Foto-Rokok.jpg

Jakarta Mulai Larang Pajang Bungkus Rokok

oleh: inggil Life Style Thursday, 16 September 2021 10:00 a.m.


Mancode - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mempunyai strategi untuk membuat kawasan Jakarta dilarang merokok. Hal tersebut tertuang dalam seruan Gubernur (Sergub) DKI Jakarta No.8 Tahun 2021 tentang pembinaan Kawasan Dilarang Merokok (KDM). Seruan itu ditekan Anies Baswedan pada 9 Juni 2021.

Isi Sergub itu memuat tiga poin, satu diantaranya merupakan larangan memajang bungkus rokok di tempat penjualan. Adapun secara keseluruhan isi Sergubnya sebagai berikut:

  • Memasang tanda larangan merokok pada setiap pintu masuk dan lokasi yang mudah diketahui oleh setiap orang di area gedung serta memastikan tidak ada yang merokok di kawasan dilarang merokok.
  • Tidak menyediakan asbak dan tempat pembuangan puntung rokok lainnya pada kawasan dilarang merokok.
  • Tidak memasang reklame rokok atau zat adiktif baik di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor), termasuk memajang kemasan/bungkus rokok atau zat adiktif di tempat penjualan.

Anies juga meminta kepada para pengelola gedung untuk memasang tanda larangan merokok di setiap pintu masuk dan lokasi yang mudah diketahui oleh tiap orang di area gedung serta memastikan tidak ada yang merokok di kawasan dilarang merokok.


"Upaya melindungi masyarakat dari bahaya rokok akan berhasil apabila seluruh komponen masyarakat khususnya seluruh pengelola gedung di Provinsi DKI Jakarta turut berpartisipasi secara aktif dalam melakukan pengawasan dan penegakan hukum pada kawasan dilarang merokok," tulis Anies dalam Sergub itu.

Terkait hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk menjalankan program Jakarta bebas dari asap rokok. Namun, jangan sampai disalahartikan tidak boleh menjual rokok, apalagi melarang rokok.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menyatakan Pemprov DKI hanya melarang adanya iklan rokok di wilayah Ibu Kota. Namun, tidak ada larangan orang untuk menjual rokok. Arifin melanjutkan, pihaknya terus gencar melakukan penindakan terkait larangan tersebut, mulai dari penurunan reklame hingga penutupan iklan yang tertempel.

Baca Juga: KPAI Bantah Terima Dana Asing untuk Perangi Iklan Rokok

Baca Juga: Mengenal Klobot Rokok Legendaris Indonesia

Baca Juga: 5 Tempat Terbaik untuk Jogging di Jakarta




Share To


inggil

inggil

Sept. 16, 2021, 10:09 a.m.


tags : Anies Baswedan Gubernur Jakarta Larangan Merokok Rokok


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE