Stargazer.jpg

Jajal Hyundai Stargazer Rute Surabaya-Solo, Begini Pengalamannya

oleh: galih Life Style Friday, 9 September 2022 16:00 p.m.


Mancode - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengajak 60 awak media merasakan langsung mengendarai Hyundai Stargazer dengan rute Surabaya – Solo pada 5 – 7 September 2022.

Mancode.id pun berkesempatan untuk mengendarai mobil Low MPV andalan Hyundai untuk menilik performa, akselerasi, dan kenyamanan berkendara. Seperti diketahui, jarak antara Surabaya ke Solo adalah sekira 400 kilometer.

Dalam perjalanan tersebut, Mancode.id bersama dua rekan media lainnya mengendarai tipe atau varian tertinggi Stargazer, yakni Prime, yang sudah dilengkapi captain seat di baris kedua mobil.


Pada hari pertama, rombongan awak media langsung mencoba performa mesin dan akselerasi Stargazer menuju restoran Djati Lounge di Kota Malang. Perjalanan dimulai dengan jalanan lurus dan peserta dapat mencoba responsivitas dan performa dari Stargazer.

Mancode.id merasakan langsung responsivitas mesin yang disematkan Stargazer, yakni Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinder. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 ps/6,300 rpm dan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4,500rpm.

Akselerasi mobil juga dioptimalkan melalui sistem transmisi IVT dari Stargazer yang diklaim mampu memaksimalkan kecepatan dengan efisien dan dan irit bahan bakar. Sistem ini juga memberikan pergerakan kendaraan lebih mulus serta responsif dibandingkan transmisi jenis otomatis tradisional.

Stargazer memiliki empat mode berkendara. Mulai dari Eco, Normal, Smart, dan Sport. Masing-masing mode yang tersedia digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna STARGAZER, mulai dari kebutuhan untuk mendukung penggunaan bahan bakar efisien melalui mode Eco.

Saat masuk ke dalam jalan bebas hambatan atau tol, Mancode coba beberapa tipe mode kendaraan. Yang menarik, adalah tipe mode sport. Di mana mode ini memiliki responsiv yang begitu cepat. Perpindahan dari mode lain ke sport, begitu sangat terasa perbedaan responsifnya.

Saat ‘digeber’ di kecepatan sekira 140 – 170/km per jam, Stargazer tetap stabil dikendarai. Terlebih, Stargazer telah dilengkapi Smartsense seperti Lane Keeping Assist (LKA) yang dirancang untuk mendeteksi marka jalan atau tepi jalan saat berkendara di atas kecepatan tertentu. Ada juga Lane Following Assist (LFA), yang mampu membantu mendeteksi marka jalur dan/atau kendaraan di jalan, serta membantu mengarahkan roda kemudi untuk membantu menjaga kendaraan di jalur.

Fitur keselamatan lainnya pada Stargazer semakin sempurna dengan adanya Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Rear View Monitor (RVM), Safe Exit Warning (SEW), Driver Attention Warning (DAW) dan High Beam Assist (HBA).

Tak hanya mengendarai, Mancode.id juga berkesempatan duduk di baris kedua Stargazer yang telah dilengkapi dengan captain seat. Saat duduk, terasa nyaman, apalagi captain seat juga dilengkapi dengan armrest untuk menyandarkan tangan. Selain itu, konfigurasi kursi dapat diatur maju, mundur, dan tegak agar lebih leluasa.

Stargazer hadir dengan konsep utama Multifunctional Storage Space, konsep ini memaksimalkan ruang kabin Stargazer untuk penyimpanan, seperti small trays, cup holders, extra pockets, picnic tables, dan lain-lain.

Multifunctional Storage Space membuat ruang kabin lebih lega dan praktis tanpa mengurangi kenyamanan penumpang. Di sisi lain, tipologi desain kendaraan Sleek One Box menciptakan lengkungan pada plafon yang menambah kesan lapang dari Stargazer.

Uji Irit BBM Stargazer

Di hari kedua, Mancode.id mendapatkan tantangan untuk menguji seberapa irit BBM Hyundai Stargazer di jalan tol Malang ke Solo. Uji irit kendaraan tersebut dilakukan dari dari rest area KM 626 B menuju rest area KM 519 B.

Seluruh unit Stargazer yang mengikuti tntangan ini memiliki bobot yang sama sebesar 309 kilogram untuk mendapatkan hasil tantangan yang adil. Mobil kami sendiri ditumpangi tiga orang jurnalis dan beberapa karung besar agar bobot mobil sesuai dengan ketentuan.

Untuk mendapatkan hasil konsumsi BBM yang irit, Mancode.id mengubah mode kendaraan menjadi Eco. Dalam perjalanannya pun, kami dituntut untuk melanju dengan kecepatan stabil. Kami melaju dengan kecepatan 60-70 per jam.

Kami juga meminimalisir penggunaan listrik. Selama perjalanan, kami mematikan AC, head unit, pengecesan dengan power outlet, USB, atau wireless.

Kontur jalanan yang ditempuh relatif lurus dan landai. Tak banyak jalan tanjakan dan turunan yang kami lalui.

Sesampai di rest area KM 519 B, Stargazer yang kami kendarai mencatat angka konsumsi BBM hingga 27,7 km per liter. Bahkan pada unit lain bisa mencapai 30 km per liter di layar MID.

Harga

Hyundai Stargazer tersedia dalam berbagai warna eksterior, antara lain Midnight Black Pearl, Creamy White Pearl, Magnetic Silver Metalic, Titan Gray Metalic, Optic White Solid, Dragon Red Pearl dan Mangrove Brown Pearl.

Stargazer juga tersedia dengan pilihan Two-Tone Color dengan tambahan biaya Rp1.500.000 untuk varian Prime dan akan ada tambahan biaya Rp1.000.000 untuk Captain Seat yang tersedia untuk varian Trend, Style, dan Prime. STARGAZER tersedia dalam empat varian yaitu Active, Trend, Style dan Prime dengan pilihan harga (OTR Jakarta):

  • Stargazer Active MT: Rp243.300.000
  • Stargazer Active IVT: Rp255.900.000
  • Stargazer Trend MT: Rp263.300.000
  • Stargazer Trend IVT: Rp275.900,000
  • Stargazer Style: Rp296.300.000
  • Stargazer Prime: Rp307.100.000



Share To


galih

galih

Sept. 9, 2022, 4 p.m.


tags : Hyundai Stargazer Test Drive Hyundai Stargazer Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE