Parade-Mode-Jakarta-Fashion-Week-2020.jpg

Jakarta Fashion Week 2021 Digelar Daring via TikTok

oleh: galih Life Style Monday, 23 November 2020 8:00 a.m.


Mancode – Ada yang berbeda dalam perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2021. Beradaptasi dengan pandemi Covid-19, JFW akan digelar secara virtual via platform video pendek bernama TikTok. Ini menjadikan JFW sebagai perhelatan fashion pertama di Tanah Air yang digelar secara daring.

Menurut Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations di TikTok Indonesia, kerja sama antara TikTok dan JFW dapat membantu mengembangkan industri fesyen Tanah Air. “Ini akan menjadi jembatan brand fashion atau desainer, agar dikenal secara luas. Terutama brand lokal, bisa dikenal di luar negeri,” ujar Angga dalam acara media briefing virtual Mendorong Revolusi Fesyen di Platform Digital, baru-baru ini.

Di TikTok, lanjutnya, konten fashion merupakan salah satu konten terpopuler, baik oleh pengguna di Indonesia maupun di seluruh dunia. Kreativitas pengguna TikTok menjadi satu hal yang dimanfaatkan oleh para brand fashion kelas dunia, mulai dari menyampaikan pesan brand-nya, memasarkan koleksi terbaru, hingga mencari muse untuk desainnya.

"Kami melihat bagaimana industri fesyen menemukan berinteraksi dengan komunitas kreatif yang ada di TikTok selama masa pandemi, dan mendorong kreativitas pengguna untuk menghadirkan fesyen papan atas dari rumah mereka masing-masing," tambah Angga.

Peluncuran kerja sama dengan JFW merupakan cara lain untuk memanfaatkan pendekatan yang autentik dan didorong oleh komunitas yang ada di platform TikTok, untuk memamerkan seni, kreativitas, dan kepribadian mereka dalam cara unik dan khas TikTok.

Di satu sisi, kolaborasi bersama TikTok akan semakin mendorong industri fesyen Tanah Air yang saat ini terdampak pandemi Covid-19. Berdasarkan laporan dari Bain & Company, disebutkan bahwa kerugian bisnis fesyen diprediksi akan mencapai sebanyak 60 persen akibat pandemi global ini.

"Hampir semua di dunia ini terkena dampak, terutama untuk industri kreatif Indonesia, khususnya di dunia fesyen. JFW ini tetap mengadakan JFW 2021. Kami ingin mendorong fashion lokal tak kalah dengan brand luar. Caranya dengan TikTok memberikan exposure, agar khalayak menghargai brand lokal,” kata Subkhan J. Hakim, selaku Chief Content Officer JFW.

Tak hanya sekadar menonton secara daring, JFW juga mengajak para penonton untuk berinteraksi dengan cara mengikuti challenge lewat tagar #TikTokRunaway JFW yang digelar mulai 20 – 29 November 2020. Selain itu, Mancoders juga bisa meramaikan lewat voting, di antaranya voting untuk Most Favorite Fashion Brand hingga Most Favorite Male and Female Model

Penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2021 akan berlangsung mulai 26-29 November 2020 di akun resmi @jfwofficial di TikTok. Secara global, TikTok telah bermitra dengan berbagai brand fesyen, termasuk Puma Louis Vuitton, Saint Laurent, dan banyak brand lainnya untuk menyelenggarakan serangkaian TikTok LIVE.

Baca Juga: Wajah Para Model yang Bakal Tampil di Jakarta Fashion Week 2021

Baca Juga: Statistik Pendapatan TikTok 2020

Baca Juga: TikTok Jadi Sarana Efektif Musisi Populerkan Lagu


Share To


galih

galih

Nov. 23, 2020, 8 a.m.


tags : Jakarta Fashion Week 2021 JFW 2021 Fashion Show Industri fashion TikTok


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Travel 22 January 2021 14:00 p.m.

Tradisi Unik Kampung Pasir Warga Sumenep Madura

Entertainment 22 January 2021 13:00 p.m.

Nostalgia 5 Diva WWE Paling Mempesona

Entertainment 22 January 2021 7:00 a.m.

Digandeng Dumeca Records, Aldiv Luncurkan "Tinggalkan Rasa"