Jalani Masa Krantina Covid-19, The Rain Rilis Single Gombal Itu Indah.jpg

Jalani Karantina Covid-19, The Rain Rilis Gombal Itu Indah

oleh: rachli Entertainment Friday, 8 May 2020 7:00 a.m.


Mancode - Gelombang pandemi Covid-19 yang hampir terjadi di seluruh negara, termasuk Indonesia ini cukup berdampak buruk di berbagai hal. Selain itu, pandemi ini juga mengharuskan setiap orang untuk berjaga jarak dan mengurangi kegiatan bersosialisasi.

Meskipun demikian, bukan berarti dampak dari pandemi Covid-19 ini tidak bisa dilakukan dalam berbagai hal. Tengok saja dari sektor industri musik Tanah Air. Salah satu band kebanggaan Jogja, The Rain, menghasilkan karya di tengah pandemi di tengah keterbatasan.

Dalam keterangan resmi yang diterima Mancode (5/5/2020), akibat pandemi Covid-19 ini, The Rain menunda atau bahkan membatalkan seluruh jadwal panggung mulai minggu kedua pada Maret lalu hingga waktu yang belum ditentukan.

The Rain yang digawangi oleh Indra Prasta (vokal, gitar), Iwan Tanda (gitar), Ipul Bahri (bass), dan Aang Anggoro (drum), termasuk seluruh anggota tim produksi memutuskan untuk dirumahkan dan tidak bertemu satu sama lain untuk fokus menjaga diri dan keluarga.

The Rain Rilis Single Gombal Itu Indah.jpg

Meskipun berkegiatan di rumah, Indra dan kawan-kawan tidak kehabisan cara untuk berkarya. Melalui pertemuan virtual, tercetus ide untuk merekam sebuah single tanpa harus bertemu. Bisa dikatakan, ini merupakan hal baru yang dilakukan The Rain selama 18 tahun berkarya.

“Sekaligus untuk mengirim pesan semangat ke teman-teman di mana pun berada, bahwa kita bisa tetap produktif di saat yang sulit ini,” kata Indra.

Selama berada di rumah, The Rain merekam sebuah single bertajuk Gombal Itu Indah. Gombal Itu Indah merupakan single yang mulanya ditulis untuk album ketiga The Rain, Serenade pada 2007. Namun, hal itu tidak kunjung terealisasi dan single ini tidak pernah dirilis secara resmi ke publik.

The Rain berkisah, seluruh proses penggarapan dilakukan di rumah masing-masing tanpa bertatap muka. Mulai dari bongkar pasang aransemen, hingga rekaman seluruh instrumen. Semua data mentah hasil rekaman dikirim ke Iwan.

Iwan yang bertugas sebagai audio engineer untuk mengerjakan mixing dan mastering ini mengatakan, The Rain sudah terbiasa mengerjakan berbagai hal teknis secara swadaya sejak menempuh jalur independen pada 2013.

“Namun kali ini keadaannya benar-benar berbeda,” sambung Iwan.

Sementara itu, Aang dipercayai untuk mengerjakan artwork single Gombal Itu Indah. Pengerjaan artwork hingga video lirik single ini juga dilakukan secara swadaya di rumah, tanpa bertemu muka. Meski demikian, pengerjaan tersebut rampung dilakukan.

“Keterbatasan memicu kreativitas,” tutup Aang,

Single Gombal Itu Indah sudah dirilis pada 5 Mei 2020, dan bisa dinikmati di platform digital music, seperti Spotify, JOOX, dan Apple Music. Video lirik juga sudah tersedia secara gratis di Youtube.

Baca Juga: Ujung Pertemuan, Single Baru The Rain Bernuansa 1980-an

Baca Juga: Synchronize Fest 2020 Hadirkan Program Student Card Promo

Baca Juga: Cupumanik Kembali dengan Yang Kan Terjalani


Share To


rachli

rachli

May 8, 2020, 7 a.m.


tags : Gombal Itu Indah Covid-19 industri musik Tanah Air The Rain Corona Pandemi Indra Prasta


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like