa contoh film blockbuster yang popularitas dan pendapatan yang tinggi, misalnya film Avengers: Infinity War, Venom, dan Incredibles 2.

So guys, demikian pengertian dan perbedaan tentang film dengan predikat box office dan blockbuster. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi ‘pencerahan’ bagi Mancoders.


Share To


galih

galih

March 1, 2019, 5 p.m.


tags : Entertainment Film Box Office Box Office Film Blockbuster


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 1 April 2020 13:00 p.m.

Tidak Baik Jika Terlalu Lama Sendirian

Shopping 1 April 2020 10:00 a.m.

Solusi Shopee Selama Karantina Virus Corona

History 1 April 2020 9:00 a.m.

Mengenal Berbagai Sejarah April Mop