Templet_Mancode_ (3).jpg

Game Minecraft Terbanyak Ditonton di YouTube Selama 2020

oleh: fachrul Technology Wednesday, 9 December 2020 18:00 p.m.


Mancode - Pengguna YouTube menonton lebih dari 100 miliar jam konten terkait game pada tahun 2020. Hal tersebut dua kali lipat jumlahnya dalam dua tahun, jelas raksasa video online hari ini dalam ringkasan tahunan tren menonton terkait game. Beberapa hal yang tidak berubah, Minecraft tetap menjadi subjek percakapan YouTube paling banyak, sekitar 201 miliar penayangan video tentang judul membangun dunia yang ramah anak dari Mojang dan perusahaan induk Microsoft.

Statistik eye-popping terbaru adalah lebih banyak penanda dalam tahun pandemi dan resesi bahwa game masih berhasil secara budaya ada di mana-mana, dengan booming streaming langsung, kehadiran atlet tradisional dan liga olahraga di esports, konser Travis Scott yang sangat populer di Fortnite, dan investasi modal ventura yang besar dan kuat di perusahaan rintisan terkait game.

Statistik tahun ini juga mengungkapkan booming game di luar negeri. Hal ini terutama terjadi pada judul seluler yang sangat besar di beberapa bagian dunia di mana penetrasi pasar PC dan konsol relatif rendah. Judul ponsel menghasilkan lebih dari setengah pendapatan game global sekitar $150 miliar, menurut berbagai perkiraan analis.


Pertumbuhan di luar negeri lebih terlihat daripada jumlah penonton Garena Free Fire, game mobile battle royale dari 111 Dots Studio yang menarik 72 miliar penayangan video pada tahun 2020, ketiga secara keseluruhan di belakang Minecraft dan Roblox (Grand Theft Auto V dan Fortnite melengkapi lima besar ). Garena juga berada di urutan kedua secara keseluruhan dalam streaming langsung untuk tahun ini setelah Minecraft, menurut YouTube.

"Apa yang membuat YouTube Gaming jauh berbeda dari platform game lainnya secara langsung, bukan hanya video, tapi apa pun, dan kami sangat global. Apa yang kami mulai lihat adalah game-game pop up yang sangat populer di Amerika Latin, atau India, atau Asia Tenggara ini, mulai benar-benar menunjukkan warna dan jumlah penonton yang sebenarnya," kata Ryan Wyatt, Kepala Game YouTube.

Pertumbuhan seluler, terutama di pasar di mana penetrasi konsol dan PC jauh lebih rendah seharusnya hanya berlanjut dengan peningkatan akses ke jaringan nirkabel 5G, perangkat seluler yang semakin kuat dan besar, dan lebih banyak judul menarik dalam lebih banyak genre di luar Match 3 klasik. Mekanik game dari perangkat generasi yang lebih tua," tambah Ryan Wyatt.

Sebagai satu contoh, Ryan Wyatt menunjuk ke Genshin Impact, sebuah petualangan besar dunia terbuka dari MiHoYo Studios yang berbasis di Shanghai yang minggu lalu dinobatkan sebagai "iPhone Game of the Year" Apple dalam penghargaan tahunan terbaiknya.

Sektor game juga telah menciptakan banyak kepribadian bintang di YouTube. Lebih dari 350 pembuat konten masing-masing memiliki lebih dari 10 juta pelanggan, dan lebih dari 80.000 memiliki setidaknya 100.000 pelanggan.

Di sana juga, terdapat peningkatan kekuatan internasional yaitu delapan dari 10 pembuat konten terbesar berasal dari luar Amerika Serikat, termasuk Arab Games Network yang berbasis di Bahrain, Karim Juega dari Meksiko, Robin Hood Gamer dari Brasil, dan LazerBeam dari Australia, yang memiliki "Doomsday Event" di Fortnite menarik 8 juta tampilan (bahwa rangkaian konser Travis Scott menarik 16 juta tampilan).

Esports juga berkembang pesat dan di banyak tempat dan platform. Mobile Legends Bang Bang menarik 5 juta penonton ke putaran final kejuaraan di Indonesia, sementara kejuaraan Garena langsung di Asia menarik 47 juta penonton.

Streaming langsung terkait game di YouTube juga terus berkembang, mencapai 10 miliar jam ditonton. Itu masih jauh lebih sedikit daripada juara streaming langsung Twitch, tetapi Ryan Wyatt mengatakan YouTube adalah pemimpin keseluruhan dalam konten online terkait game. Selain itu, katanya, YouTube tidak melihat dirinya bersaing dengan Twitch karena sebagian besar live streamer juga menempatkan sorotan atau program lain dari live stream mereka di YouTube, untuk lebih memonetisasi pekerjaan mereka.

"Jika kalian melihat streamer Twitch yang besar, mereka (juga) pembuat YouTube Gaming yang besar dan mereka melakukan jumlah waktu menonton game yang setara di YouTube seperti di Twitch. Jadi, kami perlu memastikan bahwa kami mendukung semua pembuat konten di mana pun mereka streaming. Mereka akan memanfaatkan platform media sosial lain dan melakukan hal-hal lain, tetapi kami ingin memastikan bahwa bisnis video game mereka ada di YouTube. Menurut saya, mereka semua adalah pembuat YouTube Gaming," tutup Ryan Wyatt.

Baca Juga: Game Zombie Paling Dinanti Gamer Playstation 4

Baca Juga: Komunitas Ini Jadi Wadah para Pecinta Video Games

Baca Juga: Rumble League, Game Baru Bentukan Space Ape




Share To


fachrul

fachrul

Dec. 9, 2020, 6 p.m.


tags : Minecraft Free Fire Game games YouTube


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE